Gurin guRIN DAM dam gurin GURINDAM

30 Nov

Sejak baca pengumuman di “papan” sticky notenya Lyli tentang kontes menulis gurindam menyambut Muharam, saya jadi sering nanya ke Lyli dan ke diri saya sendiri

“kek apa sih gurindam?”

*penasaran tapi ga ada usaha nyari tau*:mrgreen:

Dini hari tadi, saya terbangun.

Anehnya, walau ngantuk mata rasanya susehh betul untuk merem lagi.

Dannn, tiba-tiba aja gitu keingetan Tentang Gurin gurin dam dam gurin gurindam (nyanyi dengan nada lagunya Eno Lerian)

Akhirnya, langsung ambil HP trus kasak-kusuk di mbah gugel u/ mastiin apa sih yang namanya gurindam, bedanya sama pantun itu apa, dan su’un dan su’un.

Setelah lumayan mempelajari dan sedikit mafhum, iseng-iseng mengaplikasikan sendiri, dan jadi deh dua gurindam di bawah ini.

Semoga masih bisa masuk kategori yang disyaratkan yaa…Pun kalo ade sale sale kate, maapin aje yakk mpok-Abang;encang-encing;enyak-babeh, malum masi amatiran😆

Gurindam Muharam

Gurindam-1
Tatkala enyak sibuk menyiapkan sahi (*)
Pertanda pagi sudah membuka hari

Tatkala hati merindu obat
Pertanda diri masih mengingat tobat

Tatkala sinar muharam mulai menyapa
Pertanda mulut siap mengunyah doa

“Wahai Allah yang Maha Baik”
“Kucurkan air berkahMu yang terbaik”

Note (*)➡ sahi  bahasa betawi untuk cemilan di pagi hari, misal pisang goreng atau uli goreng

Gurindam-2
Menyirih gigi, gusi terobati
Menabung kasih, sayang tertampungi

Ah udara muharam mulai bertebaran
Akankah sayap-sayap harapan ini kembali kukepakkan?

Tentu saja selama asa masih meradang
Tenda-tenda pencapaian pasti kan kubentang

~Demikian~

Nah, soal gurindam beres… tapi masih ada soal-soal tentang sebelas-sebelasan lagih, oks deh markijut (mari kita lanjut)

3 hal terkait SEBELAS 

  • Sebelas hal terbaru tentang diri dan keluarga+sahabat
  1. Bersama suami masih melanjutkan program kehamilan pascagagal inseminasi Oktober lalu di Klinik Yasmin Kencana, RSCM. Rencananya pertengahan bulan depan mau histeroskopi lagi untuk tau infeksi di dinding rahimnya udah sembuh apa beloman.
  2. Bersama suami masih rutin mengonsumsi vitamin-vitamin kesuburan yang diresepkan dokter + minum madu beroyal jeli.
  3. Lagi seneng minum susu kedelai bubuk merk “mamasoya” dicampur madu + sedikit susu UHT trus diminumnya dibarengin sari roti saus krim keju yang udah didinginin terlebih dahulu… slurppp enyakhhhh.
  4. Masih rutin nganterin bokap kontrol ke dokter tiap akhir bulan sekaligus ngajak bokap jalan-jalan atau sekadar kulineran kecil-kecilan.
  5. Hari ini dan lusa (Jumat) ikutan nimbrung di dalam kelas sebuah TK berlabel Pamong Sito yang lokasinya di jl Anggur CIpete, tujuannya untuk observasi sebelum terjun magang/PKL di sana.
  6. Per Senin besok, 05 Desember sampai 21 Desember 2011 mulai magang/PKL di TK B Pamong Sito yang notabene harus membiasakan bahasa Enggres sebagai pengantarnya… Poseeengggghhh, kalah pinter sama anak murid keknya. Doakeunn yaaa semoga bisa survive dan dapat nilai yang bagus dari guru pamongnya. Aminnn
  7. Berhubung lokasi TK tempat PKL di deket rumah mertua maka untuk sementara waktu saya pindahan dulu ke mertua dan hanya wiken aja pulang ke Depok.
  8. Lagi rajin nyoba-nyoba/eksperimen masak makanan yang sebisa mungkin dikukus/tanpa menggunakan minyak –> efek hasil MCU suami yang angka kolesterolnya kurang bagus.
  9. Baru kemarin ngadain kopdar kedua dengan Lyli di IBF 2011 di Istora Senayan, kita memborong buku untuk hadiah giveaway. Di saat yang bersamaan saya dadakan reuni kecil-kecilan sama 3 orang teman di mantan kantor (juga di IBF), kemudian sorenya janjian ketemu dengan 3 orang sahabat masa SMP yang pernah saya ceritakan di sini di citos (ada yang punya utang traktiran).
  10. Punya ponakan baru dari adik sepupu suami dan itu berarti bertambah satu orang lagi yang memanggil saya+suami dengan sebutan Bude-Pakde. *saingan sama Pa’dhe Cholik & Bu’dhe Cholik nih nanti:mrgreen:
  11. Masih ngegarap konsep untuk bikin giveaway perdana yang rencananya (niatnya loh) mau dilaunching besok.. semoga tidak meleset. Amiin

