Khasiat Labu Siam

21 Dec

sumber: wikimedia commons (klik gambar untuk sumbernya)

Beberapa waktu lalu, pasca-nyemil labu siam rebus saya jadi kepikiran untuk gugling mengenai manfaat dari mengonsumsi labu siam.

Hasilnya, saya jadi tau ternyata yaa sayuran paporit saya ini punya bejibun khasiat.

Saya coba sharing di sini yaakss…

Entah kenpa saya seneng banget sama yang namanya labu siam. Kalo makan sayur asem, gado-gado, atau sayur lodeh, yang saya cari duluan yaa labu siamnya.

Maka dari itu saya lumayan hobi masak sayur asem atau masak labu siam yang ditumis-tumis pake cabe+bawang merah+bawang putih+ikan teri kecil, udah gitu dimakannya pake nasi panas *glekkkk, sukses bikin laper inih mah namanya*

Nah, untuk memuaskan hasrat terhadap labu siam, saya jadi rajin bikin kudapan labu siam mini rebus yang biasanya saya konsumsi layaknya makan salad, pake dressing gituh, semisal olive oil/mayones/saus sambal.

Berikut beberapa macam khasiat labu siam bagi kesehatan tubuh yang saya peroleh dari beberapa sumber:

    1. Kaya akan serat➡ Berkhasiat melancarkan buang hajat dan mencegah wasir:mrgreen:
    2. Kaya akan kalium➡ Berkhasiat nurunin kolsterol, jadi sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi ataupun penderita kolesterol tinggi.
    3. Memiliki efek diuretik (melancarkan pembuangan urin)➡ Berkhasiat mengobati asam urat dan menjaga kesehatan ginjal.
    4. Kabrohidrat tinggi➡ Berkhasiat atau ber-efek mengurangi rasa lapar, jadi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita Diabetes atau siapa saja yang sedang melangsungkan program diet.
    5. Kandungan tanin-nya tinggi➡ Berkhasiat melancarkan peredaran darah sehingga dipercaya mampu mencegah serangan stroke/penyakit jantung koroner.
    6. Kandungan asam folat tinggi➡ Berkhasiat bagi kesehatan janin dalam masa kehamilan, jadi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.
    7. Kandungan getahnya➡ Berkhasiat menghilangkan bercak hitam di tumit, yakni dengan cara mengaplikasikan getah pada bercak (tunggu sampai kering, kemudian dibilas).

Catatan

Labu siam tidak baik dikonsumsi oleh penderita rematik karena bisa menjadi pencetus gejala sakit.

23 Responses to “Khasiat Labu Siam”

  1. mover lokal 29/03/2013 at 01:14 #

    I will immediately snatch your rss feed as I can’t find your email subscription link or e-newsletter service. Do you have any? Please let me recognize so that I may subscribe. Thanks.

  2. baju muslimah bandung 19/11/2012 at 11:54 #

    Wah banyak khasiatnya, makasih infonya ya..

  3. IGN Kompyang Putra 28/03/2012 at 04:40 #

    di parut di peras airnya di minum, enak manis

  4. IBNUFAJARISME 17/01/2012 at 03:56 #

    hi, silahkan ambil kado dariku. http://wp.me/p13x8h-dN
    Congratulation!!!🙂

  5. nia/mama ina 29/12/2011 at 08:53 #

    aku jd inget…ibuku juga setiap bulan puasa kalo sahur selalu makan labu siam mini yg direbus…katanya lumayan bisa ngilangin haus kalo siangnya hehehe…..

    • zoothera 31/12/2011 at 06:25 #

      Ternyata memang kandungan airnya tinggi yaa labu siam itu, memang kebiasaan orang tua kita sebenarnya memang alasannya ilmiah loh yaa😀

  6. Susan Noerina 24/12/2011 at 18:59 #

    Paling enak dimakan pake sambel ama ketimun. Jangan lupa Say ikan asinnya. Mantaaaafff🙂

    • zoothera 31/12/2011 at 11:49 #

      Wehhhh bikin ngiler eykeh aja deh jeng Soes,, *ngeces mode-on*😀

  7. bintangtimur 23/12/2011 at 05:28 #

    Pakdeeee, kalo labu siam ditemenin ayam goreng itu yang enak yang mana?
    Ayam gorengnya?
    Atau labu siamnya?😀

    Nies, ada waktu-waku tertentu, hampir tiap hari saya ngerebusin labu siam mini itu. Dimakan gitu aja, tanpa dressing apapun. Rasanya yang sederhana, memang nggak ngebosenin ya…

    Aduh, jadi inget deh, udah lumayan lama saya nggak makan labu siam ini, thanks diingetin!

    • zoothera 31/12/2011 at 11:51 #

      Ahhahaa…. iya pakdhe yang enak yaa ayam gorengnya pastinya tuh..
      Betul mba Ir, kalo keseringan makan emang ngebosenin, makanya kadang-kadang diselang-seling sama sayuran lain, tapi tetep sih kalo ada menu sayur asem atau kalo beli gado-gado pasti dominan cari labu siamnya.. suka aja pas ngegigitnya🙂

  8. CakCholik di BlogDetik 21/12/2011 at 15:02 #

    Saya suka lalapan labu siyem lho, enak banget. apalgi kalau ditemani ayam goreng
    Ikut Kontes lagi. Mohon dukungan dan keplokan ya teman-teman.

    salam hangat dari Surabaya

    • zoothera 31/12/2011 at 11:52 #

      temen labu siyemnya enak betul pakdhe hehehehe..
      aku selalu dukung apa pun yang pakdhe bikin…🙂

  9. Falzart Plain 21/12/2011 at 11:20 #

    Labu siam…
    Suka sih, tapi lebih suka labu kuning…🙂
    (*nggaknyambung)

    • zoothera 31/12/2011 at 11:53 #

      Labu kuning itu yang biasa dibuat untuk kolak bukan ya?
      aku pun suka itu kok…🙂

  10. Tebak ini siapa! 21/12/2011 at 10:20 #

    Hm, labu siam…
    Aku bahkan baru tahu labu siam harus diilangin getahnya beberapa minggu lalu T.T

    • zoothera 31/12/2011 at 11:54 #

      Iya Un memang harus diilangin getahnya.. tau kan cara ngilangin getahnya itu kek gimana? ujungnya dipotong trus potongannya diaduin sampai berbuih.. dicuci deh..

  11. Orin 21/12/2011 at 08:06 #

    Aku lebih suka labu siam yg mini mba, imut2 kyk aku kaan *halah ga penting* hihihihi
    memang banyak khasiatnya ya, tapi kalo sering2 ya bosan jg sih..

    • zoothera 21/12/2011 at 09:02 #

      😆 Orin memang imut koksss sama kaya akyuhhh *kagak mao kalah eikeh🙂 *

      Iyakkk akupun suka yang mini, ga perlu ribet dan bisa langsung sekali Hap masup mulut. Konsumsinya memang sebaiknya jangan setiap hari karena rasanya memang monoton, tapi kalo dimasaknya beda-beda mah doyan-doyan aja..

  12. Lyliana Thia 21/12/2011 at 07:28 #

    hadeeh gw jd laper jugak… hehehe..

    hee Nis, emang enak labu siam sama mayonaise gituh? enakan pan pake sambel terasi Nis..😀
    biasanya gw bikin tumis labu siam sama wortel… ntar mau coba ah dikasih teri… slurrp…

    btw, Anis.. postingannya dbel ntuh?

    • zoothera 21/12/2011 at 09:00 #

      Kalo menurut lidah gw enak ly.. hehehe, dicampur sayuran salad lainnya kaya letuce, wortel, atau kentang rebus.. gw doyan banget
      Ho oh tuh dobel, padahal kemaren udah dibenerin perasaan dah, ini kan gw setting otomatis dan gw lupa ngeset tanggal publishny kapan😛

  13. walank ergea 21/12/2011 at 03:23 #

    makannya sama nasi hangat plus sambal terasi tomat hijau, beuh…..maknyusss dah!! Kami di rumah biasanya lebih simpel: labu siam cukup direbus sampe empuk. trus dicocol sambel pecel madiun. Done! Ueenaaak tenan… btw, rasanya kan manis2 gimana gitu Nies, itu glukosa ya?

    • zoothera 21/12/2011 at 08:58 #

      haduhhh lapffaarrhhhhh…
      Iya cara begitu juga enak, pake sambelll.
      Pastinya sih ada kandungan glukosanya, tapi aku tak tahu kadarnya berapa banyak😀

      • febry 31/01/2012 at 05:29 #

        mba…salam kenal nihh,..klo cara mengkonsumsi labu siam u pengobatan, gmn yahh, apakh diblend,jus ato rebus…kbetulan ortuku itu kolest tinggi n hipertensi. thx for reply🙂

Leave a Reply

