Histeroskopi: Dalam Episode Shooting Rahim

17 Nov

Cerita di bawah ini kelanjutan dari cerita tentang inseminasi dan tentang jawaban dari ikhtiar

Selasa, 15 November 2011, adalah jadwal saya ke Klinik Yasmin lagi, ya sesuai titah dr Budi Wiweko yang sudah bikinin janji untuk meng-histeroskopi saya (dengan syarat harus sudah “bersih”). Syukurnya, dari hari Senin saya sudah bisa salat lagi.Tadinya udah ketar-ketir tuh kalau bakalan riskedul jadwal histeroskopi, soalnya periodik bulan ini lumayan lama, 7 hari bookkk, padahal biasanya mah hari ke-4 aja udah bersih. Alhamdulillah banget bisa sesuai rencana.

Jadilah, ba’da juhur saya sudah bersiap-siap untuk berangkat ke Klinik Yasmin.

Kebetulan banget supir mertua memang sudah waktunya jemput bapak mertua di kantornya -RSCM-, sooo nebeng dongg, lumayan gituh hemat pengeluaran teksi. Apalagi jam-jam segitu lagi ujan gede banget, bayangin aja kalau harus nyegat teksi di jalan, yang ada kuyup banget, mau dikata apa sama dr Budi kalo penampilan saya kaya kucing kejebur got.

Berhubung dianter supir, saya nawarin suami untuk janjian ketemuan di jalan Sudirman jam 1an, persis di seberang kantornya. Sedih deh, hari ini suami ga bisa ijin langsung pulang karena masih banyak kerjaan, jadinya jam 4 selesai gak selesai (kumpulin) harus balik ke kantor lagi. Harapannya sih memang sebelum jam 4 udah kelar.

Sampai Yasmin setengah dua-an, langsung registrasi ulang trus menuju lantai 4. Wehhh di sana udah rame banget, gak kaya wktu kontrol sebelumnya yang sepi bener.

Di CS lt 4 saya diminta untuk menandatangani surat keterangan, ya di sana kalau kita melakukan misalnya HSG;inseminasi;bayi tabung;histeroskopi;atau yang memerlukan tindakan memang harus menandatangani surat keterangan bersedia dulu.

Akhirnya, setelah nunggu hampir 1 jam saya dipanggil juga. Dari  sinilah cerita histeroskopi dimulai.

Episode Shooting Rahim

“Silahkan masuk dulu ya bu ke dalam, tapi bapaknya tunggu di luar”

Kata perawat berbaju pink

“Loh, emang suami saya ga boleh nemenin suster?”

Saya resah, suami pun resah *mungkin suami mikir gini: ngapain gw ijin dari kantor kalo ga boleh nemenin*

“Boleh kok, tapi nanti setelah mulai shooting

Ahhh lega deh dengernya.

Tapi tunggu dulu, kok shooting sihh?

Ho oh, maksudnya nih ya, rahim saya kan nantinya mau dimasupin kamera trus direkam deh biar bisa diliat melalui layar monitor.

Begitu masuk ruangan, seperti biasa dong kata-kata pertama yang keluar dari mulut perawat adalah
“buka celananya dulu ya bu”

upppssssiii *celingak-celinguk, ga ada anak kecil kan?:mrgreen: *

Abis itu, perawatnya ngasih tau kalau saya bakalan dikasih obat pengurang rasa mules yang dikasihnya melalui anal.
Mules?
Iya mules, menurut sumber yang  pernah saya baca, proses histeroskopi ini memang bakalan bikin perut mulesss, yahh ibarat sakit perut di hari pertama haid gituh.
Setelah dikasih obat, saya diminta nunggu dr Budi di dalam kamar tindakan, sementara itu sang perawat mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk histeroskopi.
Berhubung nunggunya lumayan lama *ada kali 15 menitan* saya sempet maen twitter trus nulis mensyen di twitter dengan kata-kata
“@zoothera➡ Sdh berada di ruang tindakan u/ siap2 histeroskopi, bismillah semoga ga sakit”

Dari situ, ada beberapa temen yang langsung ngetwit balik mensyen saya, di antaranya

“@Nyo****➡ eh knape lu?”

(Ini adalah contoh komen dari orang yang ga ngerti samsek soal histeroskopi)

“@Bak*******➡ Pa’an tuh nis? gudlak deh, semoga lancar n sukses!”

(Kalo ini adalah contoh komen dari orang yang ga ngerti, tapi berusaha ngeraba-raba mengenai histeroskopi)

“@mou*****➡ Kenapa nies? gejala endometriosis kah?”

