Belajar jadi ahli syukur

1 Nov

Diambil dari googleimage {klik GB u/ Link Asli)

“….Sesungguhnya, jika kamu bersyukur, pasti AKU akan menambah (nikmatKU) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmatKU) maka azabKU sangat pedih” {QS Ibrahim:7)

Percayalah, hanya dengan menjadi orang yang selalu merasa brsyukur terhadap apapun dan berapapun rejeki/nikmat yang dikasih اَللّهُّ  kepada kita, kita dipastikan tidak akan pernah berada dalam kerugian, selalu untung berlipat-lipat malahan. Hal ini dijamin 100%  oleh Allah dalam ayatNYA seperti terkutip di atas.

Karena apa? Karena selalu merasa bersyukur atas rejeki/nikmat yang kita dapatkan adalah kunci  yang dapat membuka pintu-pintu rejeki/nikmat yang lainnya.

ASALKAN, ya itu tadi kita harus bisa selalu bersyukur atau dengan kata lain menjadi ahli syukur.

Sebagai manusia yang memercayai bahwa semua rejeki/nikmat sudah diatur sama اَللّهُّ maka kita tidak diperkenankan merisaukan rejeki/nikmat yang belum ada atau belum kita punyai (cuma bikin setres ini mah). Justru, yang patut kita risaukan adalah bila kita lalai dan enggan untuk mensyukuri rejeki/nikmat yang telah kita terima, sekecil apapun itu.

Dari hasil baca-baca, saya dapat tambahan info kalau ternyata untuk menjadi seorang ahli sykur itu ada syarat-syaratnya loh. Berikut kurang lebih 4 syarat yang sumbernya saya ambil dari beberapa tempat.

  1. Meyakinkan hati bahwa segala sesuatu adalah kepunyaan اَللّهُّ .
  2. Memanfaatkan rejeki/nikmat yang diterima dari Allah sebagai media untuk selalu mendekatkan diri pada اَللّهُّ.
  3.   Selalu mengucap الحمدلله ربِّ العلمي.
  4. Selalu memuji اَللّهُّ dalam kondisi apapun, baik senang maupun susah.

Insya Allah yaaa dengan mengamalkan 4 syarat di atas, perlahan-lahan kita bisa menjelma menjadi pribadi yang rendah hati, tidak dengki/iri hati, murah hati, selalu merasa “berkecukupan”, dan yang terutama tidak kufur nikmat.

Menurut saya, memang tidak ada hal yang lebih indah selain dari merasa selalu “berkecukupan”.  Itulah alasan saya mengapa kepingin terus belajar untuk menjadi ahli syukur🙂

10 Responses to “Belajar jadi ahli syukur”

  1. Lyliana Thia 07/11/2011 at 20:21 #

    menjadi ahli syukur itu emang nggak mudah ya Nis… tp alangkah baiknya berusaha semaksimal mungkin…

    itulah gunanya teman, utk saling mengingatkan… thanks for sharing Nis…

    btw, ketemuan yuks…

    • zoothera 08/11/2011 at 01:45 #

      Hayukkk liiii, mau ketemuan kapan?? ketemuan sama lo aja dulu gapapah deh yuk…

  2. moer 04/11/2011 at 15:27 #

    Jadi inget ustad jama-aaahhh… alhamdu-lillaaah.. =D

  3. Halley 03/11/2011 at 01:40 #

    Duhhh senengnya dikunjungin sama blogger yang katanya lagi sibuks ini
    Setujaahhh Asop, kalau bumi dihuni sama manusia yang selalu merasa “berkecukupan” dgn apa yang dimilikin, dijamin akan tentreeemmmmm, betoll bgitoh?

    +1

  4. volverhank 02/11/2011 at 12:26 #

    abis solat pasti ngucapin syukur kan😀

    • zoothera 03/11/2011 at 11:02 #

      Pastinya bosss.. tapi kalo bersyukurnya didobel-dobelin *juga di luar abis sholat* pasti rejeki yang dikucurin sama Allah juga bakalan didobel-dobelin, bukan begitu bukan?😀

  5. bintangtimur 02/11/2011 at 03:35 #

    Sama Aniez, saya juga sedag belajar untuk menjadi orang yang pandai bersyukur…kadang-kadang saya lebih mudah mengeluh dan mengomel daripada mensyukuri berkah yang sudah diterima selama ini.
    Thanks pencerahannya ya!

    • zoothera 02/11/2011 at 04:49 #

      Marii kita terus belajar bersyukur😀

  6. Asop 02/11/2011 at 02:45 #

    MEmang ya, kalo semua manusia itu bersyukur dan ahli syukur, kayaknya gak ada tuh yang namanya koruptor…😡

    • zoothera 02/11/2011 at 04:52 #

      Duhhh senengnya dikunjungin sama blogger yang katanya lagi sibuks ini😉
      Setujaahhh Asop, kalau bumi dihuni sama manusia yang selalu merasa “berkecukupan” dgn apa yang dimilikin, dijamin akan tentreeemmmmm, betoll bgitoh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: