Dedicated to #TemanBermainKembangGula

13 Oct

IMG_6553.JPG
Belakangan ini, saya dan suami memang ada niatan untuk mengurangi porsi menghabiskan akhir pekan di mall (kecuali memang ada keperluan semacam belanja bulanan). Dan menggantinya dengan mengunjungi tempat-tempat seperti taman bermain atau yang terdapat unsur edukasinya semisal perpustakaan.

Nah, sebulan lalu, suami saya sempat memberi informasi mengenai salah seorang temannya yang memposting foto-foto seru kegiatan akhir pekan keluarganya di sebuah tempat bernama #TemanBermainKembangGula

Suami pun iseng meminta saya mencari tahu lebih jauh perihal tempat tersebut karena sepertinya asik juga kalau bisa ajak Arsy main di sana.

Usut punya usut, saya berhasil mendamparkan diri di webnya kembang gula. Beranjak dari sana, saya jadi semakin berminat untuk mengajak Arsy ke sana.

Sebenarnya tempat apa sih itu #TemanBermainKembangGula ?

Kalau dari info di akun instagram mba RetiOktania (foundernya), #TemanBermainKembangGula itu kurang lebih detilnya seperti pada gambar di bawah ini.
IMG_6672.PNG
Ya, kembang gula bisa dibilang merupakan tempat bagi para keluarga, dalam hal ini ayah+ibu+anak, yang ingin meluangkan kebersamaannya dengan keluarga lain tetapi melalui cara yang berbeda. Istilahnya saat ini adalah tempat untuk playdate.

Intinya, si empunya rumah -Mba Reti, Mas Rifki, dan Katya- merelakan/memfasilitasi rumahnya untuk diberantakin (baca: disambangi) oleh maksimal 3 keluarga untuk bermain bersama di setiap Sabtu dalam sesi kurang lebih dari pukul 9 pagi hinggal pukul 12 siang.

Saya mengusulkan pada suami untuk mengajak dua orang sahabatnya (Dwie dan Bismo) sebagai partner untuk playdate. Kebetulan, saya kenal cukup dekat dengan para isterinya.

Suami pun setuju.

Ternyata, hingga akhir September jadwal kembang gula sudah terisi full dan kami baru mendapat slot pada tanggal 11 Oktober.

Setelah cek dan ricek dengan keluarga yang akan berpartisipasi, akhirnya semua menyetujui tanggal tersebut untuk janjian kumpul di kembang gula yang berlokasi di bilangan Poltangan, Pasar Minggu. Tepatnya di sebuah jalan bernama Gang Raiman.

Walau secara kebetulan ketiga orang kepala keluarga memiliki jadwal bistrip (di tiga tempat berbeda) pada minggu kedua Oktober tersebut dan dijadwalkan semuanya baru tiba di Jakarta pada Jumat malam, tetapi atas nama quality time, mereka memberi kode BIG OK untuk jadwal playdate tersebut.

Beberapa minggu menjelang hari H, para ibu sudah ribut dan rumpi di BBM menyoal apa saja yang harus dipersiapkan, siapa mau bawa apa, serta transportasi ke sananya bagaimana (mengingat tuan rumah hanya menyediakan tempat parkir untuk dua mobil saja, jadi mau tidak mau akan ada salah satu yang nebeng).

Sebenarnya saya agak heran juga dengan #TemanBermainKembangGula ini karena mereka tidak memungut biaya sepeser pun.
Semua fasilitas penunjang kegiatan sudah disiapkan dari sana malahan. Kita hanya diminta membawa bekal (makanan atau cemilan) sendiri.
Baik benar, pikir saya 😘😘.

Selang seminggu menjelang tgl 11, hari Selasa dan Rabu Arsy sempat demam.
Hal ini membuat saya khawatir jikalau playdate yang sudah direncanakan jauh-jauh hari tersebut akan gagal. Sangat mengecewakan tentunya.

Terlebih demi melihat sneak peek nya Mba Reti yang sesumbar mengenai 5 kegiatan dari sesi playdate yang akan kami ikuti kelak, yaitu memberi makan kelinci, membuat playdough, finger painting dengan oat, menyelamatkan binatang dari jebakan Jelly-O, dan diakhiri dengan bermain air.

Seruuuu bingits kan??

Syukurnya, hari Kamis Arsy sudah ceria lagi dan suhu badan juga sudah kembali normal. Itu berarti, playdate bisa dilanjutkan. Yeayyyyy ❤️❤️❤️.

Singkat cerita, di hari H, keluarga saya tiba lebih dulu di lokasi.
Kami langsung disambut hangat oleh Mas Rifki dan disusul kemudian oleh Mba Reti dan Katya.

Alhamdulillah, begitu sampai sana tanpa sungkan-sungkan Arsy langsung mau diajak main sama Katya plus mama papanya untuk bermain bersama dua kelinci kesayangan Katya “Cis” dan “Pof”

Padahal yaa, biasanya Arsy suka lebay (pake banget malahan) kalau baru sampai di tempat yang masih asing bagi dia.

Sepertinya, kehangatan dan keramahan tuan rumah yang membuat Arsy bisa langsung nyaman dan beradaptasi dengan kilat.

Sembari menunggu yang lain datang, Arsy leluasa memainkan beberapa permainan milik Katya.

Terima kasih banyak ya Katya sayang sudah mau berbagi mainan dengan Arsy. Kamu benar-benar anak yang murah hati sama seperti Papa Mamamu.

Lihat! Seolah-olah Arsy sudah kenal dekat sekali dengan keluarga ini
IMG_6542-0.JPG

Arsy senang sekali bisa puas main perosotan
IMG_6543-0.JPG

Setelah semua partisipan hadir, sesi permainan pun satu per satu dilalui dengan sangat manis dan menyenangkan.
Mengalir begitu saja, penuh keakraban dan keriaan. Ya, seakan-akan kami tidak sedang berada di rumah orang yang baru dikenal.

Membuat playdough
IMG_6673-0.JPG
IMG_6549.JPG

Menyelamatkan binatang dari jebakan jelly-O

IMG_6674.JPG

Memberi makan kelinci
IMG_6676-0.JPG

Senangnya bermain air
IMG_6552.JPG

Saking kerasannya bermain di #TemanBermainKembangGula anak-anak tidak ada yang mau pulang. Mereka masih bolak-balik ke perpustakaannya Katya dan membongkar mainan-mainan Katya.
IMG_6566.JPG
IMG_6569.JPG

Yang membuat Saya dan suami salut dengan Mba Reti dan keluarga adalah mereka benar-benar rela meluangkan hari Sabtu pagi-siang (waktu istirahat) mereka untuk bersilaturahim dengan orang-orang baru. Padahal, Mba Reti dan Mas Rifki sama-sama pekerja kantoran yang dari Senin ke Jumat harus berkutat dengan pekerjaannya.
👏👏👏👏

Dari hasil ke-kepo-an saya stalking di timeline IGnya mba Reti, saya juga jadi tahu kalau ternyata bukan hanya Sabtu saja mereka open house, melainkan di hari biasa mereka kadang mempersilakan anak-anak tetangga di Gang Raiman untuk main-main sambil belajar bersama Katya *angkat topi*.

Semoga niat mulia Mba Reti dan keluarga untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain akan berkelanjutan dan tetap istiqomah.

Dengan demikian bisa terus menjadi figur yang menginspirasi banyak orang.

Foto bersama sebelum pulang (Ibu-ibu dan anak-anak only)
IMG_6560.JPG

Pulang dibekali dua lembar foto dan satu lembar hasil karyanya Arsy
IMG_6570-0.JPG

Untuk lebih detil mengenai kegiatan playdate kami versi kembang gula bisa dilihat di sini.

11 Responses to “Dedicated to #TemanBermainKembangGula”

  1. MS 17/10/2014 at 23:22 #

    keren banget idenya ortu Katya ini ya
    ini betul2 di rumah kan bukan sanggar, mereka berani mengundang orang2 tak dikenal masuk rumah pribadi dan bikin acara edukatif seperti i ini

    selamat ya Nis udah mau punya dede ya Arsy
    alhamdulillah .. Arsy buka jalan, sekarang dalam waktu nggak selama dulu sudah mau punya dede

    • zoothera 17/10/2014 at 23:30 #

      Iya Bunda Monda, itu di rumah mereka. Benar2 open house, boleh masuk2 sampai numpang bilas abis main2 air dan ganti baju di kamar Katya. Oiya belum lama mereka diliput sm netTV untuk acara parenting, klo ga salah tayang hari Minggu jam 12 siang.

      Aamiin., makasi doanya Bund, Alhamdulillah dikasih rejeki secepat ini. 😘

  2. Clarissa Mey 16/10/2014 at 06:57 #

    hai Zoothera, salam kenal🙂
    thanks for sharing hehe

    • zoothera 16/10/2014 at 08:39 #

      Hai, salam kenal juga Mba Clarissa.. Makasih udh mampir di blog zoothera🙂

  3. belalang cerewet 15/10/2014 at 03:24 #

    eh baru ngeh itu bubuw-nya Arsy kenapa jd bengkak gitu yak? abis kesengat lebah bukan? wkwkwkwkwk….

    • zoothera 15/10/2014 at 03:27 #

      Uhukkkkksss mohon dimaklumi yaaa, sdh naik bobot ± 9kg hahahha

      • belalang cerewet 15/10/2014 at 03:28 #

        e, busy**t! ciyusss? %$@&)(*)

      • zoothera 15/10/2014 at 04:29 #

        “Ciyus” “mi ayam” in syaa Allah bulan depan pas adenya arsy lahir langsung langsing *ngrepppphhh* 😜

  4. belalang cerewet 15/10/2014 at 03:22 #

    wah boleh juga nih buat rekreasi alternatif, seruuu dan edukatif! arsy lutuuu banget ya. papanya banget wajahnya🙂

    • zoothera 15/10/2014 at 03:25 #

      Iyaaa Om Walank, seruuu bgt. Kebetulan beberapa pekan belakangan ini Arsy memang hampir tiap hari dikasih kegiatan praschool di rmh. Lumayan untuk pengalihan dari nonton tv dan mengurangi main gejet.

      Rekomen bgt deh pokonya

      • belalang cerewet 15/10/2014 at 03:27 #

        Iya anak2 sebenarnya lebih demen ama yg ginian, tergantung kita ngarahinnya. Joss!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: