“wah kamu kalah lagi dong!”

30 Nov

Ketika di kesempatan leyeh² minggu pagi saya+suami+ ibu mertua di ruang TV, saya bilang ke ibu mertua “mah, si A (menyebut nama teman suami) udah lahir loh anaknya” tanpa saya sangka, beliau meresponnya dgn kata² persis seperti pada judul di atas “wahh kamu kalah lagi dong, padahal kan nikahnya jauh lebih dulu kamu” ujar ibu mertua seraya bicara ke arah suami saya.

Nyessss… Saya langsung merasa sedikit tersindir dan secara otomatis mata saya langsung tertuju ke arah suami yg sdg menyantap nasi goreng teri buatan isterinya yang manies ini🙂 there’s no expretion in his face datar aja gituh, entah apa yg ada di benaknya, tp suami saya keliatannya sih brusaha nyuekin ucapan ibu mertua yg mungkin merupakan isi hati seorang ibu yg sudah kepingin memomong cucu.

Setali 3 uang dgn suami, saya juga berusaha mengalihkan pembicaraan ke topik lain.

Jujur, saya sebenarnya udh pegel dengan pertanyaan² dari orang-orang dan umumnya pertanyaan yg paling sering muncul itu misalnya:
1. Udh isi belom?
2. Kok blom hamil² juga sih?
3. Gemukan, lagi hamil ya?

Pertanyaan² itu biasanya terlontar dr mulut orang² yg baru ketemu saya lagi, entah di acara keluarga, reuni, kawinan teman, atau apalah. Biasanya nih, pertanyaan no. 1 akan saya jawab gini “Belom nih, masih usaha terus, bantu doanya aja yaa”
Pertanyaan no.2 biasanya akan saya jawab “iya masih belum dipercaya sama Allah, tp kita tetap usaha kok”
Kalau pertanyaan no.3 akan saya jawab “amiinn, sayangnya belom emang lagi gemukan nih” atau “iya nih, sejak keguguran tahun lalu susah nurunin berat badan”

Mungkin udh ga keitung berapa kali saya mengulang² jawaban macam itu. Memang sih ga ada salahnya mereka nanyain pertanyaan yg menurut saya agak sensitif itu, terlebih kalau yg nanya a/ mereka² yg memang tulus mengharapkan saya dan suami segera memiliki momongan. Biasanya, mereka² ini justru akan berempati serta memberi saran/masukan/tips yg barangkali bisa cocok untuk kami coba. Tapi, yang kadang saya suka sebal itu kalau ada yg merespon dengan kata² becandaan nyebelin yg seakan ga ngerti dgn perasaan saya, misalnya gini “payah nih, jagonya teori doang” Bahkan pernah nih ada salah seorang saudara yg mengucapkan kata² agak menyakitkan kaya gini “gabuk banget sihh nis, kagak bisa hamil²” (gabuk: telur yg ga ada isinya).

Waktu denger itu saya spontan mngucap istighfar dalam hati karena menurut saya agak sadis aja terdengarnya dan notabene berkesan bukannya mendoakan malah nyumpahin😦

Biasanya, kalau saya lg ga suka dgn tuduhan² yg bernada mencela saya mandul, saya akan dgn bangganya bilang gini “saya pernah hamil kok tahun lalu, tp sayangnya keguguran” dan jawaban saya keseringan tidak akan direspon lg karena merasa ga enak hati sm saya.

Tapi, kalau statement ibu mertua yg bilang “wah kalah lagi dong” saya tidak merasa kesal atau perlu meresponnya karena saya tahu ibu mertua saya tidak bermaksud jelek, saya hanya menganggap itu hanya ungkapan dr hati terdalam beliau yg memang berharap seperti apa yg saya dan suami harapkan.
Lagipula, beliau termasuk yg ga pernah bawel kok nanya²in terus, palingan hanya mengingatkan saya kapan saya akan konsul ke dokter lg.

Well, jujur kalau sudah berurusan dengan kuasa Allah, saya dan suami ga akan pernah bisa kasih jawaban yg mutlak semutlak kalao menjawab pertanyaan “kapan punya mobil” atau “kapan punya rumah” yg tentu bisa dgn lugas saya jawab “insya Allah besok” atau “semoga aja awal tahun depan” karena yaa memang kami tiidak pernah tahu apa alasan Allah menunda kami untuk punya anak. Saya yakin itu adalah alasan yg terbaik bagi kami, karena saya percaya apa yg saya atau suami inginkan saat ini akan indah pada waktunya.. آمِّينَ

🙂 zoothera yang manies🙂

9 Responses to ““wah kamu kalah lagi dong!””

  1. Rita 21/12/2010 at 10:04 #

    Hidup kan bukan perlombaan, jadi agak miris kalau ada istilah “kalah” apalagi dalam hal dulu-duluan punya anak. Salam kenal🙂.

    • zoothera 21/12/2010 at 13:16 #

      Salam kenal juga. Setuju dgn statement mba Rita “hidup bukan perlombaan” karena hal kaya bgini kan bukan kehendak kita, tapi kehendak yang Maha Pemilik Kehendak. Jadi kita hanya boleh bersabar dan terus bersabar, am I Right?🙂

  2. zoothera 02/12/2010 at 13:44 #

    @ semua: Makasih yaaa, insya Allah bisa terus sabar… amiinn,
    @ Mba Jeni: Caiyooooo, semangatthhhhh🙂

  3. Jeni-Family, and Friends 02/12/2010 at 02:37 #

    kalo sdh dgr omongan yg bikin *GLEK* jd ga bisa ngomong apa2 deh, hehehe..lahir, jodoh, rejeki, mati adalah rahasia Ilahi yg kdg tanpa kita sadari kita jd sok tau. Hanya bs berdoa apa yg kita inginkan dikabulkan Allah Swt. Tetep semangat , ciayooooo !!!

  4. sz86 01/12/2010 at 09:50 #

    sabar mbak😉

  5. chafiz 01/12/2010 at 08:32 #

    Belumm waktunya mungkin buu … sabar aja & doa😀

  6. yustine 01/12/2010 at 06:53 #

    *peluk anis*

  7. yoan 01/12/2010 at 03:40 #

    sabar ya, mba anies… aku ikut bantu doa dari sini… =)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Bedanya “encang” dan “encing” « the dots of my life = my history - 13/01/2011

    […] Tokoh enyaknya Zainab (mpok Ipah) banyak banget saya temuin di dalam diri sodara-sodara saya, yakni perempuan yang sangat comel, kepo, judes, suka ngeliat sesuatu hanya berdasarkan materi, dan kalo ngomong asal jeblak alias ga pake mikirin perasaan orang. Kalo mo liat contohnya kaya apa, baca tulisan saya yang ini (lihat di bagian kata-kata gabuk). […]

Leave a Reply

