[Resep] Soto Betawi

28 Jul

Sebagai orang betawie aslie, saya dianjurkan untuk bisa memasak masakan betawi semisal semur, sayur asem, sayur godok, atau soto betawi.

Syukurnya, hampir semua masakan yang saya sebutin di atas (kecuali soto betawi) udah sering saya praktikan dan rasanya sudah bisa dikategorikan lumayan (menurut siapa ya?? hehhee).

Beberapa hari lalu, waktu ke supermarket saya iseng belanja daging, babat, dan paru (dalam total ukuran 1/2 kg), rencananya saya mo nyoba bikin soto betawi.

Selain itu, saya juga membeli bumbu-bumbu yang diperluin plus susu cair ukuran 250 ml.

Kemarin pagi, akhirnya 4 the 1st time saya coba berani-beraniin utk masak (mumpung lagi ada waktu lowong).

Untuk sekadar memastikan resep, sebelum masak saya telpon salah satu kakak perempuan saya yang emang udah biasa bikin soto betawi dan bisa dibilang soto buatannya dikenal enak di kalangan keluarga saya.

Btw, kalo ada yang mau coba buat di rumah, silakan ikutin resep di bawah,, tapi sekadar info, bagi yang emang udah bisa bikin opor ayam, dijamin bisa bikin semur atau soto betawi karena bumbu dasarnya kurang lebih sama.

Silakan mencoba

Bahan-bahan:

Bahan utama

  • Daging dan jeroan, ½ kg (kalo beli di supermarket, biasanya sudah dalam bentuk potongan)
  • Santan, 200 ml (dibuat kental dan cair)
  • Susu cair yang tawar, 250 ml (atau 2 sachet susu bubuk yang diencerin)
  • Air secukupnya
  • Lengkuas, seukuran jempol
  • Jahe, 2 cm
  • Serai, 2 batang
  • Daun salam, 2 lembar
  • Mentega/minyak samin, 1 sdm

Bahan penunjang

  • Daun bawang, diiris halus
  • Tomat, diiris kasar
  • Kentang yang sudah digoreng, diiris kasar
  • Jeruk limau, dibelah dua
  • Sambal cabai rawit & cabai merah
  • Emping
  • Kecap manis
  • Bawang goreng
  • Asinan acar

Bumbu yang dihaluskan

  • Lada, 1 sdm
  • Jinten, ½ sdt
  • Ketumbar, 1 sdt
  • Biji pala, ½
  • Kemiri, 3 butir utuh
  • Bawang merah, 5 siung
  • Bawang putih, 4 siung
  • Garam, secukupnya

Cara membuat:

  • Didihkan air kemudian masukkan daging dan jeroan bersama potongan jahe dan lengkuas >>rebus hingga daging atau jeroan empuk
  • Sangrai bumbu-bumbu pada nomor 1 sd 5 >> hingga berwarna agak cokelat muda
  • Tumbuk halus/belender bumbu-bumbu yang dihaluskan
  • Bila daging atau jeroan sudah terbilang empuk, tiriskan kemudian goreng pada minyak panas hingga berwarna sedikit kecokelatan >> angkat dan sisihkan
  • Tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan >> biarkan hingga wangi
  • Masukkan santan cair, 125 ml susu cair, dan mentega >> biarkan hingga meletup-letup
  • Masukkan tumisan bumbu beserta daun salam, dan batang serai ke dalam air kaldu daging >> biarkan hingga mewangi
  • Masukkan santan kental dan sisa susu (125 ml)
  • Masukkan potongan-potongan daging dan jeroannya
  • Panaskan selama kurang lebih 10 menit
  • Sajikan bersama bahan penunjang dan tentunya dengan nasi hangat

Leave a Reply