with bokap & 2 orang keponakan

Observasi di TK B Pamong Sito

Menu sehat anti-minyak >> Ikan kembung ditim

Kopdaran with Lyli ditemani seorang teman, IBF 2011

Reuni kecil-kecilan dengan 3 orang teman di tempat kerja dulu

Hangout bareng 3 sahabat di citos

  • Sebelas janji untuk diri sendiri (cita-cita dan harapan) untuk tahun 1433 H.
  1. Mau mulai membiasakan lagi puasa Senin-Kamis.
  2. Sebisa mungkin membiasakan diri tahajud, duhaan, plus baca-baca kalamNYA.
  3. Menjadi isteri yang selalu menyenangkan hati suami.
  4. Menjadi orang yang selalu berpositif thinking dan tidak mudah mengeluh pun berputus asa.
  5. Bisa dikabulkan hajatnya untuk segera dihamili dan diberi keturunan yang sehat, sempurna fisiknya, cerdas otaknya, dan selalu menyenangkan hati.
  6. Rutin olah raga, terutama renang.
  7. Rajin makan sayur dan buah.
  8. Bisa nurunin berat badan 5 kg lagi.
  9. Ikut kursus bikin kue/baking.
  10. Punya oven dan membenahi dapur yang masih kusut.
  11. Bisa nyetir mobil, biar kalo lagi urgent banget ga perlu ketergantungan sama suami.

semoga kelak bisa gendong anak sendiri, amiin

  • Sebelas yang tak tak akan diulangi
  1. Menunda-nunda waktu sholat/sering tidak khusyuk.
  2. Jajan makanan yang tidak sehat.
  3. Makan-makanan yang asem-asem.
  4. Membeli hal-hal yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan.
  5. Maen BB/Ipad selagi nemenin suami nyetir😆
  6. N.G.O.R.O.K (ini sepertinya sulit dehhh yaa, tapi bismillah ajah heheh).
  7. Berantakin lemari baju dan berulang-ulang kali memberesinya.
  8. Menghabiskan waktu dengan percuma.
  9. Tidak sabaran kalo denger suami cerita yang bawaannya selalu pengen komentar padahal belom kelar cerita, dan buntutnya bikin dese ilpil untuk nerusin ceritanya…. heheheh maaapppp udah mulei berkurang kan sekarang interupsinya… abisan suka excited sendiri kalo denger cerita-ceritanya.
  10. Tidak rajin menyiram tanaman.
  11. Terlalu terobsesi dengan kehamilan yang justru malahan bikin stres

    Mi Ayam, mungkinkah kumampu mengurangimu😦

    .

 

“Tulisan ini saya ikutsertakan di acara Gurindam Muharam Plus 33 yang diselenggarakan oleh

Yunda Hamasah dan Lyliana Thia.”

26 Responses to “Gurin guRIN DAM dam gurin GURINDAM”

  1. bintangtimur 06/12/2011 at 11:56 #

    Anieeessss….hehe, saya jadi inget suami saya, dia juga suka motong-moton kalo saya lagi cerita…hehe, potongannya malah lebih panjang dari cerita asli saya…
    Ah, mungkin itu ya saling melengkapinya suami isteri. Baca posting ini, saya malah jadi kangen suami yang masih di kantor dan belum pulang…kangen dengan kehebohannya kala dia cerita tentang keseharian dan kangen dengan caranya dia nyela cerita saya untuk dimasukin ke cerita versi dia, padahal saya belum selesai…hihihi, memag bikin ilfil, tapi ngangenin😀

    • zoothera 06/12/2011 at 12:37 #

      Duhh jadi ga enakhh, semoga suamiku pun begitu walo sebel sama aku tapi justru kangen sama kebiasaan burukku hehhehe…
      Salam toss yaaa untuk suami mba Irma…😆

  2. Yunda Hamasah 02/12/2011 at 23:18 #

    Semoga program untuk hamilnya sucses ya, bener kata Pakde, dinikmati aja, jangan terbawa srutreeess, hehe…

    Oya, boleh juga lho nyobain susu kambing, mengingat kandungannya yang aduhai, paling mirip ASI😉

    Semoga do’a dan harapannya terkabul ya, aamiin…

    Tentang mie ayam, kalau buat sendiri mungkin lebih baik ya untuk kesehatan, secara aku juga belum pernah buat sendiri, hikksss…

    Terima Kasih sudah ikutan😉

    • zoothera 03/12/2011 at 06:51 #

      Makasihhh bu dokter model (pakde mode-on) u/ doa dan sarannya. Dulu aku jg prnah nyoba susu kambing tp minumnya dicampur fanta, jadi fansus gituh hehe.. Soalnya aga2 amis…🙂

  3. Pakde Cholik 02/12/2011 at 00:19 #

    Jika kau gampang stress
    Hidupmu tak akan beres
    Jika hidupmu tak beres
    Tuhan akan memberimu privat les

    Privat les didahului dengan cobaan-cobaan untuk menguji imanmu, apakah seperti berlian atau baru sebatas kue talam.

    Bersandarlah kepada Allah Swt nduk. Karena DIA adalah sebaik-baik penolongmu.

    Salam hangat dari Surabaya

    • zoothera 02/12/2011 at 11:53 #

      A Thousand % aggreee Dhe…Hasbunallah Wanikmal Wakil.. cukup Allah sebaik-baik penolong kita….
      Insya Allah saya dan suami bisa lulus di ujian yang lumayan berat ini dan bisa menikmati kehidupan yang “beres” amiinnn..

      Salam manies dari Depok

  4. lozz akbar 01/12/2011 at 07:29 #

    waaaa saya masih belum bisa bikin gurindamnya..

    semoga secepat kilat mendapatkan si buah hati idaman ya mbak..

    sukses buat kontesnya🙂

    • zoothera 01/12/2011 at 13:36 #

      Hayoooo mas Lozz, masih ada waktu 2 hari lagi kan ya? hadiah bukunya oke-oke loh… kemarin nemenin Lyli beli di IBF.. hehehee
      Makasi doanya yaaaksss🙂

  5. Una 01/12/2011 at 06:45 #

    Huihi asik mau ada GA lagiii *salah fokus*
    Semoga janji janji untuk diri sendirinya ditepati yaa🙂
    Btw itu kebaca kok mbak feed blogku di kanan? o_o

    • zoothera 01/12/2011 at 13:41 #

      Hihiii.. iya Una, bentar lagi mau aku publish info GAnya, nanti aku kabarin deh ke Una, ikutan yaaa… L)

  6. Orin 01/12/2011 at 05:52 #

    Hai mba Anieees….maafken baru berkunjung, besok2 kopdar sm dirikuw jg ya😉

    Turut meng-Amin-kan doa2nya, terutama yg hamil ituh, coz diriku pun berharap yg sama nih, semoga ya malaikat-malaikat kecil itu akan meramaikan rumah kita^^

    • zoothera 01/12/2011 at 13:49 #

      Yuk yukss kopdaran yukks yukss… *noraks deh ah*

      Semoga 1433 H menjadi tahun yang barokah dan kita dipercaya untuk dipanggil Ibu, amiinnn…🙂

      • Puteriamirillis 02/12/2011 at 01:40 #

        ayuks,,,hihi..pu ikutan ajah.
        mbaak kmaren knapa ga bilang ke book fair, ntar aku datang deh, wong kantor cm nyebrang doang..hehe…
        lain kali ya mbak…

        smoga dikabulkan segala cita2nya, dan segera dikabulkan diberikan malaikat2 kecil di rumah. amiin. kebayang masih inget aku dg proses apa tuh namanya kopi kopi..di rscm waktu itu, semangat ya jeng^^

      • zoothera 02/12/2011 at 11:27 #

        Emang bukannya Lyli udah woro-woro ya di Blognya menyoal kita mo ke bookfair, mungkin Pu’ ga sempet baca kali yaa…
        Emang kantor Pu’ di mananya? yahhh nyesel deh, coba wktu itu bisa ketemuan😦
        Amiinn, makasi doanya, histeros-kopi diganti rojer…. *ngopibreak mode-on*😆

  7. alaika 01/12/2011 at 05:19 #

    salam kenal ya mba…
    kuikut mengamini semua doa dan harapan serta janji yang ingin engkau tunaikan yaa…
    semoga Allah mengabulkannya. Amin YRA.

    Daaaan… semoga menang kontesnya yaa…

    • zoothera 01/12/2011 at 14:20 #

      Salam kenal juga mba Alaika
      Makasiy yaa untuk aminnya..🙂

  8. walankwalank 01/12/2011 at 02:17 #

    setahu ane Enno dulu naynyinya: Du Di Du Di Dam Dam Du Di Du Di Dam, Du Di Du Dam Dam Du Di Du Di Dam, kecuali kalo Zoothera kalo pengen plesetan, Lol :p. btw, kreatif juga bikin gurindam. Lama-lama bisa jadi penyair sekaliber Sapardi neh Anies. meskipun ada beberapa kata yang mendadak nongol keluar kategori demi menutup rima, halah sok tahu. Peace pokok na mah, hebring, euy!!!

    • zoothera 01/12/2011 at 02:20 #

      Ahahaha…. udah bisa nebak akan ada yg mikir kek Walank.. emang ada yang sedikit maksa yaa untuk mengharmonisasi rimanya.. malum yakss sini masih amatiran bwangethh,,,,
      BtW, Walank ikutan dongg….

  9. Mabruri Sirampog 30/11/2011 at 23:45 #

    owh ya,, jadi inget lagi sama eno,, dulu emang lagunya kaya gitu kok ya.. heheh

    mengamini segala doa dan harapannya mba…🙂

    Menunda waktu shalat juga itu mah saya banget,,hehe,,, terutama Isya, mentang2 waktunya gak panjang,, hadehhh,,, Tobat deeh,, mudah2an bsa memperbaiki di tahun ini.

    • zoothera 01/12/2011 at 00:41 #

      Pasti jadi ikutan nyanyiin lagunya Eno yaa mas Mab?😆
      Ho oh kalo pas isya suka keganggu syaitonirojim bernama ngantuks berat..😈 seringan bilang gini “udah pasang alarm ntar malem isyaan sekalian tahajud”
      Padahal belom tentu yaa kita masih bisa bangun apa ngga pas alarm bunyi *astaghfirullah* makanya persis abis nulis harapan2 di atas, semalem ga berani ngomong kek gitu lagi, sebelum tidur sebisa mungkin solat isya dulu…🙂

      Makasih ya untuk aminnya

  10. Belajar Photoshop 30/11/2011 at 16:07 #

    wuihhh… seneng banget iia.. bisa kopdaran sampe dua kali sama org yg sama..
    satu hal yg gag perna saiia lakuin selama ngBLog😦

    • zoothera 01/12/2011 at 00:49 #

      ehehehehe sebenernya ini juga bukan kopdar sereal-realnya kopdar sihh, soale lyli ini sebenernya temen wktu SMA cuma berhubung selama bertahun2 jumpanya di ranah blog jadi pas ketemuan kita nyebutnya kopdar…

      Gimana kalo kita bikin kopdaran juga? setujuh???? biar ga sedih begitu..🙂

  11. The dark anco 30/11/2011 at 15:56 #

    Wuah serba sebelas nich, moga makin sukses ya mpok

    • zoothera 01/12/2011 at 00:42 #

      Wuahh hiyaaa nih bang Anco.. ikutan juga dwongggsss gurindam dan sebelas-sebelasannya..🙂

  12. Lyliana Thia 30/11/2011 at 15:08 #

    hahhaa.. ngakak baca gurindamnya Nis! ntuh yg satu ada kata “obat”nya maksude buat dr. Yunda Hamasah… trus yg bawah ada “gusi”nya maksude buat bu gigi nyang ntuh yee? wkwkwkwk… kreatiip Nis!

    wah gw baru tau TK yg di anggrek pengantarnya bhs Inggris yak… ckckck anak jaman skrg… semangat Niss! Engkau pasti bisaa…! *bawa pompom*

    btw, gw terharuuuu banget ngeliat foto lo sama Angga yg terakir tuh… ngebayangin suatu saat nanti insya Allah kalian berdua akan menimang bayi sendiri… gw aminkan dan semoga malaikat pun juga mengaminkan,,… Amiiiiinn

    (kalimat baku nih..) kami catat sebagai peserta… terima kasih atas partisipasinya, Anis..😀

    hehehehe…

    • zoothera 01/12/2011 at 00:44 #

      Hiyaahhhh.. aselikkkk gw ga mikir begitu waktu ngebuatnya, lahh gw aja ngetik sambil tiduran karena ga bisa merem2 lagi jadi seada-adanya dah tuh gurindam.. tapi kok bisa ngepas gitu yakk?? hahaha kebetulan abesss…😯

      Ralat ly, bukan Anggrek tapi Anggur, ngapah yaa dr kemaren lo nyebut Anggur tuh Anggrek mululu? lagi pengen nanem anggrekkah?😆

      Amiinnnnnnnnnnnnnnnnnn untuk doanyah.. *peyukhh*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: