mau ngeBUZZ di aplikasi googlemaps?

4 Mar

Waktu suami nyodorin artikel di Kompas edisi 03/03/2010 tentang Indosat yang berencana menyemarakkan hp-hp android di Indonesia, saya malahan kecantol sama artikel lain berjudul pertarungan Google Maps VS Ovi Maps.

Apa yang membuat saya kecantol?
Alasannya adalah lebih dikarenakan belakangan ini emang lumayan lagi familiar dengan aplikasi-aplikasi gratisnya Ovi Store yang memang melekat di HP bermerk Nokia.
Sebagai orang yg demen ngotak-ngatik hal bginian, apalagi dgn hal2 yang berbau gratisan , saya pun serius ngebacanya biar bisa mudeng, ngerti, paham, atau seengga2nya mencoba utk ngerti dengan apa yang dibahas dalam artikel ini. Sapa tau aja aplikasi peta navigasi/GPS yang ditawarin keren dan bisa diunduh ke dalam HP.

Oleh karena membandingkan, isi beritanya pun tentu menampilkan data-data mengenai keunggulan dari dua hal yang dibandingkan, yakni Ovi Maps (OM) dan Google Maps (GM). Info tentang OM dibahas di awal artikel dan intinya memaparkan kalau OM merupakan layanan GPS yang bisa dimanfaatkan oleh para pengguna hp pintar Nokia dengan usungan motto ”Free Navigation on Your Nokia. Forever!”. Cuma sayangnya OM ga bisa diunduh di Nokia E71, jadi saya musti mengurungkan niat untuk memanfaatkan OM di hp saya.

Lagian, menurut bahasa awam saya sih, GPS di OM kayanya STD dan ga jauh beda dgn yg lain, yakni cuma memberi panduan/mem-preview lokasi yang mau kita tuju dengan cara memasukkan rute di titik awal ke titik tujuan. Itu aja *ini statement pribadi atau sentimen pribadi ya? hehehe

Sementara itu, pembahasan mengenai GM menurut saya lebih menarik ketimbang OM dan yang bikin seneng adalah bisa diaplikasikan di hp saya atau hp-hp lain yang berbasis symbian, windows mobile, atau barangkali di hp apa aja yang ada akses GPRSnya.

Walaupun sama-sama gratisan, menurut Kompas yang membedakan GM dari OM adalah data peta yang disediakan GM lumayan komplit dan memiliki akurasi yang ga ngecewain. Selain itu, GM sudah terintegrasi dengan berbagai layer, misalnya layer tampilan satelit, info lalu lintas, wikipedia, dan yang terbaru adalah layer Buzz.

Tentang Buzz, beberapa waktu lalu salah seorang sahabat meminta saya untuk ngeadd dia di Google Buzz makanya saya jadi lumayan tau dgn layanan microbloggingnya google tersebut yang kurang lebih mirip dengan Twitter atau Facebokk, terutama dalam hal apdet-mengapdet status. Itu pun karena kebetulan saya punya akun di Gmail, jadi tuh Buzz emang udah masuk dalam jejeran menu di Gmail.

Sebenarnya sih saya ikutan Buzz cuma untuk seru-seruan sama sahabat saya tsb atau untuk menjaga silaturahim (padahal jg udah jd temen di FB, Twitter, YM, etc ehehehhe) karena temen yang saya follow ya cuma dia eh ada deng 1 atau 2 orang temen yg sempet saya racunin .

Kembali ke pembahasan GM, dengan fitur layer Buzz pada GM, pemilik akun Gmail yang mengaplikasikan GM di hpnya bisa lebih eksis di dalam GPS karena bisa mengapdet status dengan cara yang sedikit berbeda, yakni status plus foto yang kpingin diapdet bisa terpampang di atas peta GM, persis di lokasi tempat kita nge-Buzz.

Menurut saya ini menarik, berarti seandainya saya tersesat (ini hal yang mungkin saja bisa terjadi pada diriku kekekeke), saya bisa memberi informasi lokasi real tempat saya berada ke orang-orang terdekat.

Walaupun seru, kita tetap harus hati-hati ketika berniat untuk mem-Buzz dan menambahkan foto di GM, yaa minimal bisa memilah-milah mana yang bisa dishare dan yang mana yang termasuk dalam area privacy.

Masih menurut Kompas, secara teknologi kehadiran Buzz adalah terobosan baru dalam mengintegrasikan ”cara baru update status” dengan dimensi ruang dan waktu yang real.

Oiya, karena Buzz di GM menggunakan akun Gmail, maka semua apdetan/Buzz yang kita buat secara otomatis akan terlampir di menu buzz dalam gmail kita sehingga historynya bisa kita lihat lewat PC.

Ini tampilan buzz dari GM saya yang dilihat dari PC

Kalau ada yang berminat untuk mengunduh OM atau GM, berikut informasinya.

Instalasi OM

Untuk instalasi OM coba masuk ke http://www.nokia.com/maps

OM diperuntukan bagi pengguna Nokia N97 mini, N97, E72, E55, E52, Nokia 6730 Classic, Nokia 6710 Navigator, Nokia 5800 Xpressmusic, Nokia 5800 Navigation Edition, dan Nokia 5230. (E 71 ga ada kannnn????)

Instalasi GM

Instalasi GM pada ponsel Android, baru bisa di-install untuk Android versi 2 ke atas.

Untuk iPhone, GM sudah ter-install di dalamnya.

Untuk Nokia dengan sistem operasi Symbian S60, bisa langsung unduh dari hp di http://www.google.com/gmm/GoogleMaps.sisx

Untuk HP dengan sistem operasi Windows Mobile GM bisa unduh langsung dari hp di http://www.google.com/gmm/GoogleMaps.CAB

Dan untuk pengguna hp lain yang mau ngecek bisa ngganya GM di hpnya bisa coba browsing langsung dari hp ke http://m.google.com/maps

Sumber: http://cetak.kompas.com

Leave a Reply

