enam belas September empat belas tahun silam

16 Sep

Tadi siang menjelang sore, kira-kira jam 1/2 3an saya kpikiran utk mengapdet status di fesbuk _yg sejak aktif di belahan dunia twitter jd rada jarang nulis2 stat di fb_ isi ditelnya beginii:

“Tanggal segini, sekitar jam segini, 14 thn silam, my heart start flying in2 u *icon lope lope*”

Yaaa, persis tgl 16 September tahun 1996 baheula, kurang lebih yaa jam 1/2 3an lah, saya yang kala itu masih berstatus pelajar SMA kelas 2, belum lama pulang dr sekolah dan kayanya sih sedang leyeh2 di dalam kamar.. Sampai akhirnya kegiatan santai saya terganggu oleh suara deringan telpon *jaman dulu bunyinya beneran masih kring kring loh*
Begitu diangkat, saya langsung mengenali suara seorang lelaki di seberang sana yang gak lain adalah adik kelas saya di bangku SMP yang belakangan memang menjadi teman saya ngobrol, khususnya lewat kabel telepon.

Seingat saya, kala itu obrolan sih mengalir sprti biasanya, mulai dr pelajaran sekolah, guru2, temen2, or jadwal ekskul di SMP (taekwondo) kami dulu yg memang masih kami geluti sampai kami lulus dr sana. Cuma ya, semakin ke tengah topik pembicaraan semakin melenceng ke masalah lain, yakni mengenai “hutang”. Kurang lebih lelaki teman saya itu mengawali topik seputar hutang dgn perbincangan sperti ini:

Dia: “Nis, gw mau bayar utang nih ke lo”
Saya: “hah, emang lo utang apaan ke gw? Kayanya gw ga pernah minjemin uang ke lo deh”
Dia: “bukan utang uang, tp utang cerita”
(bahasanya masih berprosa gw-lo)

Dari sini akhirnya saya inget kalau dia memang pernah bercerita ke saya perihal seorang perempuan yg sudah lama dia sukai. Dulu, waktu pertama kali dia cerita saya memang sempat nanyain ke dia, tp karna dianya belum mau cerita jadinya wktu itu ga sengaja saya sempat melontarkan kata2 “kalo gitu lo utang cerita ya ke guw”

Nah, di kesempatan tgl 16 September itu lah dia meluluskan niatnya utk melunasi hutangnya.

Dia: “mau tau ga siapa?”
Saya: “mau mau aja, sapa sih? temen sekolah ya? Atau anak taekwondo?” (saya berani nebak yg terakhir karena memang ada 1 teman perempuan (adik kelas smp saya jg) yg belakangan dulu kayanya sedang dekat dgn dia)
Dia: “tebak dong!” *yeee sok-sok bikin penasaran*
Saya: “si ini…” *menyebut nama adik kelas yg saya maksud*
Dia: “bukaannnnn, salah”
Saya: “lahhh trus siapa?”
Dia: *diam sejenak*  “jawabannya….. tuh cewek ya loo lagi, udah yaa utang gw lunas, gw udh lega sekarang”
Saya: *bingung campur bengong* “maksut lo??” *sok-sok bego padahal deg2an jg*
Dia: “ya tuh cewek yg gw suka yaa elo, khairunisa atau anis, lo mau ga jadi cewek gw?”

Seketika itu jg kayanya nih otak langsung ga bs mikir. Whattttt??? Maksut nih adik kelas apa siiiih? Itu barusan kata2 tembakan gituh? Kok yaaaa bisa banget pake akal bulus mau bayar hutang-hutangan segala, ga seru banget deh tp ko ya saya tetep keringet dingin hahahaa.

Yaaa namanya jg orang yg belum lama patah hati diputusin cowok (dlm sejarah percintaan seorang anies baru sekali yg namanya “ditendang” dr cinta seseorang), waktu itu saya gak berani langsung jawab iya, tp mikir dulu kira2 ini cowok betulan apa cm becanda aja.

Akhirnya, saya iseng mengajukan sedikit pertanyaan ke dia.

Saya: “emmm kokk bisaaaa suka sama gw, emang dari kapan?”
Dia: “dari kapan ya? yaa dr pertama kali liat lo, itu tuh pas waktu lo ngedemoin taekwondo di depan anak2 baru angkatan gw”

(Langsung keingetan sama peristiwa demo ekskul demi menyambut anak-anak baru di akhir masa penataran mereka, yakni di mana tendangan momtong apcagi saya ga berhasil memecahkan genteng yang dipegang partner di depan saya, dan mudah ditebak bahwa itu sungguh memalukan, bayangin niatnya pamer sama adik kelas yg ada malah ada yg engeh kalo saya ga berhasil mecahin tuh genteng)

Saya: “yg bener loee?? Trus kalo seandainya gw tolak gimana?”
Dia: “yaaa gw tembak lagi”
(et dahhh pantang menyerah bgt ini cowok ya?)
Saya: “kalo bgitu gw pikir2 dulu deh ya *sambil liat kalender yg ada di meja telepon*. Oke, gw akan jawab tgl 26 besok, persisnya abis pulang latian tekon”
Dia: “sipp deh, makasi ya, daAahhh”
Saya: “daaahhh”

Selesai nutup telepon yg ada saya jadi salting; takut, bingung, sedikit seneng, bengong, gak nyangka, semua sepakat bersatu mewarnai otak, jiwa, dan raga saya yang selanjutnya dengan sukses bikin salting saya semakin menggila.

“Apa yg bakalan gw jawab yaaa tgl 26 nanti” *begitu kali yaaa kecamuk dalam pikiran saya kala itu*

(Di dalam kamar, wajah saya seakan ga bisa lepas dari icon cengar-cengir demi mengingat-ingat aksi sang adik kelas menyatakan rasa sukanya ke saya)

*10 hari menuju tgl 26 menjadi hari-hari bagi saya utk berkonsultasi ke sahabat2 terdekat saya yg memang rata2 sdg ga jomblo, mereka semua satu suara menyarankan supaya saya mnjawab iya saja*

Tgl 26 pun tiba, malam itu, cowok yg dalam 10 hr telah mewarnai benak saya langsung menghampiri saya begitu dia tau saya sudah selesai mengganti seragam taekwondo dgn pakaian kebanggaan saya, jeans + Tshirt. Pertanyaannya gak jauh dari kata-kata “Gimana jawabannya?” “Apa?” Bla bla *nyecer terus gituh*

Akhirnya, setelah mengumpulkan semua keberanian saya pun menjawab “ngga..”

*dia pun tertunduk lesu*

“…. Nggaa nolak”. Ujar saya menyambung jawaban yg saya berikan sambil ketawa pelan.

*mimiknya pun berubah 180 derajat*

Dia pun langsung mengujarkan kata-kata yg mengungkapkan rasa senanngnya telah diterima cintanya oleh seorang perempuan bernama anies.

“Asli nih, kalo ga ada orang banyak pasti gw udh loncat-loncat” *Idih aneh-aneh aja deh ah*

Duhhh jadiii melanglang buana lagi deh ke alam dulu kala. Akhirnya ya persis di hari kamis, tgl 26 September (2609) tahun 1996 saya dan dia resmi berstatus pasangan kekasih dengan satu landasan “terima gw apa adanya”

Hahhaaa lucu yaa kalo kita masih dikasih kesempatan utk mengenang-ngenang kembali kejadian-kejadian yg pernah melibatkan perasaan serta tanggal-tanggal bersejarah yg bikin kita tuh ga pernah (ga mau) lupa mengenai detail dan runutan kejadiannya. Begitu kita recall, semuanya seakan kembali berseliweran bagai film layar lebar yag bermain di pelupuk mata dan berhasil menciptakan guratan senyum, tawa, atau tangis seketika itu juga.

Terima kasih Allah yg telah memberikan hadiah terindah kepada manusia berupa otak dan daya ingatnya yg superb.

Jadi, siapakah dia itu/lelaki itu/sang adik kelas itu?

Dia adalah belahan jiwa saya yang pada detik ini sedang mendengkur di sebelah saya (I.L/O/V/E. U suamiku).

Terima kasih Cintaku, kamu sudah pernah memiliki siasat serta keberanian utk menaikkan kembali ke permukaan perihal hutang cerita kamu, walaupun kala itu kita ga pernah tahu kalau semua itu akan menjadi sebuah awalan dari kebersamaan kita yang hingga hari ini sampai hari-hari mendatang telah mengukir keabadian cinta kita (insya Allah aminn) dan الحمدلله ربِّ العلمي semua hutang itu telah terbayar lunas, bahkan saya rasa berlebih karena jauh di luar jangkauan akal sehat saya.

-Depok, September 2010-

11 Responses to “enam belas September empat belas tahun silam”

  1. Enambelas September 23/09/2010 at 03:55 #

    Wah………. sama………..

    Enambelas September…😀

    • zoothera 23/09/2010 at 04:14 #

      uhuyyy… ada apakah gerangan dengan tanggal tersebut????
      oya, salam kenal yaa terima kasih sudah berkunjung ke sini…
      Kapan2 kalau lagi punya banyak waktu saya mampir ke rumah 16 Septembernya yaa…

  2. yustine 22/09/2010 at 16:13 #

    Skali pas gw msh pacaran ama org laen lwt sms – ditolak, skali lagi pas gw uda putus lwt telpon – dipertimbangkan huehehe.. Yeaaah dia tipikal ga byk ngomong romantis sih :p

  3. yustine 21/09/2010 at 01:31 #

    dhamar malah lewat sms, nis pas pertama kali.. yg kedua lewat telpon hadeuhhh… kaga ada romantis2nya pisan waakakaka…

    • zoothera 21/09/2010 at 06:24 #

      Hah?? emang damar berapa kali nembaknya? pernah lo tolak gitu ya yang lewat sms? hahahhaaa… sudahlah kan bukti keromantisannya bisa diliat dari cara dia memperlakukan lo waktu lo hamil n setelah ada Tara, am I right?

  4. Asthri 20/09/2010 at 02:58 #

    Nis nis, hehehehhehe sumpril gue ga henti2nya bayangin angga masih cupu2 culun gitu nembak elo! yg ada gue jadi ngakak2 sendiri hahhahahahahhahaa…. ga sabar jdnya pengen ceng-in dia….kekekekkekekkeke….
    eniweiii selamat ya atas hari jadinya….gila juga ya lo udah lama bgt jadian n akhirnya merid sm dia….semoga selalu bahagia…muah muah

    • zoothera 21/09/2010 at 06:22 #

      kemaren lo, mba kiki, and mba pipit sukses yaa cela-cela suamikuh via email kemarin? hadohhhh dia segera memforward celaannya dan mengucapkan kata-kata ini: MAKASIH YAH, SAYANGKUH (tanda kutip) hahahhahaa….
      dulu bapak yang satu itu memang masih kuyus buangethhh ya culun punya lah (kalo ga percaya coba liat aja di album terbaru yang dia posting di fb)…
      Oya, makasi utk ucapannya.. kira2 ada usulankah tempat makan yang cozy utk tgl 26 bsok?

  5. yustine 19/09/2010 at 10:43 #

    hi nis..
    mampir aaaah… kalo tembak2an lewat telepon gitu jd inget dhamar daaaan mantan2 yg lainnya *keluh* ga pernah ngerasain tembak langsung deh gw kayanya :p
    kalo jaman sekolah dulu gitu yah, ngasih jawaban “iya” atau “tidak” butuh waktu berhari2 hihihi.. your post remind me of those high school memories

    • zoothera 19/09/2010 at 14:13 #

      upsss jangan diinget-ingetlah masalalu yang ga ngenakin, ingetin yang seneng2 aja.. itu pula tujuan gw nulis ini karena inget-inget hal yang nyenengin hehehe..
      Soal tembak-tembakan ya? namanya jg gw dan angga pacarannya di era 90-an, masih jadul dan yang namanya tembak-menembak sebelum berhasil dapetin cewek yang dimau itu masih trennya.. kalo lo n damar mungkin udah ga ikutan tren yang zaman sekarang, di mana begitu udah ngerasa cocok yaaa udah jadian.. gitu kali ya????

  6. zoothera 17/09/2010 at 08:29 #

    amiinnnn, makasi bunda untuk doanya.. kami memang sampai sekarang memiliki tradisi merayakan setiap kedatangan tgl 26 September. Sangking melekatnya, tanggal itu bahkan ngalah-ngalahin tanggal pernikahan kami hehheheee..

  7. monda 17/09/2010 at 07:50 #

    so sweeeeet,
    selamat hari jadian ya, semoga awet mesra terus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: