[Prediksi] Anggaran Belanja Bulanan Ala Zoothera

18 Nov

Bener-bener deh yaah, yang namanya kontes-kontesan ato gifewey-gifewey-an itu bikin nagih…

Aseliikkk sejak pekan kemarin saya sudah sukses dibuat kecanduan dengan ulah para blogger yang rajin banget bikin gawean nulismenulis.. kreatip kreatip banget dah ah… ckckcckkck

Salah satu contohnya ini dia tetuanya para blogger yang menurut saya nih, beliau itu lebih seleb daripada seleb-seleb yang ada di tipi-tipi, sebut saja namanya pa’dhe cholik (lah emang namanya ituh bukannyah?).

Secara yaa saya yang baru kenal blognya beberapa hari lalu aja udah berani ngeklem kalo saya ngefanss beratzz sama beliau.. Aiiihhh kembang-kempis dah tuh idungnyee.

Nah, kontes nulismenulis tergres yang diadain oleh pa’dhe kali ini adalah semacam permainan dalam hal hitung-menghitung, yakni bertajuk Anggaran Belanja Bulanan.

“Boljug nih diikutin” spontan kata saya dalam hati sewaktu m’baca penjelasan detailnya.

Ikutan ahhhh, tungitung bikin anggaran untuk rumah sendiri, lagian yaa kalo diliat dari penjelasan detailnya pa’dhe kurleb mungkin sebelas-duabelas lah sama  pengeluaran rumah tangga saya dan suami, yakni hanya untuk pemenuhan kebutuhan dua kepala.

Saya mulei aja deh yaa tungitungannya yang saya kasih judul [Prediksi] Anggaran Belanja Bulanan Ala Zoothera yang yahh barangkali aje agak-agak menyerupai dengan tungitungannya bu’dhe, tapi kalo pun meleset yaaa diwajari aja lahh yaa namanya juga beda rumah tangga, udah pasti dong beda pula aturan maennya.

Sipp deyy kalo begituh, Jastcekidot.

Rincian Prediksi Anggaran Belanja Ala Zoothera

Prediksi Pengeluaran Nominal (Rp)
1 Nabung bulanan/investasi sekaligus asuransi kesehatan/beli emas batangan  1,000,000
2 Zakat/infaq bulanan 300,000
3 Bensin mobil (50.000 x 15) 750,000
4 Bulanan BB Pa’Dhe 99,000
5 Bulanan BB Bu’Dhe 99,000
6 Pulsa HP GSM 100,000
7 Telpon 88,000
8 Listrik 130,000
9 Tabung gas (1 gas kecil + 1 gas besar) 95,000
10 Air mineral galon (13000 x 8 –> seminggu 2 galon) 104.000
11 Iuran sampah + keamanan 100,000
12 Belanja Bulanan 750,000
13 Akomodasi untuk Bu’dhe (misal arisan +belanja-belinji) 250,000
14 Langganan PDAM 50,000
15 Speedy paket unlimited bulanan (paket personal n udah dapet disc) 147,000
16 Pengeluaran Tak terduga(kondangan, makan di luar, kado ultah, belanja buku, beli koran, atau lain-lain yang tak terdugaduga) 438,000
Total Pengeluaran 4,500,000

Penjelasan

Latar belakang dari tungitungan di atas adalah sebagai berikut:

  • Nabung/investasi sekaligus asuransi kesehatan/beli emas batangan➡ Menjadi sangat penting untuk diletakkan di urutan paling atas (ini kalo menurut saya loh) karena kalo kita taronya di belakang, dijamin susah dan berat hati untuk ngeluarinnya. Walaupun anak-anak sudah pada mandiri, bukan berarti dong kita berhenti nabung, yahh namanya jaga-jaga dari hal-hil yang mungkin saja terjadi. Di sini saya buat dengan angka agak besar, jadi otomatis sebenarnya pengeluaran aslinya ga lebih dari total pengeluaran di atas..yaa istilahnya cuma sekedar mindahin uang dari dompet ke Bank/lembaga investasi+asuransi kesehatan/benda berharga semisal emas… Syukur-syukur kalau kita sehat terus sampai akhir hayat dan gak perlu ngeluarin uang tabungan untuk biaya rumah sakit, tabungan/investasinya bisa digunakan ntuk pergi haji atau jalan-jalan keliling dunia atau hunimun berkali-kali… amiiinnn
  • Zakat atau infaq➡ harus ditaro di nomor dua teratas karena ini penting sekali, walaupun mungkin nominalnya ga seberapa, tapi justru di dalam situlah letak keberkahan dari rejeki yang kita peroleh dan sudah barang tentu uang itu memang bagian dari hak orang lain… sooo jangan pernah ngelewatin untuk urusan yang satu ini yaaahh… 

Urutan anggaran selanjutnya bebas-bebas aja mau ditaro di mana pun.

  • Bensin➡ karena pakai premium dan barangkali mobil yang digunakan pun adalah city car yang notabene lumayan hemat, jadi saya bikin pengeluaran untuk bensin itu Rp50.000 per 2 hari sekali (kalau saya lebih hemat lagi loh karena mobil hanya diisi premium 100rebong/minggu secara mobil dipakai untuk wiken saja)
  • Paket BB (Blackberry yaa bukan Bau Badan)➡ Untuk memudahkan komunikasi tanpa batas, baik dengan bu’dhe atau anak-anak+cucu-cucu, pa’dhe menggunakan paket layanan BB yang umumnya Rp99.000 biar ga jelek koneksinya.
  • Penjelasan sama seperti nomor 4
  • Pulsa HP GSM ➡ Berhubung pa’dhe ini seleb yang fansnya bejibun dan juga termasuk agak-agak bisnisman (mana tau kan yaahh pa’dhe punya banyak bisnis onlen), jadi pa’dhe tetap membutuhkan hp GSM yang nomornya memang udah dikenal sama para klien atau para fansnya itu.
  • Telepon Rumah ➡ Karena udah ada BB, GSM,ataupun internet yang notabene turut melancarkan komunikasi dengan kerabat maupun sahabat, maka telepon rumah biasanya cuma dipake untuk urusan-urusan penting saja, paling hanya bayar abodemen + pemakaian yang seencrit.. di sini saya kasih prediksi dengan angka cantik yang katanya penuh keberuntungan Rp88.000.
  • Listrik 2200 Watt ➡ Kalo ini sih saya mirip-miripin dengan pengeluaran listrik di rumah saya karena peralatan listrik yang digunakan kurleb mirip2. AC walaupun ada 2 palingan cuma satu ya yang sering dinyalain (itu pun merknya pasti yang udah plsmacluster dan udah buildin dgn split inverter jadi lebih sehat dan hemat); TV juga walaupun ada 3 palingan yang sering dinyalain cuma 1, komputer+2 laptop (ga jauh beda dari rumah saya); dan standard peralatan lainnya seperti rice cooker, kulkas (pake yang hemat energi), dan dispenser. Jadi, saya kasih prediksi Rp130.000 (karena tidak termasuk penggunaan air yang menggunakan jasa  PDAM).
  • Tabung Gas ➡ Kalo ini sih saya sotoy aja, ngira-ngira kalo pa’dhe dan bu’dhe pake tabung gas yang besar 1 dan tabung gas yang kecil 1.
  • Air Mineral Galon ➡ Saya prediksiin ganti galon seminggu 2 kali, harus banyak minum yaaaaahhh biar lancar pipisnya😉
  • Iuran Sampah dan Keamanan ➡ dilempengin aja masing-masing Rp50.000
  • Belanja Bulanan ➡ semoga bu’dhe seperti saya yaa yang bisa belanja Rp50.000 untuk 2 hari masak, jadi sebulan diprediksi Rp750.000
  • Akomodasi untuk Bu’dhe ➡ Sebagai suami yang sayang sama esteri, tiap bulan bu’dhe dikasih jatah untuk pengajian+bayar arisan Rp100.000 dan Rp150.000 untuk belanja-belanja onlen (emangnya sayahh hahahaa).
  • Langganan PDAM ➡ Karena saya ga langganan PDAM, jadi ini hanya kesotoyan saya mengira-ngira. Angka Rp50.000 mengaca dari kebiasaan iuran listrik bulanan di rumah saya, yaitu sekitar Rp180.000.. (jadi Rp50.000 diperoleh dari pengurangan Rp180.000-Rp130.000 *biaya listrik*).
  • Speedy➡ Saat ini Telkom lagi gencar ngasih diskon ke pelanggannya, jadi dengan hanya mengeluarkan uang Rp147.ooo, pelanggan personal bisa internetan hemat hingga penggunaan kuota 1GB (ini cukup banget lahh untuk mengelola blog-blog pa’dhe).
  • Pengeluaran Tak Terduga ➡ Menjadi unsur terakhir dari suatu anggaran belanja rumah tangga, dengan membiasakan menggenapkan total pengeluaran ke atas dengan biaya tak terduga ini, insya Allah kalau ada hal-hal yang sifatnya tak terduga atau musiman seperti beli kado ultah, undangan kawinan ato sunatan, de el el de el el ga sampe harus mengutak-atik tabungan kita.. insya Allah

Hufffhhhh… akhirnya selesai juga [Prediksi] Anggaran Belanja Bulanan Ala Zoothera..

Ini sifatnya hanya prediksi loh tapinya yaa…🙂

Salam Anggaran Belanja

-Zoothera ak. Anies Anggara-

 Artikel ini diikutsertakan ada Kuis Anggaran Belanja Bulanan  di BlogCamp.


14 Responses to “[Prediksi] Anggaran Belanja Bulanan Ala Zoothera”

  1. Dewiang 22/11/2011 at 10:59 #

    Ga ngasih ke ortu say? Aku lumayan besar tuh bisa sampe 20% gaji….

    • zoothera 24/11/2011 at 00:00 #

      Kasiii dong, tapi krna ini untuk ajang kontes yg disesuain sama pakdecholik jadi sengaja ga dimasukin.. Anggap aja itu emang pngeluaran yg ga tertulis🙂

  2. Una 20/11/2011 at 15:32 #

    Wah ikutan tho… mantap. Semoga menang🙂

    • zoothera 21/11/2011 at 00:39 #

      Hihihi ini kan emang kerjaan para emak rumah tangga jadi hukumnya kudu kayanya😆

  3. dunia otan 18/11/2011 at 11:32 #

    g disangka banyak juga ya perkiraan anggarannya
    semoga menang kontsnya

    • zoothera 19/11/2011 at 13:29 #

      Banyak ya segitu? Tapi klo dikurangin sama tabungan jadi ga trlalu besar kokk… Itu kan sbnrnya bukan unsur pngeluaran cuma pmindahbukuan aje hehe

  4. Pakde Cholik 18/11/2011 at 11:20 #

    Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Saya catat sebagai peserta
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Surabaya

  5. dark anco 18/11/2011 at 10:28 #

    Wuah sem0ga sukses k0ntesnya

  6. Lyliana Thia 18/11/2011 at 10:07 #

    waks bener banget nih Nis,… nabung sama zakat emang prioritas sblm lain2nya😀
    wuih, anggaran belanje jaman skrg,… gile ye😛

  7. Puteriamirillis 18/11/2011 at 09:35 #

    sip deh mbak, eh ngomong2 depok ya? ntar ya, kurencanain dulu…dah lama juga ga ke kampus, kangen euy…^^

    • zoothera 18/11/2011 at 13:19 #

      Itu hanya sekedar usulan mba Pu’ hehehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: