Dan ini jawaban dari ikhtiar itu….

10 Nov

Klik gambar untuk tau dari mana saya dapat foto ini

Sepertinya saya masih mau menceritakan hal-hal yang berbau kegalauan..

Kalau kemarin saya menceritakan satu babak galau di masa lalu, hari ini saya menceritakan satu babak galau di saat sekarang.

Kalau seandainya cerita saya di bawah nantinya bikin aura yang kurang menyenangkan… maapkeun yaaaakkkks😉

Gagal inseminasi….

Ya, ini yang mau saya ceritain sekarang ini.

Sepertinya, Allah masih kepingin menguji keikhlasan saya dan suami melalui hal ini.

Di cerita sebelumnya, yang sudah saya ceritakan di sini , tgl 25 Oktober lalu atau tepatnya 2 pekan dari sekarang, saya dan suami mencoba berikhtiar untuk memperoleh momongan melalui program inseminasi.

Memang, sejak memutuskan untuk mengikuti program ini, kami sudah menyiapkan kondisi (baik secara materi maupun mental) untuk menerima apapun itu hasilnya. Tapi tentu besar harapan kami, program ini bisa sukses dan saya bisa dihamili.

Tapi, ternyata rejeki masih belum bisa kami rengkuh dan ini sedikit kronologis ceritanya.

Selasa, 25 Oktober 2011

Walau dalam kondisi yang kurang fit (sedang batuk berat), eksekusi inseminasi dilakukan di Klinik Yasmin Kencana.

26-31 Oktober 2011

Saya berusaha mengoptimalkan ikhtiar dengan lebih banyak beristirahat, berdoa, dan berpositif thinking dalam segala hal agar tetap optimis kalau-kalau sel sperma suami saya sudah berhasil membuahi sel telur di dalam rahim saya.

01-04 November 2011

Saya sudah melakukan kegiatan seperti biasa seraya terus berdoa dan memohon hajat kami dikabulkan.

Sejauh ini saya mulai ngerasain gejala-gejala hormonal yang menurut saya mungkin hanya sugesti dari orang-orang yang memang sangat kepingin bisa hamil.

Sabtu, 05 November 2011

Saya ikutan puasa hari Arafah, yaitu puasa 1 hari menjelang Idul Adha.

Sekitar setengah 5 sore, saya ke kamar mandi untuk buang air kecil dan mengambil wudhu untuk kemudian salat asar. Tapi, saya menemukan satu titik bercak berwarna cokelat tua di CD saya.

Kaget tentunya..

Saya langsung berhitung mundur ke tanggal haid pertama saya di bulan lalu. Hmmm.. memang sudah seharusnya masuk ke siklus periodik saya, yaitu hari ke-28.

Tapi, karena saya merasa itu bukan darah haid, saya masih melanjutkan puasa dan salat seperti biasa.

Sampai sini saya belum berani cerita ke suami karena masih memiliki harapan kalau itu hanya flek biasa dan saya masih berpositif thinking kalau inseminasi yang saya lakukan berhasil.

Minggu. 06 November 2011 (hari ke-29 siklus saya)

Karena dari semalam kondisi CD saya bersih, saya tetap melakukan salat idul adha dan memang sampai waktu isya tidak keluar flek sama sekali.

Senin. 07 November 2011 (hari ke-30 siklus saya)

Sekitar pukul 08.00, muncul lagi flek itu dan yang bikin saya khawatir adalah fleknya bukan hanya berwarna cokelat, tapi juga disertai sedikit cairan berwarna darah *yang menurut saya itu sudah tidak wajar*.

Langsung saya SMS ke dr Budi

Pagi dok, maaf ganggu sebentar. Saya mau nanya, hari sabtu kemarin saya keluar flek cokelat tua dan sekarang masih muncul lagi. Apa kemungkinan inseminasinya tidak berhasil ya dok dan itu berarti saya akan haid? mohon infonya dok, terima kasih.

Selang beberapa menit dari saya sms, dr Budi nelp ke HP dan saya ceritakan ulang isi SMS serta kekhawatarin saya. Beliau tetap tenang dan malahan menyuruh saya untuk tes urin 2 hari ke depan (dalam hitungan siklus saya berarti hari ke-32). Seandainya memang beneran haid, dr Budi meminta saya untuk datang di hari ke-2 haid.

Dari sini, saya baru berani ngabarin ke suami dan sudah pasti hal ini menjadi bagian yang paling saya benci karena otomatis bikin saya mewek sekaligus ngerasain yang namanya perasaan bersalah karena belum berhasil hamil.

Untungnya perbincangan dengan suami hanya melalui BBM, jadi suami ga tau kalau saya ngetik omongan sambil nangis-nangis.

Saat itu, saya minta maaf ke suami. Tapi, suami saya bilang “Ga usah pake minta maaf, kita usaha lagi ya..”

Dari situ saya langsung masuk kamar, ngunci pintu, dan nangis sejadi-jadinya… Meratapi ketidakberuntungan saya dan merenungi kira-kira penyebabnya. Apa karena batuk saya yang waktu itu memang terbilang parah atau karena kualitas sel telur saya yang kurang bagus.. dan so on dan so on yang memang makin bikin saya merasa menjadi perempuan yang paling iba.

Tapi, syukurnya itu hanya kejadian paling lama 2 jam…

Selanjutnya, saya berusaha untuk  mengikhlaskan dan semaksimal mungkin tidak patah arang untuk kembali melanjutkan ikhtiar…

Sebisa mungkin saya cari penguatan biar ga semakin terpuruk, misalnya dengan blog walking, dengerin lantunan ayat-ayat Al-quran, dan cari-cari info di komunitas yang bernasib sama dengan saya.  Alhamdulillah, it works..

Saya bisa ga sedih lagi sehingga malam harinya begitu suami pulang, dia ga nemuin muka saya yang lagi sedih.. alias sudah kembali seperti semula.

Selasa, 08 N0vember 2011

Menstruasi saya sudah mulai lancar seperti biasa dan saya menganggap hari ini sebagai hari pertama siklus haid karena kemarin memang hanya berupa flek-flek cokelat+sedikit kemerahan yang munculnya kadang-kadang.

Saya pun langsung membuat janji melalui website klinik yasmin untuk kontrol besok.

Rabu, 09 November

Janjian sama suami di Klinik Yasmin jam 3 sore..

Sebenarnya dapat antrian awal jam stg 3, tapi saya minta diskip aja soalnya suami minta ditungguin.

Jam 3an, akhirnya masuk ke ruangan dr Budi..

Ternyata di dalam ga cuma ada dr Budi dan perawat, tetapi ada 1 orang anak bimbingan dr Budi yang lagi observasi. Syiaul ikutan ngeliat deh tuh prosesi USG gueh *sigghhh*

Dari hasil USG, dibilang sel telur saya sudah oke dan sepertinya dr Budi sudah biasa banget nanganin pasien inseminasi yang gagal kaya saya ini, tidak bermasalah apa-apa, tapi memang belum rejeki katanya🙄

Selanjutnya, dr Budi menjadwalkan saya untuk meneropong rahim (istilah mediknya histeroskopi) setelah haid saya bersih, dan saya memilih hari Selasa pekan depan (15 November 2011).

Tujuan histeroskopi untuk memastikan apakah rahim saya baik-baik saja atau memang bermasalah.

Semoga tidak bermasalah ah…

Mohon bantuan doanya yaaakks supaya saya dan suami tetap semangat menjalankan program ini semaksimal kemampuan kami.

