Mencoba untuk Belajar Pasrah… (tapi kok ya kenapa susah)

18 Oct

Beberapa waktu lalu, saya sempat chating dengan seorang teman yang berada nun jauh di negeri Belanda (sebut saja namanya N). Saya memang sengaja mengajaknya ngobrol untuk sekedar sharing mengenai kehamilannya yang baru memasuki usia 4 bulan. **Memang sih, sejak  berkeinginan memiliki momongan, saya seakan hobi sekali mendengar cerita teman-teman saya mengenai kehamilannya, khususnya teman saya yang sebelumnya juga agak lama menanti kehamilannya dan akhirnya dipercaya untuk bisa hamil dan melahirkan bayi yang lucu**. Si N dan suaminya juga sudah lama sekali menantikan kehadiran sang buah hati. Tapi, Alhamdulillah di tahun ke-5 pernikahan mereka, Allah telah ikhlas mempercayakan N untuk bisa hamil (insya Allah lancar hingga waktu melahirkan).

Seperti halnya saya, N juga sudah bolak-balik ke dokter dan melakukan berbagai macam terapi, mulai dari cek fisik kondisi rahim, HSG, dan terapi hormon. **Kalau saya, walaupun dari hasil pemeriksaan fisik  rahim saya termasuk yang terbalik/bengkok ke kiri atau istilahnya retroflexi, tetapi pemeriksaan yang lain Alhamdulillah tidak masalah. Dan saya berlega hati karena dua tahun silam (setelah program ke dokter pertama kali) saya sempat hamil, walau hanya boleh merasakannya hanya 2 bulan karena keguguran**. Sementara N, baru 1 tahun terakhir ini ketahuan kalau dia PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), yaitu kelainan pada sel telur di mana sel telur berukuran kecil-kecil dan tidak terjadi ovulasi, untuk detailnya bisa klik di sini. Waktu saya tanya kira-kira penyebab PCOS itu apa, N bilang salah satunya adalah karena kegemukan. Kata N, lemak yang berlebihan di dalam tubuh bisa ‎mempengaruhi proses pematangan telur. Memang, sejak terapi hormon, N mengakui kalau berat badannya sempat naik 10 kg. **Saya pun begitu, sejak program hamil 2 tahun lalu dan mengonsumsi obat-obatan (di antaranya hormon), praktis sejak hamil, keguguran, hingga sekarang, berat badan saya tidak pernah bisa kembali ke berat ideal (47-50 kg), bahkan terus meroket hampir menembus angka 60 kg**. Akhirnya, N dan suami berniat untuk melakukan program inseminasi buatan, tetapi di Belanda, inseminasi baru boleh dilakukan oleh perempuan 35 tahun ke atas. Rupanya, di Belanda perempuan yang belum hamil hingga usia 35 tahun, masih dianggap normal sehingga dirasa belum perlu melakukan inseminasi (kalau di sini umur 30 th belum bisa hamil dianggap abnormal *sigghhh*) . Dengan alasan tidak ingin mengganggu konsentrasi belajar suaminya yang tinggal 1 tahun lagi, N rehat dari kegiatan program hamil dan berencana melakukan inseminasi di Indonesia. Untuk menurunkan berat badannya, setahun terakhir N gabung menjadi member gym “lumayan ngilangin stress juga” katanya. Namun, dari sederet percakapan via BBM kali itu, ada satu kata kunci yang sudah sering kali saya dengar dari mulut orang-orang yang memiliki kasus seperti saya dan pada akhirnya berhasil hamil, yaitu P.A.S.R.A.H.

Jujur saja, saya sudah sering sekali mencoba mempraktikkan apa itu pasrah, tapi kok ya kenapa susah betul. Sering kali, di setiap kesempatan gagal hamil setiap bulannya, saya beri’tikad untuk memasrahkan diri dengan berusaha tidak memikirkan kapan kira-kira masa ovulasi saya atau tanggal berapa kira-kira seharusnya saya datang bulan lagi/kemungkinan telat datang bulan.

Oke, hingga titik pertengahan bulan, teori pasrah masih bisa berjalan mulus, tapiiiiiiiiiii lubuk hati saya masih tetap terhantui untuk selalu berhitung mengenai perputaran siklus haid saya, dan sial  akhirnya usaha pasrah saya pun selalu berujung pada kegagalan.😥😥😥

Tolong ya Rabku yang maha baik hati, bantu saya untuk bisa belajar pasrah sepasrah-pasrahnya seraya tak pernah berhenti mengharapkan kau mengabulkan doa saya dan suami layaknya Engkau mengabulkan doa Nabi Zakaria kala memohon untuk diberi momongan.

“Robbi hablii milladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sami’ud du’aaa’”

Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (QS Al-Imran: 38)

A………….M….I………N

Catatan:

Karena ada kecenderungan kondisi tubuh yang mulai menggemuk, selain belajar pasrah saya berniat mengikuti jejak N untuk rutin berolah raga dan saat ini saya juga sedang menguatkan tekad untuk mengatur pola makan dengan mengurangi makan nasi, menghindari makan-makanan berminyak, memperbanyak sayur + buah+air putih, serta terus terapi asam folat. BANTU DOANYA YA KAWANZ 🙂

37 Responses to “Mencoba untuk Belajar Pasrah… (tapi kok ya kenapa susah)”

  1. Azizah Ummu Nauroh 20/07/2014 at 11:56 #

    Assalamu’alaykum.
    Salam kenal mba anis.
    Iya ngmong2 ttg pasrah sepertiny memang gk mudah ya.
    Psti bawaanny tiap bulan sll ngtung kpn haid dtang.
    Kpn masa subur dan kapan lainnya.
    Perjuangan mba bwt dptin momongan memang pnuh onak duri.
    Hhe
    Tp endingny indah ya.
    Btw akhirnta bisa hamil crtanya gmna mba?

    • zoothera 20/07/2014 at 23:57 #

      Waalaikum salam.. Salam kenal juga mba Azizah😉

      Maaf saya baru sempat balas, lagi hiatus brkepanjangan ini jd jarang buka blog hehehe

      Iya mba bener banget, teori ilmu pasrah dan ikhlas emang paling susah diaplikasiinnya, tapi Alhamdulillah percaya ga percaya justru yg menjadi salah dua jurus ampuh keberhasilan saya dan suami dptin momongan.
      Itu pun setelah saya sudah mencapai titik nol untuk membuka hati+pikiran dan bilang “thn 2012 kami akan usaha semaksimal mungkin, bila memang blm rejeki untuk punya anak.. Ya memang itu takdir kami untuk berduaan terus”

      Wallahualam

    • zoothera 11/10/2014 at 18:23 #

      Wasaalamu’alaikum Ummu Nauroh, alhamdulillah endingnya super super sangat indah.
      Untuk cerita detailnya sampai saya berhasil hamil sebenarnya sudah saya tuangkan di buku “Jangan Menyerah Bunda” yang saya tulis bareng dua blogger lain sesama pejuang momongan. Btw, terima kasih ya sudah main ke sini 😘

  2. Dini 26/04/2011 at 09:03 #

    Ass. Slm knal mba. Aq da ampir 2 thn nunggu dn blm dpt momongan jg, yg paling berat tu hibur suami utk ttp kuat coz dia kyknya kecewa bgt dgr aq mens. Suami aq mmg tipe ambisius, dan gk betah kl diomongin tmn2nya yg resek2. Kl ditanya2 trus mmg bete. Gmn ya hrs ks jwbn yg bgs? Thx

    • ariii 27/04/2011 at 00:50 #

      @Dini.
      Aslm. Kalo menurutq, qt harus tegesin ke suami, kalo penyebab belum hamil tuh bukan salah siapa-siapa. Tapi emang kehendak Allah SWT. Di tempatq ada dokter kandungan yang bagus, juga belum punya keturunan. Padahal dia dan istrinya sehat n normal.
      Aq juga dulu fobia sm orang hamil, sama manten baru juga bawaannya sebel, karena pasti ntar lagi dia hamil. Tapi setelah dipikir2, walaupun aq sebel kayak apa, keadaan tetep ga berubah. Jadi untuk suaminya Dini, saran q siapin aja jawaban2 kalo temen2nya pada nanyain kmu udah hamil apa belum. Begitu ada yg tanya, lgsung jawab n ga usah terlalu dibawa perasaan.

  3. zoothera 02/03/2011 at 03:31 #

    @ Arii: Amiinn smoga ga pake lama-lama ya nunggunya.. kalo komunitas ibu2 yang belum hamil aku kurang tau, tapi biasanya suka banyak tuh yang ngobrol seputar pengalaman usaha untuk dapetin momongan di weddingku.. jadi bukan komunitas sih, lebih ke diskusi aja..

  4. ariii 22/02/2011 at 01:10 #

    aslm.

    Salam kenal, aq juga udah nikah 13 bulan n belum pernah hamil. bulan januari kemarin sempet telat 1 bulan, aq kira hamil, ternyata gak, n minggu kemarin akhirnya mens juga. sekarang juga belajar pasrah n ga mau mikirin masa subur atau tanggal mens. Saling menguatkan ya..

    • zoothera 26/02/2011 at 23:30 #

      Wassalam, salam kenal juga arii..
      Wah kalau dibandingin sama saya, dirimu sih mash terhitung manten baru😀 baru anniv ke-1 gituh.. tapi apapun, mo merit satu bulan, 1 tahun, 4 tahun (kaya saya), atau lebih dari itu, yang namanya orang menikah pasti yang menjadi salah satu side wanted ya memang “anak”. Tapi intinya, kamu jangan patah semangat dan selalu berpositif thingking sama sanga Maha Pengehendak bahwa Dia memang masih menyusun rencana untuk menghadiahi kita2 yang belum berkesempatan ini dengan seorang bayi lutcu…dgn kata lain ya itu coba dibawa pasrah dan ikutin aja aturan main dr Allah…
      Oiya, udah pernah datang ke dokter? kalo saya dulu, setelah 2 th menikah baru mulai yang namanya program ke dr. dan serkarg di tahun ke-4 saya baru saja memulai lagi,, walaupun pasrah tapi kita tetap harus mengusahakan yang terbaik bukan? salam…🙂

      • ariii 28/02/2011 at 02:14 #

        Aslm. dari bulan ke3 nikah udah ke dokter..soale ada riwayat dari ibu n bude2ku, pada nunggu 2-7 tahun u punya anak. Semoga aq ga harus nunggu selama mereka, soale kakak n sepupu2q pada cepet hamil. Sempet ada kista, tapi udah bersih dg obat. Pinginnya pasrah and santai, tapi kalo buka internet pasti browsing ttg pregnancy or ttc. Oia, aq pgn cari komunitas ibu2 yang belum hamil..ada gak ya?

  5. zoothera 01/12/2010 at 02:19 #

    Iya mba, utk urusan makan memang kadang suka susah u/ konsisten😦 bulan kemarin msh belum bs pasrah sebetul2nya krn masih scra otomatis keingetan sm siklus2 itu *hadoohhh* tp bulan ini insya Allah dikasih kekuatan utk pasrah yg sesuai teori which mean betul2 ikhlas seikhlas2nya, ayoo mbaa saling mendoakan u/ kebaikan آمِّينَ

  6. Windya MuLia 14/11/2010 at 02:37 #

    kalo aku udh coba utk gak inget2 si siklus. pasrah yg ini sukses….
    olahraga ttp diterapkan, renang seminggu sekali…jalan kaki sesekali.
    cuma pola makannya masih kacak kadut..masih suka pedes,asem,minyak..
    capekk yaaah…?😦
    yo wez dinikmati aja yaa say…sama2 saling mendoakan yaah🙂

  7. Asop 02/11/2010 at 05:03 #

    Ayo Mbaaaaak mari berolahraga…😀😀

    Olahraga itu emang awal untuk memulai susah, males, bawaannya gak mauuu melulu. Tapi nanti kalo udah dijalanin, pasti ketagihan deh.🙂 Olahraga paling gampang jogging ato kalo nggak jalan cepat. Mbak ‘kan frilenser, harusnya di pagi hari punya waktu kosong dong? Nah, coba dulu tiga kali seminggu, lama2 pasti bisa tiap hari jalan pagi.🙂

    • Zoothera yang mANIES 02/11/2010 at 06:15 #

      Iya insya Allah, sudah mulai merajinkan diri untuk olah raga, seengganya jalan cepat 30 menit sehari.. Thank You Sop utk sarannya

  8. yusuf 01/11/2010 at 20:45 #

    yang sabar Mbak, semuanya akan indah pada waktunya, saya juga sedang berusaha ..

    • zoothera 02/11/2010 at 03:48 #

      “semua indah pada waktunya”

      Satu kalimat yang selalu membuat saya merasa optimis :caiyo:

  9. Fir'aun NgebLoG 29/10/2010 at 20:00 #

    kunjungan malam sob…
    giliran ronda nich😀 hehehe….

    • zoothera 01/11/2010 at 05:19 #

      Ehem, baru tau kalo di dunia maya juga ada yang ngronda, biar para blogger aman dan jadi rajin ya ngeblognya om Fir..😀

      • Fir'aun NgebLoG 01/11/2010 at 17:29 #

        iya Bu…
        jangan lupa bayar iuran rondanya yach😀 hehehe

  10. Ashree 29/10/2010 at 06:22 #

    walaupun praktiknya susah.. namun tetap niatkan dalam hati🙂

    • zoothera 01/11/2010 at 05:20 #

      Setujuuuu… semua tergantung nawaitu kita ya mba?🙂

  11. Fir'aun NgebLoG 28/10/2010 at 20:34 #

    Buat anak jangan coba-coba tuch!
    masa mo pasrah aja coba-coba, kyk yg ragu aja😀 hehehe…
    semangat yach, moga sukses dengan bayinya😀

    • zoothera 29/10/2010 at 03:31 #

      wehh bener juga ya apa yg dibilang om fir’aun.. kata mencoba di judul kayanya perlu dicoret ya? terima kasih masukan dan supportnya yang positif,,😀

  12. Yeni-Jeni Wahyu 28/10/2010 at 01:30 #

    kunjungan perdana mbak, slm kenal ya…ijin nge-link jg. Saya jd ikut mellow baca postingan diatas.Scr sy jg gi nunggu baby di thn ke-2 nikah in (blm pernah ngerasain gmn hamil itu). Smoga Allah menyegerakan memberi baby utk kita ya mbak, amiiiin

    • zoothera 28/10/2010 at 02:29 #

      Salam kenal juga mba, silahkan kalo memang tulisan ini layak untuk dilink hehhee, tapi tujuan utamanya bukan untuk bikin orang mellow loh mba;e.. justru sebaliknya untuk bikin orang semakin semangatttttt dalam konteks pasrah yang positif gituhh… soooo ayooo yakin kita bisa punya momongan, seengganya satu bocah.. caiyoo!

  13. Ade Truna 27/10/2010 at 10:11 #

    Asswrwb,
    Saran dari saya banyak2 membaca doa:

    ALLOHUMMA HABLANA MIN AJWAJINA WADZURRIYATINA QUROTA ‘AYUN

    “Ya Alloh berilah kesenangan kepada kami berupa kesenangan dari keluarga, anak turun dan pandangan yang indah (maksudnya anak yang cantik/ganteng) Amin.

    ==selamat sore salam kenal cheers!!==

    • zoothera 28/10/2010 at 01:28 #

      salam kenal juga, terima kasih untuk saran dan doanya mas Ade
      insya Allah akan saya amalin juga setiap abis sholat🙂

  14. Cah Shalihah 27/10/2010 at 09:47 #

    Ku juga blum dapat Momongan nich hiks…hiks.. hiks… Salam kenal…

    • zoothera 28/10/2010 at 01:26 #

      salam kenal, hayoo jangan patah semangat sesemangat sumpah pemuda *edisi sumpah pemuda*
      jangan lupa selain ikhtiar kita harus selalu positif thingking dan mulailah mensugesti diri dengan mengganti kalimat “saya belum dapat momongan” dengan kata “suatu saat saya pasti punya momongan” insya Allah, energi positif bs menguatkan kepasrahan diri kita dan akhirnya bisa tekdung tralalallalala deh.. amiinnnnn
      sekali lagi SEMANGATHHH!!!!😀

  15. sunandarajang 26/10/2010 at 03:06 #

    assalamualaikum
    semoga segera dikarunia anak ya
    banyak berdoa ok
    kunjungan perdana
    salam kenal

    • zoothera 28/10/2010 at 01:29 #

      wassalam, amiinnnn makasih doanya… seneng deh banyak yang ngedoain…
      salam kenal juga, besok2 saya boleh berkunjung jg yaaa ke blog dirimu🙂

  16. Mbah Jiwo 25/10/2010 at 19:42 #

    bukan pasrah, tapi ikhlas he he he, karena kehamilah itu rizki, kisah nabi yg hamil di usia tua bisa menjadi contoh, bahwa kapanpun Ia berkehendak, begitu saja Ia akan memberikan kepada kita, dan kapanpun Dia berkehendak menahan, begitu saja kita akan selalu menemui kendala…

    mudah2an kamu bisa sabar ya…istri mbah pernah keguguran 2x…

    salam hangat dari Malang

    • zoothera 02/11/2010 at 02:31 #

      Iyaa mbah pasrah yang saya maksud itu mengandung arti pasrah yang positif alias ikhlas..
      Insya Allah bisa dikasih kesabaran dan segera dikasih rejeki yang satu ini.. amiinn
      salam hangat selalu mbah

  17. sz86 25/10/2010 at 14:07 #

    Amien

    Saya kurang mengerti urusan itu . . .

    Hhe🙂

    • zoothera 25/10/2010 at 15:06 #

      hahaha.. yaiyalah dirimu masih belom boleh mikir yang beginian selain belajar dan nyenengin ortu dulu, tapi yang penting amiinnya itu udah menjadi doa, makasi yaa🙂

  18. edda 25/10/2010 at 13:50 #

    waaah moga cpet dpt momongan yaa😀
    lam kenal😀

    • zoothera 25/10/2010 at 15:04 #

      Amiinnn, makasih ya edda untuk doanya.
      Salam kenal juga…

      • edda 29/10/2010 at 05:27 #

        iya mbak sama2
        aku berkunjung lagi😀

Leave a Reply

