Archive | Resep Anies RSS feed for this section

Sauteed mushroom

7 Feb

20140208-020640.jpg

Dari sminggu kemarin lagi kepengen banget masak jamur merang yang bulet bulet itu tuh, tapi mesen ke Pak Nyoto (tukang sayur langganan) gak pernah ada.

Nah kemarin akhirnya ada, langsung dibawain setengah kilo sama Pak Nyoto.

Karena kemarin lagi agak rempong gegara neng Arsy susehhh bangettttt ditinggal masak, akhirnya cuma sempet ngemarinated salmon yang emang bisa dimasak pas ayahnya Arsy udah di rumah. Gak makan waktu lama soalnya.

Setelah mikir mikir sebentar, akhirnya kebayang untuk bikin tumis jamur a.k sauteed mushroom model di Pizza Hut.

Biar cocok untuk nemenin makan salmon aja sih.

Berhubung kelengkapan bumbu untuk bikin sauteed mushroom seperti aslinya kurang mumpuni (ga punya olive oil, saus kedelai, & basil/oregano), jadi deh bikin pake resep ala zoothera yang ala kadarnya.

Resepnya ± begini and it’s soooo simple

Bahan👇
🌸Jamur merang
🌸Bawang bombay (agak banyakan juga boleh)
🌸Lada bubuk
🌸Sedikit garam
🌸Sedikit minyak ikan
🌸Butter

Cara masak 👇
🌸Panasin butter
🌸Masukin bawang bombay, garam, lada, dan minyak ikan
🌸Masukin jamur, aduk aduk sebentar
🌸Siap disajikan

Karena kemarin siang abis kedatangan tamu & cuma sempet dideliveriin PHD, jadi masih punya beef fetucini .

Dan menu makan malam Ayah Arsy akhirnya jadi ala ala resto gini deh hehehee

20140208-020649.jpg

Martabak Mini Ala Bubuw Arsy

25 Nov

20131125-161737.jpg

Gara gara sabtu sepekan lalu saya ngeyutub resep choco lava, akhirnya malah terdampar di akun yutubnya bogasari. Ada kali 15 menitan saya tekun nonton vid tutorial cara bikin macam2 kue di sana.

Dari beberapa resep yg ada, yg bikin saya ngiler untuk nyoba di dapur adalah martabak keju. Karena selain cukup gampang bikinnya, kebetulan varian martabak manis yg satu ini emang kedoyanan saya.

Berbekal dari situ, saya pun coba liat2 di lemari dapur kira2 bahan apa aja yg saya punya untuk keperluan bikin martabak keju. Ternyata, dari semua bahan yg digunakan saya masih harus beli terigu segitiga biru (u/ bikikn martabak manis, terigu model ini yg direkomendasiin).
Sementara di rumah cuma ada terigu jenis lain yg dari petunjuk di bungkusnya lbh cocok utk bikin donat/roti.

Minggu pagi saya pun coba mengeksekusi resep martabak keju, tapi akhirnya saya ambil resepnya dari sini karena emang pengen bikin yg ukuran mini.

Berikut resep yg sudah saya modifikasi.

Continue reading

Coba-coba bikin sushi

4 Jan

Sushi…

Dulu saya gak suka sama sushi, tapi karena suami saya suka banget sama salah satu varian makanan Negeri Sakura ini, akhirnya saya belajar menyukainya.

Awalnya, saya hanya berani mencoba yang bahan-bahannya sudah matang dan pelan-pelan mulai memberanikan diri mencoba sushi yang mentah, dengan syarat harus dicocolin duli ke saos soyu yang agak banyak + wasabi.

Sushi yang mentah

Kemarin, saya iseng coba bikin sushi di rumah.

Ternyata gampang loh…

Kebetulan beberapa waktu lalu saya sempat beli kulit rumput laut/nori saset yang seukuran satu sushi.

Kalau ada yang mau nyoba juga, yukk diintip resep “sushi tuna mayo” ala zoothera berikut.

Markijut (mari kita lanjut)

[Resep] Just Cheesy, Creamy, or Buttery your Day with SpagetiSkutelMayo

8 Nov

Hal-hal yang bercitarasa cheesy, creamy, atau buttery

Wah, ini mah my moodbooster banget.

Gak tau kenapa,

saya paling demen sama makanan -apapun- yang ada rasa keju-kejunya atau krim-krimnya atau butternya..  tiada tara deh pokonya.

Sebut saja..roti keju, martabak keju, martabak alim yg keju-karamel, cheese-pillownya breadtalk, bolu butternya cotton buns, lasagna bayam& escargot-butter nya Boka-buka, baked-potatoes yang pake keju meleleh-nya wendys, lidahkucing yang butter banget, kastengel, putri salju keju, ciskek, eskrim stroberi ciskeknya baskin/ciskek fektori, kue kering cistiknya bawean/kartikasari, atau pizza-hut yang stuffed crust (biasanya cuma diambilin pinggiran kejunya aja :mrgreen: ). 

Itu semua jenis-jenis/merk makanan berbau keju dan krim jagoan saya…… *ini ga ada unsur sponsorship samsek yaa*

Hari ini, saya cuma mau memposting salah satu resep masakan nan cheesy+creamy hasil  trial and eror  saydi dapurpocin yang sejak debut perdananya saya buat (jumat, 4 Nov 2011) sudah sukses membuat suami minta dibuatin lagi. Saya kasih judul masakan ini spagetiskutelmayo….

Kalo ada yang mau nyobain gimana rasanya, boleh diintip resepnya di bawah ini nih… Continue reading

[Resep] 3T (Terong, Tempe, Teri) Cabai Hijau

15 Oct

Resep ini terinspirasi dari menu terong teri-nya RM Sederhana yang pinter betul bikin nafsu makan saya ter-upgrade. Dalam resep ini, saya menambahkan satu item bahan utama, yakni tempe.
Ini dia resepnya:

Bahan:
  • Terong, 1 buah potong-potong sesuai selera
  • Tempe, secukupnya potong kotak-kotak
  • Teri, secukupnya
  • Cabai hijau, 5 buah
  • Cabai merah, 2 buah
  • Bawang merah, 5 siung
  • Bawang putih, 3 siung
  • Lengkuas, 1 ruas jari
  • Daun salam, 1 lembar
  • Garam, secukupnya
  • Gula, 1/2 sdt
  • Kecap manis, 1/2 sdm
Cara Membuat:
  1. Iris halus bawang merah
  2. Haluskan cabai hijau, cabai merah, bawang putih, garam, dan gula
  3. Goreng terong, tempe, dan teri sampai berubah agak kecokelatan >> Tiriskan
  4. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah hingga harum, lalu masukkan bumbu yang dihaluskan >> masak hingga bumbu matang.Tambahkan daun salam, lengkuas, dan kecap manis.
  5. Masukkan terong, tempe, dan teri ke dalamnya. Aduk-aduk hingga bumbu merata.
  6. 3T cabai hijau siap disantap bersama nasi hangat.

Antara Saya dan Detikfood

29 Sep

Ada apakah gerangan??

Ngga ada apa-apa sih, cuma kepingin cerita aja sedikit.

Tau detikfood kan? itu tuh situs seputar makanan imprint dari situs berita detik.com.

Entah sejak kapan, saya kurang ingat persisnya, saya rajin sekali mengunjungi detikfood. Alasannya, saya dan suami termasuk yang doyan sekali menjelajahi tempat-tempat makan, mulai dari resto pinggiran, resto yang harganya biasa-biasa aja, sampai resto yang harganya lumayan bikin manyun 🙂 Continue reading

[Resep] Mi Cakalang Kuah Ala Dapur Pocin

22 Sep

Bahan:

  • Mi instan rebus rasa cakalang, 1 bungkus (Merknya You know lahhh)
  • Jamur merang, secukupnya
  • Jagung manis, secukupnya
  • Brokoli, secukupnya
  • Wortel besar, secukupnya potong kotak-kotak
  • Telur, 1 butir
  • Daun bawang, sesuai selera
  • Bawang bombay, 1/4 siung iris kasar
  • Bawang putih, 2 siung cincang halus
  • Lada bubuk, 1/2 sdt
  • Margarin, 1/2 sdm 
  • Kecap manis, sedikit saja
  • Air matang, 150 cc

Cara membuat:

  1. Rebus mi hingga matang (jangan sampai kelembekan), tiriskan dan cuci dengan air dingin/air es.
  2.  Panaskan margarin, masukkan minyak yang ada dalam bungkusan mi instan.
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  4. Tambahkan jagung, brokoli, jamur, dan wortel.
  5. Masukkan semua bumbu yang ada di dalam bungkus mi instan, lada bubuk, dan kecap manis. Tambahkan telur, aduk-aduk hingga telur tercampur rata.
  6. Tambahkan air, masukkan mi yang telah direbus. Masak sebentar, angkat.
  7. Sajikan bersama irisan daun bawang.

Catatan: Ini cara favorit saya dan keluarga dalam mengonsumsi mi instan

[Resep] Pindang Tangkar

20 Aug

 

Bahan:

  • Daging iga,4-6 iga
  • Daging tetelan, secukupnya
  • Jagung manis, 1 buah
  • Daun salam, 1 lembar
  • Serai, 1 batang ditumbuk dan ikat
  • Lengkuas, 2 ruas jari
  • Jahe, 1/2 ruas jari
  • Daun bawang, 1 helai potong-potong
  • Tomat, 1 buah potong-potong
  • Minyak goreng, secukupnya

Haluskan

  • Lada bubuk, 1/2 sdm
  • Ketumbar, secukupnya
  • Jintan, secukupnya
  • Kemiri, 2 butir
  • Cabai, 1 buahBawang merah, 3 siung
  • Bawang putih, 2 siung
  • Garam, secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus daging iga, daging tetelan, dan jagung.
  2. Masukkan daun salam, lengkuas, jahe, dan batang serai
  3. Tumis bumbu halus hingga harum
  4. Masukkan ke dalam rebusan iga
  5. Masak hingga matang/daging iga empuk
  6. Masukkan daun bawang dan potongan tomat

Catatan dari Dapur PoCin
Sajikan dengan bahan pelengkap berupa bawang goreng dan sambal terasi mentah

[Resep] Udang Balut Telur Saus Bolognaise

20 Aug

Bahan:

  • Udang, 1/4 kg
  • Telur, 1 butir kocok lepas
  • Lada hitam bubuk, 1 sdt
  • Saus spagheti bolognaise kemasan, 2 sdm
  • Garam, secukupnya
  • Bawang bombay, 1/2 siung iris kasar
  • Bawang putih, 1 siung cacah halus
  • Mentega, 1 sdm
  • Minyak goreng, secukupnya untuk menggoreng udang

Cara membuat:

  1. Cuci udang, bersihkan kotorannya, kupas kulit (sisakan ekornya saja)
  2. Celup udang ke dalam kocokan telur
  3. Goreng udang dalam minyak panas, sebentar saja >> angkat & tiriskan
  4. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay
  5. Masukkan lada bubuk hitam, garam, dan saus bolognaise
  6. Masukkan sisa kocokan telur, aduk-aduk hingga merata pada saus
  7. Masukkan udang goreng, masak sebentar, angkat

CatatanResep ini sudah dimuat di detikfood

[Resep] Tomyam Udang

12 Aug

Bahan Utama:

  • Udang, sesuai selera
  • Tahu Cina, 1 buah –> potong kotak-kotak
  • Jamur kancing, sesuai selera –> belah jadi dua
  • Telur puyuh, sesuai selera
  • Bumbu tomyam instan, 1 bungkus

Bahan Tambahan

  • Serai, 1 batang –> potong-potong jadi beberapa bagian
  • Lengkuas, 2 cm
  • Jahe, 1 cm
  • Jeruk Nipis, 1 buuah –> ambil airnya
  • Daun Jeruk, 2 lembar
  • Daun Salam, 2 lembar
  • Garam, secukupnya
  • Cabai rawit merah, 5 buah
  • Bawang bombay, 1/2 siung –> iris-iris kasar
  • Minyak goreng, 1/2 sdm
  • Air, secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan kotoran udang, pisahkan kepalanya (jangan langsung dibuang)
  2. Didihkan air dan buat kaldu udang dengan merebus kepala udang
  3. Buang kepala udang, masukkan udang, jahe, garam, batang serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.
  4. Tumis bawang bombay dan msukkan bumbu tomyam instan –> sampai wangi
  5. Masukkan tumisan bumbu tomyam ke dalam rebusan udang
  6. Tambahkan jamur, telur puyuh, tahu, dan cabai rawit merah
  7. Tambahkan air perasan jeruk nipis
  8. Masak sampai matang dan aroma tomyam tercium
  9. Sajikan hangat-hangat