Konsisten » Keep The Performance on The Track

7 Apr
from goggleimage with keyword konsisten

from goggleimage with keyword konsisten

“Konsisten dong, jangan mencla-mencle, sekarang bilang ini eh besok praktiknya beda lagi!!”

Pernah denger kan dengan ujaran di atas?

Kata-kata tersebut lazimnya terucap dari mulut seseorang yang merasa bahwa lawan bicaranya tidak mampu membuktikan apa yang telah diikrarkan sebelumnya. Memang, menjaga konsistensi merupakan suatu hal yang tidak mudah, terlebih bila sejak kecil kita tidak terbiasa terdidik untuk selalu konsisten.

Sebenarnya, apa sih pengertian konsisten?

Menurut kamus popular Oxford, konsisten merupakan kata sifat yang berarti “always behaving in the same way, having the same opinion, stkitard, etc.

Sementara menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kon·sis·ten /konsistén/ a 1 tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya — dng ucapan. Dari dua pengertian tersebut, secara harfiahnya kata konsisten merujuk pada sebuah ketetapan yang harus sesuai dengan apa yang telah diucapkan.

Dalam dunia karir pun,sikap konsisten idealnya harus dijadikan sebagai prinsip dalam bekerja. Bila seorang karyawan selalu konsisten dan bertanggung jawab pada setiap pekerjaan yang diberikan oleh atasannya, sebenarnya Ia telah membiasakan diri untuk selalu meraih setiap goal dari apa yang telah menjadi targetnya. Dengan demikian, kekonsistenan dalam menjalankan suatu pekerjaan berdampak positif pada terciptanya kebiasaan kerja (work habit) menguntungkan yang dengan sendirinya akan membuahkan integritas kerja yang baik. Boleh dibilang, konsistensi pada akhirnya akan membuat seseorang bekerja dengan cara yang smart.

Lantas, bagaimana bila kita sudah berusaha untuk membangun kinerja dengan penuh konsistensi, tetapi ternyata tetap tidak membuahkan hasil yang maksimal? Bila demikian, jangan takut untuk bangkit, coba lagi dan lakukan kembali dengan seoptimal mungkin. Kerikil tajam dalam perjalanan merangkai sebuah kesuksesan adalah hal yang wajar terjadi. Namun, pada dasarnya bila kita telah mampu menciptakan aura serta etos kerja yang baik yang dilakukan sesuai dengan koridor yang berlaku, maka sejatinya sebuah kemenangan telah diraih jauh sebelum kesuksesan itu datang. Karena, justru di situlah letak kekonsistenan dalam meniti kesuksesan karir.

Mengingat pentingnya sebuah konsistensi demi perkembangan karir, ada baiknya bila kita mengetahui apa saja yang mampu mengondisikan kita untuk menjadi seorang karyawan yang selalu menjaga sikap konsistennya (keep the performance on the track), terutama dalam menjalankan tanggung jawab utama dari pekerjaan yang diberikan. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

  • Dalam menerima tugas, pastikan untuk selalu mendapat referensi dari hasil kerja atau mengetahui dengan jeli apa saja yang menjadi parameter “bagus” menurut kaca mata perusahaan. Selanjutnya, jadikan hal tersebut sebagai target kerja. Buatlah target-target yang kita anggap mampu diraih dalam sebuah list sehingga mudah diacu ketka kita hendak menyelesaikan tugas tersebut.
  • Buatlah pembagian tugas kerja berdasarkan target yang ingin dicapai layaknya membuat SOP kerja. Dengan demikian, tugas utama yang mungkin dirasa berat akan terlihat lebih mudah untuk dikerjakan.
  • Rancang checklist tertulis dari setiap pekerjaan rutin maupun yang sifatnya insidental yang dilakukan setiap harinya. Susunlah checklist tersebut berdasarkan skala prioritas. Dengan demikian, kita bisa fokus pada pekerjaan yang sifatnya urgent dan memang telah menjadi tanggung jawab kita. Bila telah menyelesaikan setiap pekerjaan, pastikan untuk member tanda “selesai” “done” atau hanya sebuah centrangan “ok” dalam list yang dirancang.
  • Upayakan untuk selalu menciptakan sistem kerja yang saling support antara rekan kerja. Dengan demikian, kita bisa saling mengingatkan, mengoreksi, serta menganalisa hasil kerja yang telah dilakukan. Kondisi ini cukup efektif dalam mempertahankan hasil kerja yang baik.
  • Upayakan untuk selalu menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan bisa membuat kita lebih berkonsentrasi pada pekerjaan utama. Hal ini bisa dilakukan dari hal simple seperti merapikan kubikel kerja kita. Untuk itu, singkirkan semua hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dilakukan dari meja kerja kita. Bila perlu, simpan tumpukan dokumen lama yang dirasa masih dibutuhkan sewaktu-waktu ke dalam sebuah kotak dan letakkan di kolong meja.

