Topiknya kali ini tentang AL-Qur’an…

15 Aug

 

Dari Google image

 

Tulisan di bawah ini adalah Repost dari tulisan di blog friendster saya (ramadhan 4 tahun silam). Tujuannya hanya semata-mata sebagai pengingat kalau saya pernah menuliskan hal seperti ini.

Topiknya kali ini tentang AL-Qur’an…

Kenapa??

Karena ada 3 alasan yang mendasarinya, yaitu:


PERTAMA
Waktu tadi berangkat kerja, persis di pinggir jalan gaharu saya ngeliat ibu-ibu setengah baya dengan pakaian yang kurang layak ngeluarin Alqur’an dari dalam tasnya.. hmmmm “hebat juga yaa tuna wisma aja masih sempat baca Al-Qur’an” Gumam saya dalam hati. Gak lama dari saya berjalan, ternyata bapak-bapak yang menghadap persis ke arah ibu tadi juga melihat hal yang sama dengan saya dan dengan logat bataknya beliau  berkomentar “Wah Punya Alkitab juga orang gila ya?” Hahhhhhhh… orang gilaa???? Masa sihhh??? Akhirnya dengan santai saya ngeluarin joke ringan ke suami yang sedang berjalan di sisi saya “Tuh Hon, masa kamu kalah siyy sama orang gila, orang gila aja masih sempet buka-buka Al-Qur’an” yang diajak ngomong Cuma mesem-mesem ajah🙂

KEDUA
Di dalam angkot dalam perjalanan menuju kantor, saya kan duduk di tempat duduk sisi kiri persis dekat pintu, begitu saya menoleh ke arah kaca pintu mata saya tertumbuk pada salah satu satu stiker iklan bimbingan baca Al-Qur’an yang quote iklannya kaya tag Iklan minuman fermentasi “SUDAHKAH ANDA MEMBACA ALQUR’AN HARI INI?” dalam hati saya membatin, untungnya tadi di bis saya sudah sempet membaca  beberapa ayat dari surat Al-Waqiah walaupun harus berhenti karena dengan “sopannya” kondektur n supir bis mengoper penumpangnya ke Bis lain…..

KETIGA
Secara bulan ini adalah bulan yang suci aliyas bulan puasa, di mana diyakini kalau kita banyak melakukan amalan-amalan baik (di antaranya membaca Al-Qur’an), insya Allah ganjaran kebaikannya akan berlipat ganda. Maka dari itu, bulan ini saya meniatkan diri utk paling tidak setiap hari ngebuka-buka yang namanya Al-Qur’an atau istilahnya tadarusan dan Alhamdulillah saat ini saya sudah memasuki juz 2.

Mungkin setan yang gak senang saya baca Alqur’an akan berkomentar bgini: “Hahhhh baru juz 2??? Kemana aja lo Niesss??? palingan baca Al-Qur’anya cuma musiman ntar abis puasa gak baca lagi”

Sementara malaikat yang baik hati akan berkomentar bgini “Alhamdulillah Anies sudah mo buka-buka dan baca Al-Qur’an lagi, mudah-mudahan bisa terus walopun Puasa udah selesai”..

*Cuma ucapan Malaikat aja yang saya aminin.

Sebenrnya siiih, emang gak cuma pas puasa saya membaca Al-Quran, soalnya paling tidak ada-lah dalam seminggu saya baca Al-Quran walopun hanya terbatas pada surat-surat favorit seperti Yasin, Ar-Rahman, Al-Waqiah, atau surat-surat pendek/doa-doa dari potongan Al-Quran yang emang ada di dalam Yasin Saku, tapi memang kurang afdol sih kan isi Al-Quran bukan cuma itu doang:mrgreen:

Kembali ke kenapa topiknya Al-Qur’an:

Critanya bgini, kemarin waktu sholat magrib, di rakaat keduanya tiba-tiba saya kepingin aja membaca surat Al-Alaq. Jadilah, saya membaca itu surat setelah bacaan Al-Fatihah, tapi entah karena ada setan lewat atau apa tau-tau setelah ayat yang bunyinya “Inna illa robika ruj’a” tiba2 saya ngeblank-blank-blank-blank. Seketika saya langsung istighfar berkali-kali di dalam hati seraya mencari terusannya, tapi ternyata gak berhasil-berhasil juga, yang ada saya malah muter-muter lagi ke ayat-ayat awal. Anehnya, saya berhasil melafazkan ayat terakhirnya yang berbunyi “kala la tuti huwasjud waktarib” Cuma, berhubung saya yakin kalo saya udah ngaco, akhirnya saya gak berani nerusin lagi dan melanjutkan solat *Semoga Allah memaklumi kekhilafan saya*

Kontan usai solat, saya langsung membuka Al-Qur’an pink saya yang memang tergeletak di atas meja rias, langsung deh tuh saya buka surat Al-Alaq dan ya ampuwwnn ternyata saya bener-bener missing hampir separuh lebih dari isi surat Al-Alaq… Astaghfirullah malu-maluin amat dah ah.

Padahal nih, sewaktu memutuskan untuk membaca surat itu, saya pede betul kalo sudah hapal di luar kepala.. Well, kayanya Allah lagi menegur saya deh yang memang sudah agak jarang membuka-buka kalamNya.

Pas saya sadari dan setelah dipikir-pikir, kok surat yang sudah bikin saya penasaran itu kebetulan banget adalah wahyu pertama yang diterima Rasul mana kala Allah memerintahkan Beliau untuk “IQRA” alias “BACA”.

Saya pun akhirnya berpositif thingking kalau Allah memang sudah secara halus mengingatkan saya untuk “IQRA” karena memang dengan banyak membaca niscaya kita akan banyak tahu dari apa-apa yang belum atau tidak kita ketahui.

Mungkin apa yang dibilang Tantowi Yahya di salah satu iklan pemerintah

Orang yang tidak gemar membaca itu dekat dengan kebodohan dan kebodohan itu dekat dengan kemiskinan

berkorelasi dengan perintah Allah ke Rasul agar umatnya gak jadi bodoh yang pada akhirnya menyebabkan mereka jatuh ke jurang kemiskinan….Wallahu alam bishawab

14 Responses to “Topiknya kali ini tentang AL-Qur’an…”

  1. Akhmad Muhaimin Azzet 26/09/2011 at 08:55 #

    alhamdulillah…
    makasih banyak ya atas share yang penting ini
    semoga semakin menyenangi membaca dan mempelajari Al-Qur’an

    • zoothera 27/10/2011 at 12:13 #

      amiinnnn allahuma amiin, trimakasih yaa udah mampir di blog saya🙂

  2. nuraeni 26/09/2011 at 07:21 #

    saya akan mencoba untuk bisa membagi waktu agar belajar dari sekarang
    membaca Qur’an,,
    sebelum kita nanti dibacakan..

    • zoothera 27/10/2011 at 12:33 #

      amiinnn… semoga saya pun bisa membagi waktu dan menyempatkan diri untuk selalu membaca kalamNYA amiinnn🙂

  3. Ayahnya Ranggasetya 21/09/2011 at 04:33 #

    mbak Anies selalu mengalami kebetulan-kebetulan “aneh” yang aku yakini semuanya berasal dari rahmat serta hidayah Allah SWT.

    • zoothera 27/10/2011 at 12:22 #

      Amiinnn.. btw, assalamualaikum mas Dedes ak. Ayahnya Setya, apa kabarnya dunia perblogan?:mrgreen:
      Lama banget rasanya ga ngunjungin blog, sampe2 ga balas komen2 yang masuk..

  4. Hendra Yoga 13/09/2011 at 10:38 #

    Bacalah Al-Quran selagi masih bisa dan berlatihlah terus walau membacanya terbata-bata.

    • zoothera 27/10/2011 at 12:31 #

      positip bangethhhh… setujuh 1000% *acung 2 jempolh*

  5. Bobby 07/09/2011 at 12:42 #

    Baca Alquran itu yang susah bukan melafalkan huruf hijaiyahnya saja ternyata, kalau udah bisa membaca dengan fasih, tantangan berikutnya adalah konsistensi. Pada bulan normal, saya berusaha membacanya setiap hari hanya satu halaman. Saya takut kalau bacanya kebanyakan malah nggak konsisten, karena cuma ngejar kuantitas alias cepet hatam, hehehe… tapi anehnya, bulan puasa kemaren, malah saya jarang baca alquran, habis teraweh langsung online, hehehe.. parah!

    komentar perdana kok panjang ya.. salam kenal deh mbak, salam ngeblog

    • zoothera 27/10/2011 at 12:30 #

      Maap yaaa verry verrrryyy late reply comment…:mrgreen: maapkeunnn.. hayukkk ahhh dimulai lagi rajinin baca Al-Qurannya, walo cuma sekadar 1 atau 2 ayat per hari… bismillah🙂

  6. Asop 15/08/2011 at 13:39 #

    Mbak… rasanya udah lama sekali gak posting ya…🙂

    • zoothera 27/10/2011 at 12:27 #

      Betooollhhh sekali dik Asop, rasa2nya beberapa bulan ini blog saya sedang pengsanhhh😆 tapi insya Allah mulai hari ini sudah siuman lagi dan mulai lagi posting2 n blogwalking…:)

  7. mari kita baca al-Qur’an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: