Coba-coba bikin sushi

4 Jan

Sushi…

Dulu saya gak suka sama sushi, tapi karena suami saya suka banget sama salah satu varian makanan Negeri Sakura ini, akhirnya saya belajar menyukainya.

Awalnya, saya hanya berani mencoba yang bahan-bahannya sudah matang dan pelan-pelan mulai memberanikan diri mencoba sushi yang mentah, dengan syarat harus dicocolin duli ke saos soyu yang agak banyak + wasabi.

Sushi yang mentah

Kemarin, saya iseng coba bikin sushi di rumah.

Ternyata gampang loh…

Kebetulan beberapa waktu lalu saya sempat beli kulit rumput laut/nori saset yang seukuran satu sushi.

Kalau ada yang mau nyoba juga, yukk diintip resep “sushi tuna mayo” ala zoothera berikut.

Bahan

– Nori siap pakai

– Beras pulen (saya pake beras khusus sushi yang hasil nasinya akan lengket)

– Tuna kalengan yang siap pakai (biasa untuk isian sandwich)

– Salad ketimun+selada

– Bakso kepiting (saya kukus terlebih dahulu)

– Mayones

– Kikoman/saus soyu

Cara buat

  • Letakkan lembaran nori di atas sushi maker (karena saya belum punya alat ini, saya cuma pake kertas alumunium) dan padatkan nasi pulen di atas nori.

  • Tambahkan salad sayur (mentimun jepang + selada) dan irisan bakso kepiting di atas nasi.
  • Tambahkan daging tuna yang sudah dicampur dengan mayones di atas sayuran.

  • Gulung serapi mungkin

  • Sushi tuna mayo siap untuk disajikan bersama saus soyu + wasabi

Gampang banget kan?

Kata suami, mama mertua, dan adik ipar, rasa sushi buatan saya udah mirip sama sushi yang dijual-jual.. ahhh senangnyahhh.

Kurangnya cuma satu, yaitu gulungan sushinya kurang padat karena ga pake gulungan khusus sih.. hehehe

Baiklah, kalau begitu besok saya mau hunting gulungan khusus untuk buat sushi ahh…..

alat khusus untuk ngegulung sushi (klik gambar untuk tau sumber foto)

Karena masih ada sisa sedikit, tadi pagi saya bawain suami bekal sushi deh..🙂

38 Responses to “Coba-coba bikin sushi”

  1. koecingoptek 28/09/2012 at 07:22 #

    wow, good job sist, kapan ya bisa nyicip🙂

  2. gadget04 25/02/2012 at 09:19 #

    zepp,,ngiler banget nihh,,belum pernah makan sushi

  3. nique 13/01/2012 at 06:20 #

    ikan mateng aja musuh, gimana yg mentah😦
    tapi klo liat penampakan sepertinya enak ya😀
    cuma kapan saya berani nyobain ya? Hehehehe

  4. Mama Rani 11/01/2012 at 17:35 #

    enaknyaaaa :s
    saya belum pernah makan sushi. Pengen banget nyobain, tapi kata papanya rani sushi tuh gak enak😦
    issshh..

    besok2 kalo kita kopdaran, saya minta dibuatin sushi aja deh sama mbak anies ;D
    boleh dong yaaa

  5. apikecil 09/01/2012 at 07:06 #

    Mau dong Mbak, kirimin dong
    heheheheh..
    boleh juga resepnya..

    • zoothera 11/01/2012 at 04:39 #

      Dicoba aja resepnya di dapur APikecil, dijamin ga akan gagal..🙂

  6. Asop 09/01/2012 at 05:34 #

    Wuisssh, seandaianya sushi itu mudah dibuat, gak bakal ada yang namanya master dan murid sushi di Jepang.😆

    • zoothera 11/01/2012 at 04:40 #

      Kalo yang ala Jepun beneran mahhh itu kudu kursus dulu SOP.. hehehe, kalo ini mah sushi-sushi-an ala zoothera :p

  7. anisa 09/01/2012 at 03:06 #

    Mantaaaaaappppp tenaaaan

  8. alaika 08/01/2012 at 11:47 #

    wah saya makannya sukaaa banget, tapi bikinnya? menyerah deh…. ga bisa euy!🙂

  9. Susan Noerina 07/01/2012 at 21:49 #

    Serius Jeng laki gw mah ga bisa makan yang aneh2, langsung sakit perut. wong makan keju ajah cirit birit🙂

    yayang mah seleranya kalimantan sekali: pacri nanas, tempoyak, cincalo. Pokonya buat gw yang orang SUnda ini agak2 membingungkan karena buah dimakan ko pake nasi🙂

    Boleh dunks itu sushinya dikirim ke Miri. pasti gw abisin hehehe

    Btw jeng, Mak Cebong bikin saweran. Dikau ikutan yah Say🙂 Ditunggu loh partisisapinya ;-0

  10. bundadontworry 07/01/2012 at 01:13 #

    pastinya suami tambah sayang dan cinta pd Anis🙂
    bunda kok lebih suka sushi yang mentah ya ?
    ( hahaha…dasar rakus aja )😛
    salam

  11. Dhenok Habibie 06/01/2012 at 05:28 #

    waaaaaaaahh, dhe belom pernah berani nyoba makan sushi mbak.. hahahahaa.. serem aja liat makanan serba mentah gitu..😀

  12. Orin 06/01/2012 at 04:13 #

    Aiiih….jd tambah laper deh ah

  13. Budi Arnaya 06/01/2012 at 02:17 #

    mmmmm saya berjkunjung pas belum makan..jadi pingin makan nich…Oiya pinjem resepnya yach… kasi melati, siapa tahu dia bisa

  14. Yunda Hamasah 05/01/2012 at 14:56 #

    Yang mentah juga suka bawa bibit penyakit ya Nis…

    Mudah tampaknya, semoga kapan2 bisa nyobain. TFS ya…

    • zoothera 06/01/2012 at 01:42 #

      Iya kalo yang ga fresh memang sumber bibit penyakit mba.
      Kapan itu aku nonton acara Warna yang bahas tentang sushi, kalo kita makan sushi mentah atau sashimi memang wajib hukumnya untuk nyelupin ke saus soyu + wasabinya biar “penyakit” yang mungkin ada di dalam daging mentahnya itu mateee.. CMIIW ya mba dokter🙂

  15. ~Amela~ 05/01/2012 at 07:08 #

    mau dong mbak anis. mau dong :3

  16. yuniarinukti 05/01/2012 at 07:04 #

    Wahh.. jadi kepingin makan Sushi nih.. melihat gulungan-gulungannya trus ada warna merah ditengahnya menarik sekali.. tapi bener juga apa kata Mbak Thia mending mending makan lemper hihi.. gak susah bikinnya

    • zoothera 06/01/2012 at 01:40 #

      Bukannya bikin lemper juga susah ya emm masudnya ribet, ribet bungkus-bungkusin ke daunnya ehhehehehe…
      AKu juga penggemar lemperrr yang enak mba🙂

  17. Mabruri Sirampog 05/01/2012 at 03:54 #

    pokoknya saya mah trima beres aja lah, bagian nyantapnya aja,,, hehehe
    kalau bikin sendiri?? aduuh, ga ada bakat masak..😀😀

    • zoothera 06/01/2012 at 01:30 #

      Nanti kalo udah ada yang bobo di samping Mab sodorin aja resep ini, jadi kan dirimu bisa terima beres dan tinggal nyantap.. keren kan ideku?😆

  18. Anis 05/01/2012 at 01:41 #

    wooww… i like sushi! mau dooong, hihihi.. btw, sepupu kita ada yg chef sushi loh! jd kamu bisa bikin bareng sama dia😀

    • zoothera 06/01/2012 at 01:30 #

      Wehhh… sapa itu sodara yang chef sushi? asik betollhhhhh…seru juga kali ya kalo bisa belajar langsung sama ahlinya secara kalo liat iklan kursus2 bikin sushi itu lumayan juga feenya hehehe

  19. Tebak ini siapa! 04/01/2012 at 23:55 #

    Bagiii dong mbakkk hehe~
    Ada tuh di supermarket buat madetin sushi tapi gak digulung bambu gitu, pake kotak plastik trus dalemnya bentuk lonjong gitu. Ahhh susah jelasinnya
    tapi aku gagal terus bikinnya @_@

    • zoothera 06/01/2012 at 01:28 #

      Ayooo kapan kita kopdaran, nanti aku bawain deh..:)
      kalo sushi maker yang Una sebutin kayanya kurang praktis, enakeun yang gulungan kayu.. Una udah pernah coba bikin pake itu alat yak?

  20. Lyliana Thia 04/01/2012 at 20:49 #

    Untung mas Heru nggak terlalu doyan sushi Nis.. Jd gw nggak harus belajar doyan sushi.. Wkwkwkk.. Mnrt gw drpd sushi masih enakan lemper.. Suwerrr… Hehehe..

    Cuma mas Heru hobi bgt sama siomay nih.. Gw lg belajar bikin siomay Nis.. Udah bbrp kali blm berhasil juga.. *fuih* semangaaaat!!!

    • zoothera 06/01/2012 at 01:26 #

      jadi kesmpulannya lo kagak doyan dong ama sushi? cobain yang fusion aja ly, dijamin makannya kaya makan lemper..
      Gw juga doyan banget sama lemper ly asalkan ketannya bener-bener yang pulen+wangi n isian daging ayamnya yang banyak *banyak mahunya lo nis*😆
      Eh kapan2 kalo gw ke rumah lo, kita masak-masak bareng yuk, bikin somay juga kagak napa2… gimanah?

  21. kakaakin 04/01/2012 at 16:01 #

    Hwah… boleh dicoba nih resepnya. Supaya saya nggak terpaku pada kimbab aja😀
    TErnyata ada lembaran nori yang kecil2 kek gitu ya…😀

    • zoothera 06/01/2012 at 01:23 #

      Ahh ini pun aku terinspirasi dari KakaAkin.. yoo dicoba aja, sebenernya antara kimbab n sushi itu aga aga kembar keknya ya? cuma entah kalo kimbab nasinya dikasih semacam bumbu khas apaa gitu yang bikin kalo kita makan rasanya ada khas makanan Korea.. bukan begitu?
      Iya tuh ternyata ada lembaran nori yang kecil2, tapi meningan yang sekalian lebar ah, ga ribet nggulungnya..😀

  22. yustine 04/01/2012 at 13:27 #

    Pertama lgsg diajak nyoba sashimi ama dhamar. Bahkan oyster sruput2 yg ky di mr. Bean. Dan aku doyan :)) emang bawaannya rakus. Jd smpe skrg lbh doyan yg mentah, wlopun yg matengpun hap dimakan juga. Itu nggulungnya kecil2 ya? Bukan panjang trus dipotong2?

    • zoothera 06/01/2012 at 01:21 #

      Wehh keren banget langsung suka sama sashimi, gw mah sampe skrang kalo nyoba sashimi harus liat-liat restonya dulu n cium2 dulu kira-kira amis apa ngga dan yang pasti harus dicelupin ke saus yang banyak + kasi wasabi biar lebih semriwing🙂
      Wktu kapan pernah nyoba nyeruput oyster, tapi kesimpulannya kurang begitu suka walaupun udah dikasih perasan lemon tetap nyisa rasa amis di mulut..
      Itu kemaren gw beli noriny bukan yang lembaran lebar tine, tapi yang emang untuk 1 gulungan sushi sekali hap.. sebenernya lebih ga praktis sih karena rempong ngegulung atu atu, tapi well besok2 jadi mo nyoba lagi yang pake dipotong2 kalo udah punya penggulung kayunya.. kapan2 nyusi bareng nyookkkk

  23. Racoonmaccon 04/01/2012 at 13:22 #

    kayanya enak ya😀

    dari dulu belum pernah makan sushi, dan pengen ngecoba deh *ngiler*

    • zoothera 06/01/2012 at 01:17 #

      Enak kata yang suka, tapi ga enak kata yang gak suka.. jadi enak atau enggany relatif hehhee
      Ya ga ada salahnya dicoba, tapi saranku nyobanya jangan langsung yang mentah yaa🙂

  24. Lidya 04/01/2012 at 13:10 #

    aku gak suka sushi mbak🙂
    btw salam kenal sering lihat blogger yang posting tentang cinta,jadi sekalian mampir kesini

  25. fahrinasr 04/01/2012 at 12:29 #

    Jadi pingin.. soalnya gak pernah makan susi ..^^ *udik

    • zoothera 04/01/2012 at 12:51 #

      Kalo baru pertama kali jangan langsung coba yang mentah, dijamin bikin kapok n ga mau makan sushi lagi.. tapi cobain yang mateng.. sekarang kan banyak banget tuh penjual sushi di pinggir2 jalan. Di Depk aja ada kali 4 warung sushi di sepanjang jalan Margonda

Leave a Reply