(Nah kalo ini adalah contoh komen dari orang yang sepertinya udah ngerti apa itu histeroskopi)

Mensyenan saya itu akhirnya menjadi bahan obrolan dua orang teman yang dengan sukarela mencoba untuk menjabarkan apa itu histeroskopi, berikut penjelasannya:

“@Kam*******➡ @bak****** @zoothera Histeria = rahim, Histeris di cewe diduga dari rahim (kata S. Freud). Jadi Histeriakopi = lihat kondisi rahim… bla..bla..”

“@bak******➡ @Kam******* @zoothera Ohhh ngonoooo, makasihhh bla..bla…bla “

Belum sempat saya membalas komen-komen tersebut, dr Budi udah datang….

Suasana hati yang semula nyante-nyante aje berubah jadi dag dig dug der..

Tapii sudahlahhh bismillah aja deh.

“Hallo nis, apa kabar?, salaman dulu deh yaa”

Dr Budi ngulurin tangannya yang saya sambut dengan tangan dingin (dingin beneran maksudnya)

Usai ngobrol-ngobrol sebentar, saya diminta untuk ambil posisi *dalam artian posisi ibu-ibu yang mau melahirkan loh yaa*.

Dari “bawah” saya, dr Budi+perawat berbaju pink+1 orang dokter muda yang cukup tampan *aiiihhh* terdengar kasak-kusuk mempersiapkan peralatan untuk “shooting”, mulai dari layar monitor, 2 buah selang (kalo ga salah satu untuk nyalurin cairan infus/ringer dan satunya untuk disambungin ke selang kecil yang terbuat dari semacam alumunium yang kalo saya ga sotoy di ujungnya terdapat kameranya), alat untuk menyetel kekuatan semprotan ringer, dan hardisk eksternal yang barangkali untuk nge-save hasil “shooting-an”.

Ngetes sana, ngetes sini, ngelap lensa kamera, liat selang besi berkamera liat ke monitor, dan yapppp it’s time to shooting.

Dokter Budi pun meminta sang dokter muda untuk memanggil suami saya agar bisa ikutan nonton sinetron berjudul “dalam rahim seorang perempuan mANIES” yang terpampang di layar tancep monitor yang posisinya persis di samping kiri tempat saya telentang.

Seiring dokter Budi “mengubek-ubek” rahim saya *awalnya sih kagak berasa apa-apa* layar monitor pun menampilkan perjalanan kamera di dalam rahim, yakni dimulai dari mulut rahim yang alhamdulillah tidak terindikasi hal-hal yang aneh-aneh sampai ke bagian terdalam rahim.

Untuk melancarkan + memperjelas tampilan gambar di layar monitor, cairan ringer pun terus disemprot ke dalam rahim saya.

Begitu kamera mengarah ke pintu rahim, dr Budi bilang gini “ya, kita udah mau sampai ke dalam rahim nih”

Aseliikkkk….sampai sini saya udah mulai ngerasain yang kagak enaknya alias agak sedikit sakit dan bikin mules, apalagi pas dr Budi ngebelok-belokin kameranya, ke kanan atau ke kiri, beuuhhhhhh… sadaaaapphhh banget dah Ouchhh..

*wahai perempuan begini betul ya nasibmu*.


Setelah memasuki area rahim, kondisi awalannya masih terlihat fine-fine aja, tapi begitu memasuki dinding rahim bagian atas atau mendekati area tuba falopi (yang kagak tau bentuknya kaya apa tuba falopi silahkan klik di sini), ada keliatan rumbai-rumbai kecil yang melambai-lambai karena disemprot air dalam jumlah yang lumayan banyak.

“Wahh ada infeksi nih nis endometriumnya (dinding rahim-red), infeksi endometriosis namanya”

GLEGERRRRRRR DUAR DUAR (suara geledek)*

Apaaaaahhh dokk????? *mulai sinetron*

(ngga sih saya ga ngomong gitu ke dr Budi)

Saya cuma ngomong santai kek gini kok

itu ya dok yang kaya rumput laut itu yang kena infeksi?”

Sementara itu, suami saya tampak meringis-ringis melihat adegan di layar monitor.

“iya, disebut juga mikro polip, tapi bukan kista.Ya udah, kalo gitu disuntikin antibiotik aja seminggu untuk ngobatin infeksinya, mudah-mudahan aja bisa ilang. Tapi sebelumnya nanti tes alergi dulu ya”

“Nanti nyuntiknya sendiri kaya waktu gedein sel telur ya dok?”

Tanya saya sotoy

“Beda, yang ini disuntiknya harus sama yang bisa, karena ini masukin obatnya melalui saluran vena”

“Kalau mamah saya bisa kan dok? soalnya repot kan kalo harus bolak-balik ke sini”

“Dokter kan? insya Allah sih bisa”

Siipppp deh kalo begitu.

Kalau ada yang mau tau kira-kira di mana lokasi infeksi endometriosis saya, nih gambarnya saya skenin.

[ lustrasi rahim saya] Tanda panah merah adalah lokasi infeksi endometriosis, yang merumbai-rumbai itu tuh

Setelah proses “shooting” selesei, suami saya balik ke ruang tunggu, sementara saya harus nunggu sampai semua cairan ringer keluar dari area bawah saya… ada kali sekitar 10 menitan lebih.

Sesi konsultasi pun berlanjut ke ruang praktik dr Budi dan setelah dikasih resep plus sedikit petuah, kami diminta kembali lagi bulan depan kalo udah “bersih”. Ya apalagi kalo bukan di”shooting” lagi demi untuk mengintip perkembangannya.

Yakkkkss sepertinya sinetron dalam rahim seorang perempuan mANIES masih harus bersambung ke sisen 2 deh (semoga ga perlu kaya sinetron tersanjung #eh).

“Syukur-syukur bulan depan udah hamil”

Ucapan dr Budi ini seakan menjadi kata-kata penutup yang cukup manies yang langsung saya+suami aminin.. amiieeennn

Setelah menunggu antibiotik dan atribut suntik-menyuntik, saya dan suami beringsut ke ruangan suntik.

Di sana, saya mau tes alergi dulu dengan cara kulit saya disuntik sedikit dengan antibiotik yang sudah diencerin dengan cairan injeksi dan lokasi penyuntikan dilingkari dengan bolpoin. Abis itu, saya disuruh nunggu 10-15 menit untuk melihat reaksinya dari antibiotiknya, kalau terlihat memerah atau disertai rasa gatal, berarti saya alergi dan antibiotiknya harus diganti.

Alhamdulillah, setelah 15 menit tangan saya tidak terlihat merah sama sekali pun tidak ada rasa gatal. Berarti, selanjutnya saya bisa minta tolong sama perawat di Yasmin untuk penyuntikan antibiotik hari pertamanya. Berhubung suami saya agak parnoan dalam urusan suntik-suntikan ini (beraninya cuma “nyuntik” aja nih suami #eh😳🙄:mrgreen: ), bapak satu ini pun ga berani nemenin😡

Karena ini merupakan suntikan yang dimasukin melalui saluran vena, jadinya proses penyuntikannya agak ribet.. musti dibantuin sama 1 orang perawat lagi untuk nyariin venanya… *vena jangan jauh-jauh dong maennya :wink:*

Penyuntikan antibiotik hari pertama pun kelar, tapihhhh masih ada 6 kali suntik lagi sodara-sodara…

*arrrghhhhhh…….pengsanhhhh*

Usai penyuntikan, jam sudah menunjukkan pukul 4 seperempat, suami saya pun pamitan untuk bergegas balik ke kantornya. Sementara saya? saya lebih memilih untuk nunggu di Yasmin sampai jam 6-an, mo nebeng pulang aja sama bapak mertua yang emang selesai praktik jam 6.

Emmmm kayanya bersambung aja deh yah cerita saya kali ini, udah terlalu panjang. Nampaknya saya sudah letih lesu dan lunglai..

Insya Allah cerita selanjutnya berjudul- Histeroskopi: Dalam Episode Suntik Antibiotik

-Demikian-

31 Responses to “Histeroskopi: Dalam Episode Shooting Rahim”

  1. Liska 25/12/2014 at 14:46 #

    Mb.Anies…gmn kelanjutannya skrg?pengen ikut bagi cerita nih..saya di Plg udah jalanin Laparatomy..trus suntik tapros (3 bln berturut2)..krn ada penyumbatan di mulut rahim saya…sdh lama sih prosesnya akhir 2012-2013 awal..trus sy stop pengobatan..th.2014 kembali k dokter dan saya di SYS(mirip HSG)..dan ketauan tuba sy buntu..akhirnya rekomen dokter ke Klinik Yasmin dng dokter Budi Wiwiko…buat janji via telpon..kami k Jakarta dan sy pun histerescopy..dan ternyata..ada sumbatan sehingga cameranya gak bisa masuk ke rahim(kebayang nyerinya n mules walaupun sdh dikasih obat melalui anal)..akhirnya dokter memutuskan histereskopy ulang keesokan harinya dengan anestesi..dan prosedurnya yg dijalani periksa darah..rontgen..dll..keesokan harinya sy pun hesterescopy dan hasilnya alhamdulillah bagus..alias kameranya udah bisa masuk ke rahim..

  2. dersy 04/05/2014 at 05:43 #

    Hallo anis,,aq nyari cerita lanjutan nya kok ga nemu ya..
    Cm nyampe histerokopi yg ke3,,kuret nya ga di post kan lg ya..?
    Minta no whatsapp nya dong..
    Mo berbagi cerita nih..

  3. winnymirza 27/03/2014 at 03:00 #

    mbak, bole minta yahoo messenger ga? atau pin bb bole deh ^^

  4. Ririn 14/03/2014 at 01:27 #

    Aduh skit banget ya mbak??? Rencanax malam ini sya mau dgituin. Sma g ya dsitu sma d jayapura

    • zoothera 14/03/2014 at 01:29 #

      Sakitnya cuma pas kameranya dijalanin aja kok, mules mules gitu. Tp msh bs ditolerir kok sakitnya. Kalo proses histeroskopi kmgkinan sama ya

  5. michelle 29/09/2012 at 13:52 #

    mba zoothera bole minta ym / email / pin bb nya. tks

  6. Dede 18/06/2012 at 04:47 #

    Dear Mba Anis,
    makasih ya atas sharingnya berguna banget buat saya..mau sharing aja kemaren saya jg abis histeroskopi hasilnya sama dengan mba anis, dirahim sy ada kaya rumput laut warnanya putih dan itu harus dikuret biar bersih😦 mba anis jg dikuret???? masalahnya sy udh 3x dikuret (keguguran) sempet khawatir jg sering dikuret, tp kt Dr. Budi gpp.. biaya histereskopi kmrn abis 1.8an..tetep semangat yaa😉

  7. Tika 13/06/2012 at 05:46 #

    Mba Anis, rencananya saya juga mau histeroskopi nih di Klinik Yasmin,,terima kasih sebelumnya saya bisa baca sharing-an pengalaman dirimu…
    Btw, itu histeroskopinya gak sekali ya?? berkelanjutan kah?? Kemarin sempet nanya biayanya sekitar 5-6 jutaan, Nah kalo sampe berkali-kali,,,mayaaannn booowww😀
    Soalnya kata dokter saya juga saya mau ditranplant selaput ketuban di dinding rahim saya….Kira2 sama gak yah prosesnya?? Penasaran sebelum benar2 kesana…🙂

  8. Yara 03/02/2012 at 11:41 #

    dear Zoothera ..

    senangnya bisa nemuin blog ini ,, thanks for sharing ya ^V^
    selasa besok aku mau histeroskopi , di Klinik yasmin juga ,,
    wismilakkkk yaahh ,, >_<

  9. Imelda 24/01/2012 at 12:24 #

    Thanks for sharing this. Aku baru mau histeroskopi Jumat besok. No clue akan menghadapi apa, untung ketemu blog ini. Jadi ada bayangan akan diapain aja🙂 Seneng menemukan orang yang senasib sepenanggungan🙂

  10. Mama Rani 11/01/2012 at 17:22 #

    Dulu pernah dishooting juga. Tapi yang disyuting daerah dalamnya hidung. Istilahnya ‘endoskopi’. Kalau yang ini gak sampai bikin mules sih (ya iyalah, gimana mau mules, lah di hidung gitu kok). Mules enggak, tapi sementara selang shootingnya masuk saya disuruh tahan napas ;D

    *Lanjut baca episode berikutnya*

  11. Jennie 07/12/2011 at 06:40 #

    Anies lam kenal y…..jd penasaran nih ngikutin cerita sinetronnya.. ☺. Aq jg br insem di Yasmin tgl 21 Nov kmrn, tp gatot niyy…:'(☆µħµ☹µħµ☹µħµ☆:'(…seru banget narasinya, ga sabar nunggu postingannya…cepetan yaa (maksa.com)😀 “̮♡hϱ♡hϱ♡hϱ♡”̮:D

    postingan selanjutnya masih tersimpan manis di draft hehehee, belum kesempetan diselesain.. insya Allah asap

  12. rika 06/12/2011 at 01:49 #

    anies..gmn kelanjutan cerita histeroskopinya….kalau boleh aku tau berapa biayanya sampai injeksi yang untuk 6 hr itu dan yg bln depannya kamu blng balik lagi untuk histeroskopi berikutnya..?

    • zoothera 06/12/2011 at 08:43 #

      Kelanjutannya masih di draft nih hehehe, belom sempet nerusin critanya, tapi pasti akan kuposting.
      Untuk biaya histeroskopi kemarin sudah plus obat injeksi 1 minggu sekitar 2.9jt. Untuk histero berikutnya, skrng aku lagi masa period nih.. jadi tunggu bersih, rencananya hari sabtu besok bikin janji ke yasmin.. smoga dr Budinya ada

  13. yoan 25/11/2011 at 08:21 #

    mbak anies… aku speechless… *peluk mbak anies lama2*

    • zoothera 25/11/2011 at 10:17 #

      Huhuhuhu iya yo belum rejeki nih.. Doain ya bulan depan pas periksa lagi infeksinya udh ilang

  14. bintangtimur 22/11/2011 at 22:51 #

    Anies, gimana sekarang?
    Masih berproses-kah?
    ikut ngedoain aja smoga semua berjalan lancar dan berhasil seperti yang diharapkan…bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian😉

    Ehm, jadi makin paham deh apa yang dimaksud histeroskoi…nggak segampang yang saya bayangin deh, Nies…tapi apapun itu, mudah-mudahan ini adalah langkah awal menuju sesuatu yang diinginkan…

    • zoothera 24/11/2011 at 00:03 #

      Iya mba Irma, insya Allah masih semangat nih sampai titik akhir kemampuan aku & suami.. Kmrn sminggu diobatin antibiotik, bulan depan balik kontrol u/ dihisteroskopi lagi.. Makasii doanya mba Irma, semoga endingnya bisa senang apa pun itu takdirnya, jadi ga susah terus ehehhehe

  15. Lyliana Thia 18/11/2011 at 10:26 #

    aiih NIs… gw ikutan mulis bacanya…

    gw dulu jg pernah diobok2 pas mau pasang KB… kagak berhasil… smpe skrg gw kagak pake KB.. biarlah… the natural way aja…

    emang nasib perempuan ye… diobok2 bgitu…😛

    Duh Niiiih… harapan gw jg moga2 bener bulan depan lo hamil yaaa…. Amiiiin….

    Iyahh… nasib nasib jadi perempuan.. iyalah kalau KB justru bikin menderita mendingan ga usah hehehe sotoy.. amiin untuk doanya

  16. Asop 18/11/2011 at 09:20 #

    Mbaaaaak saya bersyukur Mbak nggak kenapa-napa…😥

    Saya selalu mendoakan semoga Mbak baik-baik selalu…😳

    • zoothera 18/11/2011 at 13:18 #

      Insya Allah bisa sembuh. Minta doanya ya sop.. ;))

  17. Puteriamirillis 18/11/2011 at 04:36 #

    mbakku, perjuanganmu luar biasa mbak, saya ampe meringis2 membacanya, abis detail banget, sip deh.
    mudah2an cepet dapet momongan ya mbak. amiin. eh rumahmu diamanakah? kopdaran yuks.

    • zoothera 18/11/2011 at 05:40 #

      amiiinnnn… makasih mba Pu’
      soal kopdaran, aku balas langsung ke “rumah” mba Pu’ yaa… segera meluncurhhh

  18. Pakde Cholik 17/11/2011 at 23:38 #

    Wah jadi nambah pengetahuan nich saya.
    Berapapun episodenya semoga nduk menjadi sehat dan segera mendapatkan momongan. Amiin

    Sangking rincinya, saya seolah-olah ikut main di sinetron ini.
    Enaknya ya jadi dokter. ha ha ha ha ha

    Salam hangat dari Surabaya

    • zoothera 17/11/2011 at 23:50 #

      Ralat pa’Dhe nyang dokter mah babe-enyak mertua aye, kalo aye mah mantan editor yg skrg lg coba peruntungan di dunia frilen + sdg menyiapkan diri u/ terjun jadi guru TK… Amiiinnnnn bgt doanya, semoga nanti anak saya aja yg jadi dr ngikutin jejak eyangsnya amiinnnn

    • zoothera 17/11/2011 at 23:53 #

      Bgitu selese komen, trus baca ulang komen pa’dhe kokkk baru engeh klo yg salah ngatri itu aq hahahahah…
      Iya iya skrg paham maksud kata2 pa’dhe “enaknya yaa jadi dokter (kandungan kali maksudnya) Ha Ha Ha”

      • Pakde Cholik 18/11/2011 at 11:24 #

        Iyeeee….itu maksudnyeeeee…….
        Bekerja di daerah situ kok duitnya banyak ha ha ha ha
        gak kuku deh……..

Leave a Reply

