Archive | Coba-coba resep RSS feed for this section

Sauteed mushroom

7 Feb

20140208-020640.jpg

Dari sminggu kemarin lagi kepengen banget masak jamur merang yang bulet bulet itu tuh, tapi mesen ke Pak Nyoto (tukang sayur langganan) gak pernah ada.

Nah kemarin akhirnya ada, langsung dibawain setengah kilo sama Pak Nyoto.

Karena kemarin lagi agak rempong gegara neng Arsy susehhh bangettttt ditinggal masak, akhirnya cuma sempet ngemarinated salmon yang emang bisa dimasak pas ayahnya Arsy udah di rumah. Gak makan waktu lama soalnya.

Setelah mikir mikir sebentar, akhirnya kebayang untuk bikin tumis jamur a.k sauteed mushroom model di Pizza Hut.

Biar cocok untuk nemenin makan salmon aja sih.

Berhubung kelengkapan bumbu untuk bikin sauteed mushroom seperti aslinya kurang mumpuni (ga punya olive oil, saus kedelai, & basil/oregano), jadi deh bikin pake resep ala zoothera yang ala kadarnya.

Resepnya ± begini and it’s soooo simple

Bahan👇
🌸Jamur merang
🌸Bawang bombay (agak banyakan juga boleh)
🌸Lada bubuk
🌸Sedikit garam
🌸Sedikit minyak ikan
🌸Butter

Cara masak 👇
🌸Panasin butter
🌸Masukin bawang bombay, garam, lada, dan minyak ikan
🌸Masukin jamur, aduk aduk sebentar
🌸Siap disajikan

Karena kemarin siang abis kedatangan tamu & cuma sempet dideliveriin PHD, jadi masih punya beef fetucini .

Dan menu makan malam Ayah Arsy akhirnya jadi ala ala resto gini deh hehehee

20140208-020649.jpg

Martabak Mini Ala Bubuw Arsy

25 Nov

20131125-161737.jpg

Gara gara sabtu sepekan lalu saya ngeyutub resep choco lava, akhirnya malah terdampar di akun yutubnya bogasari. Ada kali 15 menitan saya tekun nonton vid tutorial cara bikin macam2 kue di sana.

Dari beberapa resep yg ada, yg bikin saya ngiler untuk nyoba di dapur adalah martabak keju. Karena selain cukup gampang bikinnya, kebetulan varian martabak manis yg satu ini emang kedoyanan saya.

Berbekal dari situ, saya pun coba liat2 di lemari dapur kira2 bahan apa aja yg saya punya untuk keperluan bikin martabak keju. Ternyata, dari semua bahan yg digunakan saya masih harus beli terigu segitiga biru (u/ bikikn martabak manis, terigu model ini yg direkomendasiin).
Sementara di rumah cuma ada terigu jenis lain yg dari petunjuk di bungkusnya lbh cocok utk bikin donat/roti.

Minggu pagi saya pun coba mengeksekusi resep martabak keju, tapi akhirnya saya ambil resepnya dari sini karena emang pengen bikin yg ukuran mini.

Berikut resep yg sudah saya modifikasi.

Continue reading

Pengalaman Pertama Belajar Masak…

8 Nov

Barusan saya mengintip blog sahabat saya Lyli atau Thia, trus mampir di tulisan ini yang ternyata diikutsertakan dalam salah satu giveaway mengenai pengalaman pertama mengesankan.

Berhubung lagi rajin ngeblog dan blog walking, akhirnya segeralah saya meluncur ke TKP untuk melihat giveaway macam apa itu.

Pikir-pikir, saya keknya punya deh  sekelumit cerita mengenai pengalaman pertama yang mengesankan dan keknya boljug diikut-sertain.. tungitung ngerasain lagi ngikutin event model begini.

Baiklah, saya coba untuk menguraikan kepingan pengalaman pertama yang menurut saya ga hanya mengesankan, tetapi juga menjadi bagian dari sejarah hidup seorang anies menemukan passion-nya dalam hal masak-memasak.

Dan inilah pengalaman pertama saya belajar masak.

Memasak,

Tidak pernah ingat kapan persisnya saya benar-benar lihai dalam urusan pekerjaan dapur yang satu ini. Yang pasti kalau saya menguraikannya kembali, sudah  barang pasti akan ada sedikit memori getir yang  bisa bikin saya mewek 😦

Tapi, demi tersusunnya cerita ini, saya berusaha untuk mengingatnya sebagai kenangan yang manis…*kapan mulei ceritanya inih ya, banyak amat dah prolognya* :mrgreen: (ampuuunnn, iya deh silahkan lanjut). Continue reading

[Resep] Udang Balut Telur Saus Bolognaise

20 Aug

Bahan:

  • Udang, 1/4 kg
  • Telur, 1 butir kocok lepas
  • Lada hitam bubuk, 1 sdt
  • Saus spagheti bolognaise kemasan, 2 sdm
  • Garam, secukupnya
  • Bawang bombay, 1/2 siung iris kasar
  • Bawang putih, 1 siung cacah halus
  • Mentega, 1 sdm
  • Minyak goreng, secukupnya untuk menggoreng udang

Cara membuat:

  1. Cuci udang, bersihkan kotorannya, kupas kulit (sisakan ekornya saja)
  2. Celup udang ke dalam kocokan telur
  3. Goreng udang dalam minyak panas, sebentar saja >> angkat & tiriskan
  4. Panaskan mentega, tumis bawang putih dan bawang bombay
  5. Masukkan lada bubuk hitam, garam, dan saus bolognaise
  6. Masukkan sisa kocokan telur, aduk-aduk hingga merata pada saus
  7. Masukkan udang goreng, masak sebentar, angkat

CatatanResep ini sudah dimuat di detikfood

[Resep] Tomyam Udang

12 Aug

Bahan Utama:

  • Udang, sesuai selera
  • Tahu Cina, 1 buah –> potong kotak-kotak
  • Jamur kancing, sesuai selera –> belah jadi dua
  • Telur puyuh, sesuai selera
  • Bumbu tomyam instan, 1 bungkus

Bahan Tambahan

  • Serai, 1 batang –> potong-potong jadi beberapa bagian
  • Lengkuas, 2 cm
  • Jahe, 1 cm
  • Jeruk Nipis, 1 buuah –> ambil airnya
  • Daun Jeruk, 2 lembar
  • Daun Salam, 2 lembar
  • Garam, secukupnya
  • Cabai rawit merah, 5 buah
  • Bawang bombay, 1/2 siung –> iris-iris kasar
  • Minyak goreng, 1/2 sdm
  • Air, secukupnya

Cara membuat:

  1. Bersihkan kotoran udang, pisahkan kepalanya (jangan langsung dibuang)
  2. Didihkan air dan buat kaldu udang dengan merebus kepala udang
  3. Buang kepala udang, masukkan udang, jahe, garam, batang serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.
  4. Tumis bawang bombay dan msukkan bumbu tomyam instan –> sampai wangi
  5. Masukkan tumisan bumbu tomyam ke dalam rebusan udang
  6. Tambahkan jamur, telur puyuh, tahu, dan cabai rawit merah
  7. Tambahkan air perasan jeruk nipis
  8. Masak sampai matang dan aroma tomyam tercium
  9. Sajikan hangat-hangat

Blog-an pertama ini saya dedikasikan untuk Puding Cokelat Rameh

14 Jun

Walaupun aslinya saya ini tergolong narsis, tapi nyatanya saya masih malu-malu untuk mengekspresikan diri melalui crita-crita di blog baru saya ini *maklum masih nyubi banget dalam dunia per-wordpress-an*.

Cuma daripada ini blog kelamaan dianggurin, maka setelah menimbang, memutuskan, dan memikirkan matang-matang, akhirnya saya mencoba untuk membagi ilmu saya seputar dunia dapur, yakni dunia yang belum lama ini baru saya sadari sebagai passion saya.