Oiya, kemarin waktu nyari-nyari kata-kata untuk menguatkan keikhlasan hati, saya nemu quote yang menurut saya bagus dan sangat cocok untuk orang-orang yang mengalami hal serupa seperti saya… cekidot

“Sometime when we want something,  God still says WAIT!. Then He’ll give you the best in His own time”

28 Responses to “Dan ini jawaban dari ikhtiar itu….”

  1. nia 24/12/2014 at 11:27 #

    Hye anis salam kenal

    Ane nia asli betawi juga nih,hehehe. Dan kebetulan ane nemu blog ente mpo,ane juga lagi program sama dr.budi di yasmin. Hari ini ane baru aja insem mpo,minta doa nya ya mpo semoga insem nya berhasil. Oya mpo,ane penasaran ama kelanjutan cerita mpo sampai bisa hamil. Setelah histeroskopi?? Gmn kelanjutan nya mpo,boleh minta email nya ga mpo. Siapa tau bisa berbagi pengalaman,ane juga pas insem keluar darah mpo. Kata susternya gpp,itu darah luka aja krn alat msk ke rahim. Masih harus menunggu 3 minggu ke dpn,semoga Allah swt memudahkan segala hajat kami. Aaamiiin allahuma aamiin

  2. Yuni Afriani 14/01/2014 at 13:38 #

    Bun zoothera gmana programnya smpe saat ini? Apa sdh ada hasilnya?

    • zoothera 15/01/2014 at 13:18 #

      Alhamdulillah sudah mba, anak saya “Arsy” sudah umur 14 bulan awal Januari ini.

  3. The Mardensyah Kingdom 17/05/2013 at 09:35 #

    Salam kenal Mbak,
    Terdampar disini setelah googling program2 hamil.. Hehee.. Sabar ya mba, saya juga merasakan yang sama ketika tamu bulanan datang tak diundang. Say blm sampai insem sih, masih terapi obat, test hsg, dan akupuntur aja.. Masih blm berani utk insem. Semangat mbak, semua indah pada waktunya. Kita hanya harus bersabar🙂

    • zoothera 15/01/2014 at 13:17 #

      Alhamdulillah November 2012 penantian panjang saya dan suami berbuah manis. Kami dipercayai seorang buah hati yang kami beri nama Arshiya Raisha Rizkiantoputri ak Arsy.
      Semoga sukses yaa programnya dan bisa merasakan waktu Allah yang indah amiinnn

  4. baju muslimah bandung 18/11/2012 at 22:04 #

    Pasti nanti saatnya tiba, luruskan niat dan sempurnakan ikhtiar, insyaAlloh akan berbuah manis, semangat..salam kenal

    • zoothera 15/01/2014 at 13:18 #

      Amiinnnnn… Alhamdulillah berbuah sangat manis.. salam kenal juga

  5. meri 10/02/2012 at 23:27 #

    Sabar Чα”̮.. Mba… ɑ̣̇ќǚ jg ingin sekali py baby,tp smp sekarang blm… Pdhl ɑ̣̇ќǚ dah ikutin semua saran2 dokter… Tp Tuhan tau waktu yg terbaik,,, berusaha äπϑ berdoa ªĵª Чα”̮.. …pasti Tuhan kasih…

  6. Mama Rani 11/01/2012 at 17:12 #

    Sabar yo mbak😉
    Abis baca postingan sebelumnya, terus lanjut baca postingan ini, saya langsung gak bisa ngomong apa-apa.
    Salut dah sama kesabaran, semangat, dan ikhtiar mbak *pelukpelukpeluk*

    Insya Allah ada rencana yang lebih maknyuss dari Allah🙂

  7. yenioctav 05/01/2012 at 03:57 #

    Salam kenal..
    aqu suka semangat Mba, suka dgn tata cara penulisan & bahasanya ^^
    semangat ya mba🙂 Insya Allah rejeki itu akan tiba🙂 Amin
    -@yenioctav-

    • zoothera 15/01/2014 at 13:20 #

      Aloowww jeng yenioctav… baru buka buka blog lagi nih.
      Kita udah kenalan kan yaaa hehehhee
      Makasihh udah mampir

  8. anisa 06/12/2011 at 11:38 #

    Salam kenal mbak.
    Kita senasib n seperjuangan mbak…seminggu Чǝлg lalu aku habis proses insem dannnnnn ternyata aku mens mbak,perasaanku sama spt mbak…mungkin اللهِ masih menguji kesabaran kita mbak…..mb invite bb saya dong biar bisa sharing 27788f85

    • zoothera 06/12/2011 at 12:43 #

      Salam kenal juga Anisa, sabar yaa jeung aku bisa banget ngerasain perasaan anisa (eh namanya sama, tp panggilanny apa kah?) dibawa positif aja yakk.. insya Allah suatu saat tiba giliran kita ngerasain gendong bayi sendiri.. oke deh, aku invite yaa pinnya

  9. Gita 16/11/2011 at 07:01 #

    hiksss…sedih bacanya…keep trying yah mba…mudah2an terus dikasih yang terbaik olehNya…. Aamiin😀

    • zoothera 16/11/2011 at 07:21 #

      Amiiinnn….Amiiinn… makasi ya gita…… Oiya, barusan follow twitter yakss?

  10. monda 12/11/2011 at 05:14 #

    Peluk Anis, sabar ya….
    yang penting ikhlas dan tawakal ya, tetap berbaik sangka dan terus berusaha

    • zoothera 12/11/2011 at 15:49 #

      makasi bunda.. insya Allah bisa ikhlas, ikhtiar, dan tetap semangat seoptimal yang kita bisa.. amin

  11. Pakde Cholik 11/11/2011 at 04:17 #

    Teruslah berikhtiar dan berdoa nduk
    Semoga diijabah Allah Swt.
    Link sudah saya pasang di Blogcamp yaaaa

    salam hangat dari Surabaya

    • zoothera 11/11/2011 at 04:52 #

      Iyahhh pakdeh,,,, انشاء الله terus berikhtiar dan tetap semangat.. Aminaminamin..
      Oiya, makasiy udh naro link zoothera di blogcamp pakde.. Matur nuwun *org betawie sok ngomong jowo*

  12. Ayk 11/11/2011 at 03:16 #

    zoothera *maaf belum tau harus manggil siapa*
    Speechless sih sebenernya nggak tau harus komentar apa *tapi kalo rasanya seperti apa, aku bisa ngerasain kok*, jadi I’m here to give support aja lah ya, semangaaaaaaat bu!!!

    • zoothera 11/11/2011 at 03:30 #

      Alow mba Ayk, gapapa ko dipanggil zoothera asal jangan dipotong jadi zoo ajah😆
      Makasiyy supportnya.. sebenrnya males sih nulis cerita yang temanya model bginian mulu, tapi sekadar untuk mencatat history jadi mau ga mau deh.. berharap suatu waktu, tulisan ini bisa berujung pada tulisan yang happy ending.. kaya cerita2 ala negeri dongeng gitu mba hehee
      SEMANGKA… Semangat KAKA… *KakaAkin nengok*

  13. kakaakin 11/11/2011 at 02:57 #

    Sabar ya, Mbak…
    Mungkin Allah akan memberikan keindahan pada usaha selanjutnya🙂

    • zoothera 11/11/2011 at 03:15 #

      Amiiinnn ya Rab.. Semua akan indah pada waktunya.. semangathh

  14. Lyliana Thia 10/11/2011 at 18:21 #

    Aniiis… *peluuuukkk*
    don’t know what to say… Anis lebih mengerti ttg suatu perasaan yang namanya ikhlas…

    • zoothera 11/11/2011 at 03:17 #

      Makasiiyyy li, bantu doain gw ya ly supaya bisa terus ikhlas dgn apapun itu yang Allah narasiin di kehidupan gw n angga..

Leave a Reply

