my Blog 2010 in review..

5 Jan

Sebenernya, saya mau posting ini sejak pertama kali terima email dari wordpress, tapi baru kesampean sekarang.

Emailnya masuk tgl 2 kemarin, pas baca kirain cuma ucapan tahun baru aja eh taunya ada review khusus tentang blog eike, seru ajah.. 🙂

Dalam urusan perblogan, saya memang bukan orang baru karena dulu-dulu banget pernah bikin di blogspot, friendster, multiply, dan sering jg nulis di notes fesbuk.

Tapi sejak berencana resign dari kerja Mei 2010 lalu, saya jadi tertarik untuk bikin akun di WP.

Karena apa?

  • Pertama, karena waktu itu saya sering banget blog walking dan rata-rata blog menarik yang saya kunjungi itu basecamp-nya di WP.
  • Kedua, sayasering terhibur dengan keramahan para bloger (baik di WP, Blogspot, atau blog beralamat khusus) yang walaupun ga kenal secara emosional tapi bisa saling lempar komentar seakan udah kenal lama, baik cuma melalui ucapan salam kenal, becanda-becandaan, tukar pikiran, sampai kepada saran-saran *tanpa menggurui* yang TOP seputar permasalahan yang diulas di dalam tulisan.
  • Ketiga, kebetulan, temen kantor saya si empunya blog perjalanan kata a.k. yoand yang emang sudah malang melintang di dunia perblogan bilang kalo ngeblog di WP itu gampang.

Berbekal hal tersebut, saya pun kemudian memberanikan diri untuk bikin dan akun di WP dengan sebelumnya ngerasa begok banget karena ga ngerti ngatur widget kaya apa, milih theme yang bagus itu ke’ gimana, atau perihal apa yang harus ditulis.  Meski begitu, akun zoothera ini akhirnya pun resmi meluncur di dumay pada 14 Juni 2010 dengan postingan awal yang saya paksa-paksakan untuk dipublish yang ga’ lain hasil copas-an dr blog resep masakan saya, yaitu tentang resep puding cokelat rameh. Responnya? lumayan ada sih beberapa yang mampir di situ, tapi mereka ga ninggalin komentar ehehheee😆 Sedih? ahh ngga juga, kan tujuan awal bikin blog ini memang bukan untuk mencari popularitas via banyaknya pengunjung atau komentar, tapi cuma untuk ajang curcol, cari-cari temen di tengah waktu senggang kalo lagi ga ada frilenan, atau sekedar iseng-isengan kalo emang lagi ga ada yang bisa diisengin. Sooo the show must go on.

Dari postingan pertama, mulailah sedikit-demi sedikit saya mengapdet tulisan walopun kadang kala ada beberapa tulisan yang terpaksa mendekam di draft karena itu tulisan emang masih mentah dan saya udah ga dapet mood untuk nerusin lagi atau ngga tema tulisannya udah keburu ga aptudet lagi. Jadi, keseringan sih saya jadi bloger pasif yang seringan nyari-nyari link inspiratif yang bisa saya pajang di blog atau menjadi pelanggan mereka sehingga ke depannya saya selalu dapat info apdetan terbaru dan bisa dengan mudah meng-kliknya dari laman blog saya. Walhasil ada beberapa nama teman-teman dumay saya yang resmi bertengger di sini, sebut saja bundadontworry, bunda monda, dan omFir yang tulisannya sangat inspiratif dan cukup konsistenan dalam mengapdet tulisan *saluuttt*, ada Jeng Jeni dan Jeng windya yang sama-sama sedang berusaha untuk segera memiliki momongan, ada Jeng Sya, trus ada mbah jiwo yang akhirnya bisa ngelanjutin silaturahim via bbm atau twitter, atau ada eda, asop, dan kiki yang walau masih muda-muda tapi sangat rajin meluangkan kreativitasnya melalui blog, dan ke depannya mungkin masih banyak lagi link-link baru yang akan saya munculkan di sini.

Akhir kata, berikut review dari wordpress buat blog saya selama pertengahan tahun 2010 yang  bisa dibilang masih seumur jagung ini.

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meter™ reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

A Boeing 747-400 passenger jet can hold 416 passengers. This blog was viewed about 1,300 times in 2010. That’s about 3 full 747s.

In 2010, there were 32 new posts, not bad for the first year! There were 81 pictures uploaded, taking up a total of 4mb. That’s about 2 pictures per week.

The busiest day of the year was December 22nd with 52 views. The most popular post that day was 22 Desember, Dua Potong Kenangan Tentang Ibuku.

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were wwwmysimplelifecom.blogspot.com (blognya jeng Jeni nih), WordPress Dashboard, argunbdg.com (kalo ini Blognya om Fir), perjalanankata.wordpress.com (yang ini blognya yoand) and en.wordpress.com.

Some visitors came searching, mostly for air mata, photobox, magnum walls, es krim magnum, and artikel bawang merah.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

22 Desember, Dua Potong Kenangan Tentang Ibuku December 2010
9 comments

2

Mencoba untuk Belajar Pasrah… (tapi kok ya kenapa susah) October 2010
28 comments and 1 Like on WordPress.com,

3

Tentang Zoothera.. May 2010
23 comments

4

Senin Pagi Yang Hectic Adanya: Urus Jamsostek & ATM BCA November 2010
11 comments and 1 Like on WordPress.com,

5

Wahay Lelaki!!! Belajarlah Sedikit dari Filosofi Burung Parkit October 2010
6 comments and 1 Like on WordPress.com,

11 Responses to “my Blog 2010 in review..”

  1. Asop 13/01/2011 at 02:52 #

    Oooooh temennya Yoan tho??😀😀
    Haha, ternyata…🙂

    Jadi, gak akan tinggalkan wp kan, Mbak?😀

    • zoothera 13/01/2011 at 04:45 #

      Ho oh, yoand yang cantique itu temenkuh *idungnya yoand kembang kempes tuh*
      Insya Allah ga ninggalin WP, malahan semakin semangat inih hihihi
      btw, kenapa blogmu tak bisa dibuka ya sop?😦

  2. ario saja 08/01/2011 at 15:30 #

    semangat terus ngeblognya

  3. Mbah Jiwo 05/01/2011 at 23:17 #

    punyaku pasti kehapus, dikira SPAM hiks…

    • zoothera 06/01/2011 at 15:39 #

      kalo spam bukannya masuk ke folder spam email mbah? coba dicek saja barangkali nyangkut di situ

  4. Sya 05/01/2011 at 09:57 #

    Waduh nama saya juga muncul, jadi malu tapi mauuu😀
    Awal buat blog ga pernah terbayang kalau bakalan punya banyak teman yg baik2 & pintar2. Meskipun cuma baru kenal di dunia maya, semoga persahabatannya bisa langgeng ya Mba.
    Ayo Mba semangat ngeblog!!!

    • zoothera 06/01/2011 at 15:40 #

      Amiinnn… ayo yang semangat ngeblognya, apdet terus cerita2nya

  5. Windya MuLia 05/01/2011 at 09:30 #

    eih akupun disebut2…seneng bs ktmu blog ini. ternyata aku dak sdiri. mari sama2 berjuang yaa. InsyaAllah didengar usaha kita ini. Amin. Semanget!😉

    • zoothera 05/01/2011 at 09:47 #

      Mariii… Harus Kudu IT’s A MUST S.E.M.A.N.G.A.T😉

  6. monda 05/01/2011 at 08:50 #

    Eh, kok aku disebut juga, jadi geer nih, Waduh udah pengalaman banget dong ngeblognya ya. Tapi kok aku belum dapat ya email dr wordpress ini.

    • zoothera 05/01/2011 at 09:18 #

      iya dong bunda disebut karena emang blog bunda itu salah satu blog hasil random-ing aku waktu pertama kali bikin akun ini.
      Masa sih bun belum terima emailnya? ketumpuk sama email-email lain atau barangkali masuk ke spam?

Leave a Reply