Jadi, kalau masih kepingin sukses, Yaa Konsisten Dong!

Dari berbagai sumber

Catatan: Daripada tulisan ini cuma ngejogrok di arsip laptop, saya sengaja share di sini barangkali aja ada sedikit manfaat yang bs dipetik. Oiya, tulisan ini saya tulis dalam rangka frilenan dari suami trcinta yg kebagian tugas ngisi artikel di kolom HRD spot u/ majalah kantornya

14 Responses to “Konsisten » Keep The Performance on The Track”

  1. Rido Sandi Atmanto 30/03/2013 at 15:04 #

    setuju banget aku!!!

  2. Pondok Mahasiswa 01/07/2012 at 18:58 #

    Hai..Zoothera Postingnya menarik.
    Berkunjung ya di blog saya

  3. nuraeni 26/09/2011 at 07:29 #

    tergantung orangnya juga kalau masalah konsisten enggaknya…

  4. Putri Sarinande 03/06/2011 at 17:25 #

    gak juga ah. soalnya, saya suka juga dengan “efek terkejut” alias ketidak konsistenan😀
    xixixi…

  5. coekma 25/05/2011 at 04:26 #

    wedew, dan saya pun termasuk orang yang ga konsisten😦

  6. reedai313 12/05/2011 at 04:14 #

    dalam bahasa agama, dikenal dengan istilah ‘istiqomah’..
    artinya kira-kira ‘tak terlampau njeblok dan tak terlampau ke puncak’…
    jadi tetap berada pada standar yang ‘aman’..
    tipsnya menarik dan aplikatif..

    btw, sekarang jarang main ke blog uda, mbak zoo?
    salam sahabat, Uda…

  7. ~Amela~ 12/05/2011 at 03:31 #

    Wah,, bener banget.. kalau mau sukses memang harus konsisten
    tapi sayangnya jadi orang konsisten itu susah, tapi bukan berarti ga bisa..

    Saya berusaha konsisten dalam kebaikan, dan konsisten juga dalam keburukan (konsisten menghindarinya)

  8. bodronoyo 05/05/2011 at 04:03 #

    salam kenal

  9. phiy 25/04/2011 at 16:53 #

    heuheu… jleb. Kebetulan aku lagi labil urusan karir.

  10. Lyliana Tia 19/04/2011 at 07:56 #

    Nis… award untuk lo di blog gw… diambil yaaa… jangan lupa tugas nya hihihi…🙂

  11. Sya 16/04/2011 at 05:01 #

    Duh, kesindir banget nih Mba. Saya masih suka ga konsisten😦

  12. kangmartho 16/04/2011 at 03:37 #

    postingan yg bagus..dan layak jadi bahan renungan

  13. Yan'shu 12/04/2011 at 14:35 #

    mantap…
    menjaga konsistensi akan membuat pekerjaan menyenangkan, meski terkadang sulit..
    keep spirit…!!

  14. Lyliana Tia 07/04/2011 at 09:29 #

    thanks for your info Nis,… yg abis nyelesaiin Kopi… capek nih pasti… met istirahat yah… ditunggu posting2 fresh nyah hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: