Masakan isteri pasti lebih enak ♥ ♥ ♥

16 Aug

“Enakan mana pak, masakan isteri, ibu, atau anaknya?”

Tanya seseorang di mimbar twitter salah seorang praktisi kuliner ternama beberapa waktu lalu.

“Ya masakan ibu saya.”

Kurang lebih bgitu jawaban dari sang praktisi kuliner tersebut…

Kemarin, di tengah-tengah buka puasa, saya sempat mengajukan pertanyaan senada ke suami perihal –tomyam udang– (for recipe click here) yang merupakan hasil eksperimen saya untuk menu utama buka puasa di hari pertama ramadhan “enakan mana, tomyam buatanku apa tomyam buatan mba Mini?”  (mba mini = asisten rumah tangga di rumah mertua).

Yang ditanya pun menjawab “ya enakan tomyam buatan isteriku lah… kalo mba mini itu isteri aku baru aku akan bilang enakan tomyam buatan mba mini”…..

Kalo dipikir-pikir nih ya, jawaban suami saya itu bersifat ambigu… karena bisa bermakna :

  • Masakan saya memang lebih enak betulan,
  • Masakan saya sejujurnya tidak lebih enak dari masakan si mba, tapi karena saya masaknya dengan cinta (blahhhhh apapula ini ge er sendirian) jadi terasa lebih enak, atau
  • Masakan saya sama enaknya dengan masakan si mba, tapi karena saya isterinya yang notabene menempati kedudukan spesial di hati suami saya maka dia tetap akan menentukan pilihan utk menjawab bahwa masakan saya yang lebih enak.

Well, suami saya memang cerdas, dia sepertinya tidak pernah berkeinginan untuk mencela masakan yang dibuat oleh isteri tercintanya yang manies ini, dia akan dengan senang hati memuji masakan saya walaupun terkadang agak keasinan atau ada yang kurang atau apa. Seandainya pun tidak terlalu suka, dia cuma akan bilang “besok-besok ga usah bikin yang kaya gini lagi” dan hal serupa jg akan dibilang bila dia suka “ga bikin puding cokelat lagi?” atau “tolong bikinin mie instan dong, tapi ala kamu jangan yang standard”

Terkait dengan statement di tulisan pembuka, saya belum pernah sih menanyakan ke suami saya secara langsung mengenai lebih enak mana, masakan saya atau masakan ibu mertua saya. Mungkin karena ibu mertua saya tergolong wanita karir yang jadwal kerjanya cukup padat sehingga beliau jarang sekali berkutat di dapur, kecuali memang terpaksa bila si mba mudik misalnya. Seandainya pun suami saya menjawab masakan ibu mertua saya lebih enak dari masakan saya, saya pasti dengan senang hati legowo mengakuinya, ya memang kenyataannya seperti itu secara ibu mertua saya pastinya punya pengalaman lebih banyak terjun ke dapur. Tapi saya boleh sedikit berbesar hati karena setelah ibu mertua saya tau kalau saya suka masak dan menilai bahwa masakan saya tidak mengecewakan, beliau sering kali malah mempercayai saya dalam urusan masak-memasak, palingan bahan-bahan utamanya saja yang beliau siapkan selanjutnya ya terserah saya.

Hal-hal semacam ini nih yang bikin saya jadi semangat dan akan dengan senang hati selalu mencoba bereksperimen dengan buku-buku resep dan meraciknya dengan gaya saya sendiri. Tentunya dengan penuh cinta sehingga hasil akhirnya mungkin akan rada beda atau melenceng jauh dari resep aslinya, tapi yang pasti layak untuk dimakan🙂

2 Responses to “Masakan isteri pasti lebih enak ♥ ♥ ♥”

  1. zoothera 20/08/2010 at 00:58 #

    Salam kenal juga mas Yohan Wibisono, nama belakang mas yohan mengingatkan saya dgn teman kantor saya dulu.. well, terima kasih udah mau mampir dan meninggalkan jejak. Saya baru mau mulai lagi nulis2 di sini, doakan rajin2 mengapdet..😀
    *saya ijin main2 ke blogmu yaaa*

  2. Yohan Wibisono 18/08/2010 at 04:15 #

    Salam Kenal dariku, nice artikel😀 Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: