Raib sudah data di akun friendsterku…. *sedih*

11 Nov

Bermula dari rencana meng-copy semua tulisan yang ada di blog akun friendster, multiply, atau notes di facebook..

Kalo multiply dan facebook tidak ada masalah sama sekali, tapi ohhh nooooo begitu saya meluncur ke akun friendster kenapa tampilannya jadi beda tenan dan tetewwww semua data saya tidak ada di sana.

Penasaran dong, saya ikutin aja petunjuknya, tapi oh tapi ternyata saya malah digiring untuk membuat akun baru dan jadinya malahan seperti di bawah ini…

akun saya jadi begini

Ya, hanya berupa avatar dan sepertinya aplikasi ini sudah difokuskan untuk nge-game aja.

Panikk dan kalang kabut pastinya..

Akhirnya saya cari-cari informasi mengenai kenapa-kenapanya trus nemu tulisan ini.

Dari situ saya baru tahu kalau pada bulan Mei Friendster ngirimin email ke semua penggunanya untuk menyelamatkan data-data di friendster karena per akhir mei 2011 semua data, baik foto,testimonia,blog,dll akan dihapus secara permanen..

Wedeww,,,gimanah inih, email yang saya pakai untuk login di FS udah lama banget ga pernah saya buka lagi, jadi yaa sudah barang tentu saya kelewatan info berarti macam bgini..

Di tulisan tsb dikasih link mengenai penyelamatan data dan dari situ saya menjumpai tampilan di bawah ini

opppsss

Kemudian saya ikutin dong petunjuk untuk meng-click-here nya.. dan mencari-cari info barangkali aja saya masih bisa membekapnya.

Di situ ada beberapa pertanyaan seputar hal-hal yang saya cari dan yang pertama saya klik adalah pertanyaan ini

4.10. Where did the photos, blogs, comments, testimonials and all the other content in my old Friendster profile go?

dan jawabannya….

As part of the reformat of the site, we had to remove some of the content of your profile including the photos, albums, blogs and most parts of the profile like the “more about ” info, comments and the testimonials. All these data had been deleted and can no longer be retrieved.

Pertanyaan 1

Saya coba klik satu pertanyaan lagi

4.11. Can I still retrieve my photos, messages, comments, blog and other info from the old Friendster

dan jawabannya…

No. The profile info, photos, messages, comments and blogs from the old Friendster had been deleted. Sorry but there really is no way to retrieve your old data.

pertanyaan2

Huwaaaa….*nangisgerunggerung*😥😥😥😥

Jadi, kesimpulannya sudah tidak bisa lagi….

You (FS) … Me … END

Semacam putus cinta saya ngerasanya inih..

Bagaimana tidak,

Di dalam sana banyak banget kenangan yang sepertinya sayang kalau sampai hilang tak berimba..

Testimonial yang lucu-lucu dari temen-temen (baik sahabat dekat, temen SD-kerja, sampai ke orang-orang yang baru kenal), foto-foto lama yang barangkali sekarang udah ga ada arsipnya, serta tulisan-tulisan saya yang masih pingin banget saya baca ulang dan ga tau deh arsipnya ada di mana.

Sepertinya, ini kali kedua saya merasakan hal semacam ini.

Beberapa tahun lalu, saya harus merelakan kehilangan file berisi kumpulan surat cinta dari “mantan pacar” (sekarang suami) yang merupakan balasan-balasan dari surat-surat yang saya kasih ke dia (sampai sekarang  suami masih menyimpan dengan apik).

Jadi ya, dulu kan saya dan “mantan pacar” masih menjadi bagian ABG yang gaya pacaran + curhat-curhatannya lewat surat.

Nah, biasanya nih, kalau kita berdua lagi mau nostalgia, saya dan “mantan pacar” tuh janjian untuk bawa masing-masing file surat yang kami punya.

Dari situ kami jadi bisa melacak mana surat-surat yang memang merupakan surat berbalasan trus kita pasang-pasangin deh…. dari situ juga kita jadi bisa saling koreksi dan merefleksi semua kejadian yang sudah kami laluin *doohhhh sedihhhh kalo inget-inget lagi*😦

Satu bundel looseleaf berisi surat-surat itu tidak selamat karena banjir besar yang melanda rumah bapak saya. Padahal, file itu sebenarnya udah saya taro di tempat yang menurut saya paling aman, tapi apa mau dikata ternyata banjirnya heboh nian dan melewati area penyimpanannya😥😥

Kehilangan surat-surat ini memang sempet bikin saya nangis darah, karena itu berarti saya harus mengikhlaskan satu per satu helaian kertas basah berisi kata-kata cinta dari “mantan pacar”.

Dengan berat hati saya pun membuangnya ke tempat sampah.. karena selain udah susah terbaca, baunya juga tak sedap terkena air banjir.

*tarik napas dalam-dalam*

Hemm,,,

ya sudah lah, nasi sudah menjadi bubur basi..

Sudah ga bisa diapa-apain lagi.

Sooo…Goodbye friendster..

Terima kasih ya..udah pernah menjadi bagian yang sangat berarti dalam menemani masa-masa ababil saya🙂

Friendster tinggalah kenangan


Pesan Moral: Hayooo mulai dari sekarang membiasakan untuk membekap semua-mua data yang sifatnya online dalam pc, laptop, Hardisk Ext, disimpan dalam folder khusus di email pribadi yang insya Allah (kalau emailnya ga dihek orang) bisa kapanpun/dimanapun kita akses, atau kalau perlu diprint (sapa tau suatu saat bisa dijadiin draft naskah yang layak untuk dikirim ke penerbit).

Just wondering, kira-kira fesbuk bisa bernasib sama seperti ini ga ya?

10 Responses to “Raib sudah data di akun friendsterku…. *sedih*”

  1. Boy Wisnu Hardiyanto 08/02/2014 at 02:00 #

    selamat tinggal fs wolcome facebook, kengan masa itu terkenang di memory abadi q yaitu otak dan hati, good bye🙂

  2. Chaidir 05/07/2013 at 10:50 #

    Jadi sedih juga rasanya.. Karna lumayan banyak kenangan di friendster waktu itu!!😦
    Yang paling berkesan disitu awal saya kenalan dengan seseorang.. yang smpai saat ini masih ada hubungan dengan dia..😀
    Huuuuh…😦

  3. dian 17/11/2011 at 16:44 #

    aku malah baru liat account fs ku.. hiks… nangis juga liat nya.. lg pengen liat foto2 jadul eh dah pada nga ada… sedih banget..

    • zoothera 17/11/2011 at 23:47 #

      *nangis lagi kalo inget*
      Iyahhh sedih bgt yaaaa, tp apa bole buat.. Gitu bgt sih frenster ga frenli bgt😦

  4. Lyliana Thia 12/11/2011 at 18:17 #

    Ah Nis, yg penting kan kata2 romantisnya smpe skrg ngalir terus,, hehe…

    ohya, tulisan di blog jgn smpe ilang loh… bikin backupnya Nis… di save page aja klo gw.. trus gw taro folder.. hehe… old style… gmn ya cara canggih bikin backup blog?

    • zoothera 12/11/2011 at 18:59 #

      Aminnn… eh tapi kayanya kalo kata romantis dari angga agak2 susyehhh ly, secara doi orangnya paling pelit sama omongan2 yang romantis.. makanya tuh surat2 dari angga menurut gw berharga/keramat banget karena duluuuuuu banget untuk nyuruh n akhirnya membiasakan dia untuk nulis surat susyeeehhnya minta ampun.. skarang aja mana pernah mau :hehehehe:

      Untuk bekap data ke PC bisa sihh lewat menu export trus diunduh tp bentuk filenya .xml gitu dan biasanya diperuntukkan kalau kita mau import ke blog lain.. kalo dari PC gw belom nyoba bisa apa ngga ngebuka filenya

  5. th3sea 12/11/2011 at 15:50 #

    wah… jadi inget lagi sama fs… apa kabar ya account fs ku qiqiqi…
    bahkan email + passwordnya apa juga sudah lupa🙂

    • zoothera 12/11/2011 at 18:54 #

      ya nasibnya sama pastinya, udin raibhh…😛
      Padahal lucu juga tuh kalo bisa ngebekap semua testimoni2 yang ditulisin buat kita, kalo dibaca ulang satu-satu pasti kocak-kocak deh

  6. monda 12/11/2011 at 05:01 #

    oh iya, pernah denger teman2 ributin akun FSnya
    sayang banget nggak sempat tersekamatkan ya, kalau gitu apa tulisan kita di wp ini diselamatkan juga ya sebelum ada kejadian seperti itu

    ntar ajarin caranya ya Nies

    • zoothera 12/11/2011 at 05:11 #

      Iyaa sebaiknya diexport aja filenya ke email setiap posting atau dicopas ke arsip atau ya itu diprint out hehehe…
      soalnya udah bbrapa hari ini lagi sibuk bebenah blog, coba2 mengarsip file dari pertama kali ngeblog.. alhamdulillah semua udah keimport walaupun belum dirapihin.. cuma ya itu nyeselnya yg blog di FS blom sempet dipindahin, padahal di situ banyak cerita mengenai persiapan nikah, anniversary pertama sampai pengalaman pertama ke dokter kandungan😥
      Tapi ya mau bagaimana lagi…🙂

Leave a Reply

