Martabak Mini Ala Bubuw Arsy

25 Nov

20131125-161737.jpg

Gara gara sabtu sepekan lalu saya ngeyutub resep choco lava, akhirnya malah terdampar di akun yutubnya bogasari. Ada kali 15 menitan saya tekun nonton vid tutorial cara bikin macam2 kue di sana.

Dari beberapa resep yg ada, yg bikin saya ngiler untuk nyoba di dapur adalah martabak keju. Karena selain cukup gampang bikinnya, kebetulan varian martabak manis yg satu ini emang kedoyanan saya.

Berbekal dari situ, saya pun coba liat2 di lemari dapur kira2 bahan apa aja yg saya punya untuk keperluan bikin martabak keju. Ternyata, dari semua bahan yg digunakan saya masih harus beli terigu segitiga biru (u/ bikikn martabak manis, terigu model ini yg direkomendasiin).
Sementara di rumah cuma ada terigu jenis lain yg dari petunjuk di bungkusnya lbh cocok utk bikin donat/roti.

Minggu pagi saya pun coba mengeksekusi resep martabak keju, tapi akhirnya saya ambil resepnya dari sini karena emang pengen bikin yg ukuran mini.

Berikut resep yg sudah saya modifikasi.

    Bahan

👉125g tepung terigu
👉1/2 sdm tepung sagu
👉1/2 sdt baking soda (diencerin)
👉 1/2 sdt vanili bubuk
👉175ml susu Uht (di resep aslinya pakai susu bubuk dan air 175ml, brhubung adanya uht jd pake itu aja)
👉1telur + 1 kuning telur
👉Gula sesuai selera (saya pake bbrp sdm palm sugar dan 1bungkus gula tropicana slim)
👉Santan kental sesuai selera
👉Mentega untuk olesan
👉Susu kental manis dan keju parut untuk topingnya

    Cara

👉Campur semua bahan (kecuali susu uht), aduk sampai rata.
👉Tuang susu uht sedikit demi sedikit sampai habis.
👉Goncang2in wadah adonan sampai timbul gelembung udara kecil2 (± 10mnt).
👉Simpan/diamkan adonan selama 30menit.
👉Masak martabak di wajan teflon ukuran kecil/cetakan dorayaki, tuang adonan menggunakan centong sayur dan tekan serta putar2 bagian tengah adonan dgn centong sayur sampai adonan membekas tipis di pinggiran wajan.
👉Saat adonan mulai berbuih2, tabur gula pasir sdikit aja
👉Setelah matang, angkat, oles dengan mentega, susu kental manis, & taburkan parutan keju sesuai selera.

One Response to “Martabak Mini Ala Bubuw Arsy”

  1. Budi Arnaya 26/11/2013 at 03:15 #

    Hihihih pas buka udah siang…jadi pinginnnnn

Leave a Reply

