Request untuk pengguna blogspot, settingan komennya diubah dong yah :)

31 Dec

Sejak mengenal istilah BW (blogwalking), kalau ada waktu luang saya kerap menyempatkan diri untuk leyeh-leyeh ke blog sahabatz untuk sekedar mencari pencerahan, mencari hiburan dan sarana untuk ngakak, mencari info-info seputar kontes-kontesan yang barangkali ada waktu untuk ikutan, dan so on dan so on. Platform blog yang saya kunjungi gak sebatas yang berbasis wordpress, tapi ada banyak juga yang berbasis blogspot.

Biasanya, kalau waktu BW saya cukup panjang, saya bisa seharian mantengin satu blog yang menurut saya cerita-ceritanya menarik dan tentu tak lupa untuk membubuhkan komentar di kolom yang disediakan.

Tapi, kadangkala saat hendak menyubmit komen yang telah saya ketik, tak jarang komentar saya tidak pernah berhasil tersubmit dikarenakan kesalahan openID. Nah, umumnya hal ini kejadian kalau saya mau komen di blog sahabatz yang berbasis blogspot.

tampilan kesalahan openID di kolom komentar blogspot

Rasanya kecewa gimanaaa gitu, padahal udah nulis komen panjang kali lebar di sana, tapi gatot terus..😥

Dan yang paling sedih kalau blog yang komennya ga bisa saya masukin ini ngadain kontes-kontesan yang mengharuskan pesertanya ngasih link di kolom komentar.. dan sudah bisa ditebak saya jadi gak semangat ngikutin kontesnya.. (dasar banci kontes dah ah 🙂 )

Akhirnya karena belakangan ini sering banget ngalamin kejadian kek begini, tadi sempet cari-cari info ehhh taunya saya nemuin satu komentar di salah satu blog sahabat yang pernah ngadain kontes dan coba tebak siapakah sang komentator tersebut?

Ya dia adalah seleblogger kita pakdhe Cholik, kurleb isi komentarnya seperti di bawah ini:

Abdul Cholik mengatakan… Nduk, beberapa teman mengeluh tidak bisa iut kontes ini karena setting kolom komentar tidak memungkinkan mereka masuk kemari, khususnya yang tidak memiliki akun email Google.

Saya sarankan settingan komentar ini dirubah menjadi “Anyone – includes Anonymous Users”.

Caranya:

1. Masuk ke dashboard.
2. Klik “Setting”
3. Klik ” Comments”
4. Pada kolom Who Can Comment?, centang :”Anyone – includes Anonymous Users “, (bukan yang “Users with Google Accounts”

Untung saya punya akun google, tapi sayapun kurang bebas untuk menampilkan url blog.

Dengan perubahan itu Insya Allah semua sahabat bisa ikut komen disini.

Terima kasih.

Dari sini saya jadi mafhum deh, sudah bisa ditebak pemilik blog yang kolom komentarnya tidak bisa saya masukin pasti setiingannya tidak seperti yang pakdhe cholik uraikan di atas..

Memang sih, saya pernah punya akun blog di blogspot dan saya bisa aja gunain itu akun untuk berkomentar di blog sahabatz, tapi sayangnya URLnya kan jadi tidak bisa langsung ke blog yang sekarang ini saya gunakan..😦

Soooooo, request saya untuk pengguna blogspot, gimana kalo settingan komennya diubah seperti tutorialnya pakdhe cholik? Mau yahh yahhh… biar saya bisa sering-sering main dan meninggalkan jejak di sana.. oke bosss!!😀

16 Responses to “Request untuk pengguna blogspot, settingan komennya diubah dong yah :)”

  1. Dian Kurnia 14/01/2012 at 00:57 #

    Oh gitu toh. Pantesan saya komen di blog temen blogspot suka OpenID tak teridentifikasi. Informasi menarik, mbak🙂
    Salam kenal!
    Dateng ya ke blog saya🙂

  2. endipiransinafemalebox 13/01/2012 at 03:21 #

    xixiixix udah tak ubah setingnya setelah zothera dan jiah complain gak bisa coment pake id dan url. khawatir ada yang coment ngawur * alasan ……kabur……………………….

  3. Baha Andes (@SobatBercahaya) 12/01/2012 at 16:16 #

    di blog aku bisa komeng kan, ya mba Anis.

  4. Mama Rani 11/01/2012 at 17:38 #

    sampai dibikin postingan gini ;D
    iya, mbak..kadang2 pas lagi asik2nya pengen kasih komentar..eh ternyata gak ada opsi ‘Name and URL’, gak bisa komenlah saya ini😦

  5. alaika 11/01/2012 at 03:33 #

    kalo blogku gmn mba Anis? ga sulit kan ngasih komennya? pede abis….

    • zoothera 11/01/2012 at 03:45 #

      Ngga mba, buktinya aku bisa kan ninggalin jejak di sana? yang penting disediain fasilitas ID/URL aja, itu yang paling frenli🙂

  6. Susan Noerina 07/01/2012 at 22:06 #

    gw ga ngerti deh Jeng kalo blog gw bijimane??

  7. Lyliana Thia 04/01/2012 at 21:01 #

    Iya nis.. Skrg jg gw pake form komen ganda.. Jd yg kesulitan koneksinya bisa pilih yg form komentar klasik..😀

    Kelemahan blogspot emang di komen yah.. Tapi enaknya sih lebih mudah mudeng drpd wp… Hehehee… Dan bener kata si asop.. Bisa jd agregator jg..

  8. Falzart Plain 01/01/2012 at 13:03 #

    Saya juga agak bingung kalau mau komentar di blogspot sih…
    (keluhan yang sama)

    • zoothera 02/01/2012 at 02:34 #

      Iyah… banyak kali tahapan-tahapannya, makanya sering banget untuk mengantisipasi gagal n komen yang saya ketik ilang, sebelum submit ta’ copy dulu hehehee

  9. Yunda Hamasah 01/01/2012 at 03:29 #

    Sama, dulu aku juga disaranin Pakde persis begitu😉

    • zoothera 02/01/2012 at 02:35 #

      Iya mba, semoga pemilik blogspot lainnya juga memperhatikan hal kecil macam gini yaa, biar silaturahim bisa lancar jaya🙂

  10. Asop 31/12/2011 at 14:51 #

    Nah, dulu sebelum punya akun google saya pun mengeluhkan hal yang sama kayak Mbak.😦
    Tapi akhirnya saya ngebuat akun blogspot (dan tentunya pakai akun gmail dan youtube), dan saya gunakan ID blogspot saya itu untuk BW ke blog2 blogspot.😀
    Blog saya yang di blogspot di sini hanya berisi satu posting-an yang menjelaskan bahwa blog saya sebenarnya bukan yang itu. Dan saya sertakan link ke dua blog saya di wordpress di sana, dengan harapan narablog2 blogspot yang hadir ke sana mau berkunjung ke blog wordpress saya.😳

    Tujuan lain saya bikin akun blogspot juga untuk saya gunakan sebagai blog aggregator. Kayak RSS feed gitu. Jadi saya bisa tahu temen2 blogspot mana yang bikin posting-an baru.🙂

    • zoothera 02/01/2012 at 02:38 #

      Iya sop, sempat mikir mau bikin model asop gitu..
      Nanti deh akun blogspotnya direvisi untuk dijadiin aggregator untuk RSSfeed mirip2 sama Lyli atau bunda monda kan ya?
      Btw, met tahun baru SOp🙂

  11. Pertamax Girl 31/12/2011 at 11:52 #

    Kolom komentar blogku bisa pakai Name/URL biasa kok, hehehe. *ga ada yang nanya*

    • zoothera 31/12/2011 at 12:27 #

      Hai pertamax girl *kedip-kedip cihuy ke Una*…
      Oleh karena itulah, aku sukaaa dengan blogmuh.. karena friendly untuk dikomentari oleh siapapun… taun baru ke mana cantik?

Leave a Reply