SOooooo ini dia blogan pertama saya yang saya dedikasikan untuk puding cokelat rameh.
Continue reading

[Resep] sambal belut

15 Jan

Kalau Anda termasuk penggemar masakan berbahan dasar belut atau istilah Jepangnya Unagi, pasti akan suka dengan resep sambal belut yang satu ini. Mau coba resepnya? simak rinciannya berikut ini.
Sambal Belut

BAHAN
250 gram belut kecil (ukuran maksimal 35 g per ekor atau 30 ekor per kg)

BUMBU YANG DIHALUSKAN
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jari kelingking kencur
  • 5 buah cabe keriting
  • Terasi secukupnya
  • garam secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng


CARA MEMBUAT

  • Bersihkan belut sampai benar-benar bersih
  • Goreng belut sampai matang, tetapi jangan kering
  • Buang duri-durinya, kemudian ulek/tumbuk sampai halus
  • Tumis bumbu halus hingga matang dan masukkan daging belut yang telah dihaluskan
  • Hidangkan bersama nasi hangat dan lalapan

Resep belut di atas adalah salah satu dari 4 resep olahan belut yang bisa Anda dapatkan di dalam buku Panen Belut 3 Bulan di Media Air Bening Tanpa Lumpur terbitan terbaru dari penerbit Penebar Swadaya. Resep lainnya seperti snack belut, keripik belut, balado belut, dan pecak belut juga diulas dalam buku Panen belut 3 bulan di air bening tanpa lumpur.

[Resep] Pancake Tofu Isi Kornet Keju

7 Jan

Bahan:

  • Terigu >> secukupnya
  • Tofu >> ukuran 1 plastik
  •  Mentega & butter >> secukupnya
  • Susu cair >> secukupnya
  • Keju >> banyakin aja (diparut)
  • Kaldu bubuk >> secukupnya
  • Lada bubuk >> 1 sdt
  • Biji pala bubuk >> 1/2 sdt
  • Telur >> 1 butir
  • Mayonaise
  • Saus sambal

Cara membuat:

  1. Hancurkan/blender tofu hingga halus.
  2. Siapkan terigu, lada bubuk, kaldu, dan bubuk biji pala dalam wadah.
  3. Panaskan mentega dan butter hingga mencair >> masukkan ke dalam mangkuk berisi terigu dan aduk hingga rata.
  4. Tambahkan tofu yang telah dihaluskan.
  5. Masukkan telur, keju parut, dan susu putih sedikit demi sedikit
  6. Aduk hingga adonan sedikit mencair
  7. Panaskan wajan/cetakan pancake, bubuhkan dengan sedikit mentega.
  8. Masukkan adonan pancake ke dalam cetakan, biarkan hingga bagian  bawahnya sedikit matang.
  9. Bubuhkan kornet, keju, mayonaise, dan saus sambal di bagian atas pancake >> balik pancake/tekuk membentuk setengah lingkaran, kemudian diamkan sebentar saja.
  10. Angkat dan sajikan hangat-hangat sebagai cemilan

[Resep] Bebek Cabai Hijau

6 Jun



Suka bebek?? coba deh resep yang satu ini, dijamin gampang bikinnyah.

Bahan

  • 5 potong daging bebek
  • 7 buah cabai hijau yang besar
  • 4 butir kemiri (disangrai)
  • Lada secukupnya
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 lembar daun bawang, iris kasar
  • 1/2 buah tomat merah, potong sesuai selera
  • Langkuas
  • 2 helai daun salam
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm kecap inggris

Cara membuat

  • Rendam daging bebek dalam air yang sudah dicampur 2 sdt cuka dan lada bubuk selama kurang lebih 15 menit
  • Haluskan cabai hijau, bawang merah, bawang putih, lada, garam, dan kemiri
  • Tumis bumbu yang dihaluskan sampai tercium harum
  • Tambahkan kecap inggris dan masukkan daun salam, langkuas, dan daging bebek
  • Tambahkan sedikit air
  • Aduk-aduk, masukkan margarin biarkan meleleh
  • Masukkan irisan daun bawang dan potongan tomat
  • Tutup selama kurang lebih 10 menit hingga daging empuk
  • Sajikan dengan nasi hangat

Catatan: untuk 5 porsi