Kejadian juga deh…

14 Dec

Dari dulu, sebelum punya anak, saya paling ga tega ngeliat anak bayi atau balita dirawat di RS yang dalam artian tangan, kaki, atau kepalanya terintegrasi dgn infusan.

Setelah punya anak, terlebih tau Arsy tipikal anak yang cukup aktif, hal yang paling saya ga pinginin atau bahkan ngebayangin adalah ya itu, arsy diopname.

Tapi, yang namanya takdir siapa coba yang bisa nentuin kalau bukan Allah yang punya Maha Kehendak.

Ya, per kemarin siang persisnya Sabtu (12/12/13) Arsy untuk pertama kalinya harus ngerasain tangannya terpaksa ditusuk jarum infus 😭😭

Critanya bermula dari Kamis lalu,

sewaktu dandanin arsy sehabis mandi pagi, saya kok ngerasa kalo badannya arsy rada anget. Walo ada pikiran yg kurang enak, saya brusaha positif thingking kalo itu cuma efek abis mandi pake air hangat.

Tapi semakin siang badan arsy makin terasa anget dan walaupun masih mau main cuma agak terlihat ga sesemangat kemarin kemarin. Udah gitu tidur siangnya lumayan gampang, cuma nen sebentar langsung plek.

Mengikuti insting keibuan akhirnya saya coba ngetemp via ketiak Arsy. Saya sengaja nunggu momen dia tidur karena kalo lagi melek bisa dipastiin ga akan bs tuntas prosesi ukur suhu badannya.

Ternyata bener, hasil 3 kali temp nunjukin kisaran di atas 38C (38,2 38,1, dan 38,3). Walau ada yang bilang suhu di atas 38,5 baru dianggap demam, saya tetap slalu beranggapan angka me lebihi 38 itu nunjukin kalo ada ssuatu yg kurang beres di badanny arsy.

Apalagi kejadian, begitu bangun tidur arsy semakin nunjukin kondisi “im not feeling oke” macam gampang rewel dan maunya slalu ditemenin atau digndong.

Padahal sejak pindah ke rumah Depok arsy tuh pinter banget, bobo2an di kamarnya sendiri atau main2 sendiri selagi saya beberes rumah, atau paling ikutan ngerusuhin pas saya masak di dapur. (fyi, sejak hari minggu officially saya dan suami memutuskan untuk balik k rmh depok.. Detailnya akan saya critain di postingan brikutnya).

Akhirnya karena badannya tetap panas, semakin panas malahan (terakhir ngetemp magrib udh sampe 39,1), saya kasih tempra drop untuk sekadar nurunin demamnya.

Selang 10mnt arsy mulai berkeringat dan diiringi suhu badan yang mulai menurun. Ehh emang dasar neng arsy, ngerasa enakan dia langsung aja main terus ga mau diajak istirahat. Buntutnya pas badannya menghangat lagi, mulai deh rewelnya kambuhan plus berkepanjangan sampai besok paginya dan sukses bikin ayah-bubuwnya begadang karena tiap setengah-satu jam arsy selalu bangun, nangis sejadijadinya dan cuma bisa diem/membaik/ketawa2 setelah diputerin video lagu “clap your hand”, “barney”, atau video pas arsy gymboree.

Tengah malam akhirnya saya bikin janji ke RSPI, jagajaga besoknya harus bawa arsy ke dokter.

Jumatnya, suami izin untuk datang kantor siangan karena harus ngedrop saya dan arsy k rmh ortunya di cipete. Seandainya pun ga jadi k dokter, setidaknya dia ngerasa secure ninggalin kami di sana karena ada mba mar yang bisa dimintain bantuan untuk gantian gendong arsy dan ada pak heri yang bisa saya mintain tolong anter ke rs.

Walau episode rewel, ga mau makan (udh sminggu lebih cuma mau makan buah dan minum susu, di luar itu selalu dilepeh atau nunjukin aksi GTMnya), dan ga mau tidur msh terus berlangsung, ternyata arsy girang banget begitu sampai di rumah eyangnya, semua mainannya yg emang sengaja ditinggal diabsenin satu per satu, lari sana sini, tawa tiwi, heboh pas om Arsanya pulang sekolah, dan lainlain yang bikin dia makin ga mau tidur sama sekali *tepok jidat*.

20131215-022444.jpg
Ngabsen mainannya

20131215-022558.jpg
Nyambut Om Arsa pulang sekolah

Selain Arsy, bubuwnya jg ikut berlega hati kembali ke rmh eyangnya arsy karena alhamdulillah saya seengganya bisa rebahan sebentar selagi arsy mau digendong ke mba mar atau mertua (cemen banget ya bubuwnya arsy, kebiasaan enak jadi manja hehehehe).

Atas suatu alasan akhirnya saya dan suami memutuskan untuk nunda ke rs dan prefer untuk bikin janji ke Kemang Medical Care Sabtu pagi.

Sabtu jam delapan pagi kita bertiga udh bertandang di ruang tunggu klinik anak KMC. Selagi nunggu namanya dipanggil, si bocah tetap ga mau diem minta main prosotan di playground yg ada di sana padahal masih sumeng. Pake acara nangis pula kalau diajak udahan.

20131215-023202.jpg

Hasil konsul dan kroscek dokter nyimpulin kalau tenggorokannya memang radang makanya arsy nolak makan dan bikin ngecesnya lebih parah dari biasanya.

Mengingat demamnya udh masuk hari ke3 dokter akhirnya ngasih rujukan utk cek lab.

Selang 45 menit hasil lab sudah selesai dan kami pub balik k ruang dokter untuk tau penjelasannya.
Dari hasil lab ada dua poin yang dibintangin, yaitu leukosit beberapa angka di atas normal dan CRP (C-Reactive Protein)nya jauh banget di atas normal, yaitu 120 padahal normalnya kalau ga salah lihat harus di bawah 10.

Menurut dokter, Angka CRP yang tinggi nunjukin kalo ada infeksi (kemungkinan besar bakteri) yang salah satunya nyebabin peradangan di tenggorokan arsy.

Atas dasar nilai CRP tsb dokter nganjurin untuk diopname setidakny untuk observasi demam dan mengobati infeksi dgn antibiotik yg hrs dikasih melalui selang infus, ± selama 24jam.

Walau berat rasanya, akhirnya kami menandatangani surat rawat inap untuk arsy.

Konsekuensinya saya dan suami harus nyaksiin lagi drama arsy tantrum yang pas pemasangan infus yang lebih heboh dibanding pengambilan sampel darah di lab. Lumayan bikin hati tersayat euyyy.

Syukurnya infusan arsy bisa disarungin jadi kemungkinannya kecil arsy bisa ngutak ngatik selang infusnya.

20131215-031822.jpg

Selama di kamar rawat inap, sebenarnya arsy baik2 aja masih mau bcanda yang sampe ngakak2 tapi sayangnya stiap kali staf RS (suster, dokter, pengantar makanan, smpe cleaning service) yg datang seketika arsy langsung histeris. Sepertinya trauma saat infus. Walhasil suami saya inisiatif untuk nyuapin obat penurun panas ke arsy dan kadang mengalihkan perhatian arsy saat suster datang.

Setiap mulai ngerasa bosan dan tau tangannya ga bebas untuk digerak2in arsy juga akan tantrum beberapa saat yang sampai bikin bubuwnya kewalahan ngegendong saking kuat banget berontaknya.

Di luar semua melowdrama slama di RS daritadi siang, Alhamdulillah suhu badan arsy berangsur normal dan yang utamanya sudah mulai mau makan walaupun masih semau moodnya aja.

Dan malam ini arsy bisa bobo lumayan nyenyak walau sesekali masih ngigo dan sukses bikin bubuw ga rela untuk tidur nyenyak demi memantau kondisi arsy atau sekadar menenangkan arsy dgn kasih nen.

Bismillah smog bsok siang, seperti janji dokter, infus arsy udah bs dilepas dan kalau hasil lab berikutnya udh bagus sorenya udh boleh pulang amiiinnnnnn. Minta doanya yaaa… 🙏🙏

20131215-032949.jpg
Mainmain di lemari pantry

20131215-032958.jpg
bantuin ayah naro logistik di kulkas

20131215-033008.jpg
mimpi indah ya arsyku sayang

10 Responses to “Kejadian juga deh…”

  1. Indah Nuria Savitri 24/12/2013 at 04:12 #

    sudah sembuh kan ya mak…alhamdulillah yah, pengalaman diopname…satu yang saya sebel ama dokter kita tuh, suka nakut-nakutin..

    • zoothera 24/12/2013 at 06:58 #

      Alhamdulillah udh sembuh makk.. Iya ihhh knapa ga ada yg bs bikin suasana jd fin gitu ya.. Kmrn ada sih satu suster pinter di hari kedua.. Dia ajak main2 dulu baru ukur suhu plus cek infusan. Jd anaknya ga jd nangis

  2. Ayik 20/12/2013 at 01:55 #

    Aaahhhh neng arsy *kecup kecup dulu*, seneng denger neng Arsy udah pulang dr rumah sakit dan udah aktif lagi, sehat sehat terus ya sayang *kecup lagi…
    Buat bubuwnya coba bikinin Arsy aneka macem sup krim, andalan kalo Aira GTM itu sup krim jagung, brokoli, atau sup krim kentang, kuahnya kasih susu UHT atau cooking cream kalo lg ada stok, trus tabur keju…berebutan deh sama Ayahnya hehehe…

    • zoothera 21/12/2013 at 19:55 #

      Ihiyyy baru baca komeng dari Bunda Aira…
      Alhamdulillah ternyata ga pake waktu lama appetitenya Arsy udh balik normal.. Makannya udh mau lagi sehari pulang dari RS.
      Padahal emakbapaknya udh sempet sutris haha.
      Eniho makasi tipsnya, will try

  3. Lidya 16/12/2013 at 11:23 #

    Semoga Arsy cepat sembuh ya mbak. Gak tega kalau melihat anak kecil di opname

    • zoothera 19/12/2013 at 13:19 #

      Alhamdulillah udh sembuh dan sdh mau makan lagi. Smoga cukup skali iti aja nginep di rsnya hehehe.. Makasi ya mbak untuk doanya🙂

  4. belalang cerewet 15/12/2013 at 00:53 #

    Ya Allah, kasian bangeud Arsy. Ga tega liat balita diinfus. Semoga cepet sembuh ya sayang, maen lagi, aktif lagi. ya biasalah anak aktif mah sakit kayak gitu doang. Moga2 abis ini tambah tangguh dan makannya tambah lahap (kayak Om)😉. … Salam kecup dari Mas Rumi-Bumi ^-^

    • zoothera 19/12/2013 at 13:21 #

      Maap nih baru buka wp.. Lagi muter otak biar Arsy makannya selalu oke. Syukurnya ga perlu lama2 hr ke2 pulang dari rs, nafsu makannya udh balik lagi. Kisskiss jg untuk Mas Rumi n Bumi

  5. monda 14/12/2013 at 22:03 #

    Arsy.., cepat sembuh ya nak..
    kasian banget emang lihat anak kecil sakit, bubuwnya juga yg tabah dan kuat ya.., semoga nggak lama2 di rumah sakit ya

    • zoothera 19/12/2013 at 13:22 #

      Bunda, makasiy doanya.. Alhamdulillah Arsy udh pulih sprti sedia kala, udh pecicilan lagi hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: