Ngeblog: Bukan sekedar mengarsip serpihan cerita

4 Jan

Belakangan ini, persisnya sejak siuman dari hiatus berkepanjangan saya mulai rajin lagi tengak-tengok blog dan memosting beberapa tulisan.

Buntut dari kegiatan ini, saya jadi mengoprak-ngoprek serpihan-serpihan tulisan lawas di beberapa blog yang pernah saya punya (blogspot, MP, dan FB). Di pertengahan November, saya mengompilasi semua arsip tulisan-tulisan saya di beberapa akun tersebut ke blog ini. Alhamdulillah walaupun yang dari MP dan FB gak bisa diimpor seperti halnya yang di blogspot, semua tulisan saya udah nyantol di arsip (masih perlu dibenahin sih kayanya karena ada beberapa yang baru judulnya doang yang masuk, kontennya ga tau tuh nyangkut di menong).

Arsip blog zoothera


Dari hasil oprekan tersebut, jadi engeh kalau saya sudah mulai “maenan” blog sejak tahun 2005.  Saya ingat betul, postingan pertama yang saya buat sungguh cemen adanya yaitu cuma puisi berjudul “air mata sesaat” yang inspirasinya datang karena saya kelilipan bulu mata :lol:

Pada saat itu memang sudah booming yang  namanya nulis di blog. Sebagai orang yang “kepo” dalam urusan beginian ditambah emang lagi rajin banget nongkrong di warnet, ma’lum masih freshgraduate jadi kegiatan lain di luar ngajar privat yaa ngeplay-ngeplay CV, tungitung mencari keberuntungan di dunia kerja.

Maka jadilah saya membuat akun di blogspot.

Sejak pertama kali daftar sampai akhirnya lupa kalo punya akun di blogspot, saya hanya sempat mengapdet konten gak sampai 10 postingan. Itu pun hanya sebatas puisi atau aplodan foto-foto.

Tahun 2006, saya murni ga nyentuh-nyentuh lagi itu blog karena saya mulai asik dengan yang namanya frenster.

Di pertengahan tahun 2006, frenster menambahkan fitur blog di dalamnya dan saya pun kegatelan untuk corat-coret di blognya frenster. Di sana saya lumayan rajin nulis karena memang sedang banyak cerita yang mau saya uneg-unegin, mulai dari betapa senangnya dilamar oleh kekasih hati pada pertengah tahun 2006,  hebohnya persiapan menuju pernikahan, hingga masa-masa indah menjalani babak kehidupan baru sebagai seorang isteri.

Namun sayangnya, seperti yang saya sudah ceritakan di postingan data-data di frenster yang sudah tidak bisa dilacak, saya luput untuk menyelamatkan arsip tulisan di sana :cry:

Akhir tahun 2007-2010, saya mulai berkenalan dengan yang namanya facebook dan multiply (MP).

Lagi-lagi, saya kegatelan untuk meng-eksis di sana :mrgreen: dan akhirnya ikutan ngeblog di MP dengan ID onlyme26. Lumayan banyak juga sih cerita yang saya tuangin di sana dan saya juga banyak dapet teman dunia maya di sana.

Di tengah ngeblog di MP, saya juga cukup intens nulis di notes FB dan setelah tau kalau URL blog bisa disinkronin ke FB, akhirnya saya jadi agak rutin posting tulisan di MP hingga April 2010.

Kemudian, bulan Juni 2010 saya mulai berpikir untuk punya akun blog yang mau saya seriusin. Awalnya mau ngaktifin blog yang di blogspot, tapi udah kadung lupa sama passwordnya akhirnya gak jadi, trus sempet mikir mau bikin di blogdetik, tapi entah kenapa akhirnya malah bikin di wordpress dan jadi deh saya punya blog baru yang IDnya bernama zoothera.

Sedikit demi sedikit saya mulai menggoreskan cerita di sini dan pelan-pelan mulai rajin BW serta tukeran link dengan para blogger lain. Postingan terus bergulir hingga Januari 2011 dan dari review blog di thn 2010, hasilnya tidak terlalu mengecewakan.

Namun, Februari-September 2011, saya mengalami yang namanya pasang-surut dalam hal apdet-mengapdet blog.

Februari, Juni, Juli, dan September praktis tidak ada satu pun tulisan yang  terpublish. Beribu alasan bisa saya kemukakan untuk mencari pembenaran kenapa mood saya gak pernah stabil untuk menyelesaikan tulisan-tulisan sehingga cuma bisa tersimpan manis di draft. Salah satu alasan yang masuk akal adalah karena pada bulan-bulan tersebut saya disibukkan dengan kegiatan kuliah 6 bulan di PGTK yang memang memaksa saya untuk memanfaatkan waktu luang untuk ngerjain Pe eR keterampilan, artikel, atau belajar bersama.

Sampe-sampe salah seorang sahabat saya-lyli ,yang semula sering saya motivasi untuk rajin ngeblog, gak pernah bosen-bosen nanyain kapan saya mau apdet blog…. *cape gak ly?*

Baru deh, setelah perkuliahan kelar saya mulai merajinkan diri untuk membuka blog.

Seakan ingin ngepas-ngepasin momen, saya menjadikan  hari blogger nasional sebagai hari titik insap saya dalam hal ngeblog yang jatuh pada tanggal 27 Oktober.

Namun, alasan sesungguhnya sih lebih karena pada bulan Oktober saya dan suami sedang berikhtiar melakukan inseminasi yang notabene mengharuskan saya untuk banyak ngendon di dalam kamar.

Selama masa-masa istirahat inilah, saya mencoba cari penghiburan dengan berselancar di dunia maya, yaahhh sekedar untuk cari-cari info seputar inseminasi sekalian blogwalking.

Dari aktivitas BW, saya bisa berkenalan dengan teman seperjuangan seperti mba Ayk yang juga baru melakukan inseminasi (Alhamdulillah mba Ayk berhasil hamil, sementara saya gagal :cry:). Dari blognya mba Ayk, saya nemu link untuk gabung di milis M2B yang mayoritas anggotanya adalah para calon bunda yang bernasib seperti saya atau sudah memiliki anak tapi memiliki riwayat lama dalam memperolehnya.

Dari milis M2B saya berkenalan dengan moderatornya yang juga seorang blogger dengan ID th3asy ak. Dessy yang tulisan di blognya bikin saya ngerasa klik dan terhibur karena cenderung nyablak/apa adanya, lucu, dan tentunya banyak info menarik di sana (sering ngadain kuis juga doi).

Karena sok akrab dengan Dessy, tgl 23 Desember saya ikut diajakin untuk narsis bareng di acara sesi foto  majalah mother and baby bersama 7 orang isteri-isteri muda *maksudnya umurnya masih  lumayan muda gitu* yang juga anggota milis M2B (cerita lengkapnya bisa dibaca di sini).

Pertemuan ini bisa saya kategoriin sebagai kopdarannya emak-emak narsis yang sesuatu banget  deh. Karena apa? karena foto dan sedikit cerita kita seputar usaha ngedapetin momongan bakal nongol 1 halaman di majalah mother and baby edisi Februari (kalo ga salah yaa). Sooo.. nantikan kami!!! heheheheh

Salah 1 pose emak-emak narsesh (foto pake kamera Ita-itu tuh yang pake kerudung pink-gonjreng)

Dari hasil rajin ngeblog dan BW saya jadi sok kenal sama seleblog sekaliber pakdheCholik dan teman-teman blogger yang sering kongkow-kongkow di blogcamp. Pertemanan tersebut kemudian berlanjut ke situs jejaring lainnya seperti Twitter dan Facebook.

Hal asyik lainnya dari ngeblog yang baru saya tau belakangan ini adalah kegiatan kontes mengontes..

Yaa seperti yang lainnya, saya juga jadi rada doyan ikutan yang namanya kontes. Walopun baru tumben menang di gaweannya Dhilla13 -Bukan Kontes Biasa: TASBIH 1433 H-, tapi merasakan banget manfaat dari ikutan kontes, yaitu jadi punya bahan/tema untuk apdet blog.

Belum lama, saya juga memede-medein diri untuk ngadain giveaway bertajuk GA: Ce-I-eN-Te-A yang perhelatannya baru aja ditutup 31 Desember 2011 kemarin. Alhamdulillah wa syukurillah responnya cukup meriah, pesertanya pun banyak, tercatat ada 25 blogger yang ikutan kategori 1 dan 36 blogger untuk kategori 2.

Ternyata yaaa yang namanya kontes, kuis, atau GA  emang punya daya tarik tersendiri bagi para blogger.. pada banci kontess euyyyy :lol:

Seperti mata rantai, akhirnya dari aktivitas ngeblog saya banyak dapet info-info aptudet dari mereka-mereka yang memang ngeksis abesss  di dunia perblogingan. Dari mereka-mereka juga saya jadi tahu kalau ada forum yang namanya Warung Blogger (haree genehhh baru tau WB, kemenong ajahh buww?) dan komunitas update blog (@UpdateBlog).

Forum/komunitas ini baik banget loh karena selain bikin kita jadi eksis, mereka juga ngizinin para blogger untuk nitip link tulisan terbarunya di sana (untuk info silakan meluncur langsung ke TKP yaa).

Intinya, ngeblog itu bukan sekedar mengarsip serpihan cerita karena banyak hal menarik dan unik yang bisa dipetik di dalamnya

~Semangat Rabu~

 

 

 

__________________________________________________________________________________________________

Sekedar info:

Ternyata tulisan ini merupakan postingan saya yang ke 145, lumayan juga yaa? Kalo diitung kasar secara rata-rata, berarti selama 6 tahun tiap tahun saya sudah menggoreskan 24 cerita :wink:

 

24 Responses to “Ngeblog: Bukan sekedar mengarsip serpihan cerita”

  1. bundadontworry 07/01/2012 at 01:17 #

    sambil nungguin kisah ttg ‘mother and baby nya”
    ( gelar tiker diterasnya Anis) :P

    kontes atau GA, lumayan bisa jadi ide utk up date postingan ya Nis :)
    salam

  2. alaika 05/01/2012 at 18:59 #

    kereeen fotonya mba….

    bener tuh kata mba Lyly, blogging emang banyak manfaatnya… ya kan?

    ternyata udah lama banget dirimu mulai ngeblog ya mba…. salut deh, walau awal2 banyak tidurnya, hehe… ga masalah, yang penting sekarang mulai semangat kan untuk terus blogging?

    eh iya, met taon baru yaaa…

  3. Lyliana Thia 04/01/2012 at 22:40 #

    Nah kaaan ngeblog itu bnyk manfaatnya…
    Jd nggak sabar nunggu mother and baby edisi februari.. Ada emak2 ghaoel nya yak? :-D

    Makanya jgn hiatus lagi yak.. hehee.. Ntar gw capek nanyain kapan apdetnyah.. Lol!

  4. Tebak ini siapa! 04/01/2012 at 11:09 #

    Tak kira buat kontes lho postingannya hihihi ^^
    Wah asik nih yeee masuk majalahhhh…

    • zoothera 04/01/2012 at 12:10 #

      Tadinya sih niatnya memang mo ikutan kontesnya muam, tapi apa daya ga bs nyelesain pas detlennya.. Hehe..
      Iya, nanti beli ya majalahnya.. Halah majalah emak-emak, mana minat ya dirimu Un? :p

  5. Budi Arnaya 04/01/2012 at 10:57 #

    Heee pantasan ditunggu-tunggu cerita selanjutnya nich…ada masanya kita kadang malas mbak yach…heee…..Tapi sampai detik ini saya belum bisa seperti mbak…saluttttt…blm binga ngadain kontes heee

    • zoothera 04/01/2012 at 12:06 #

      Ayooooo mas/bli Budi, bikin kontes-kontesan… Nanti insya Allah saya ikutan dehhh… :p

      • walank ergea 05/01/2012 at 09:31 #

        Tenang Mbak Zoothera, bentar lagi ane mo bikin kontes2an eh…kontes beneran ding..tunggu aja pengumumannya dalam bebera hari ke depan. Buat temen2 yang banci kontes, siapkan pena eh keyboard kalian. Siapa tahu bisa dapet buku cerita gratis….heheh

  6. Asop 04/01/2012 at 10:49 #

    Hebat deh, ternyata Mbak lebih senior malang melintang di dunia blog ketimbang saya. :oops:

    • zoothera 04/01/2012 at 11:54 #

      Tapi tetep lebih hebat Asoplah,, udh pake domain sendiri dan msh lebih rajin ngapdet blognya… ;)

  7. walank ergea 04/01/2012 at 08:37 #

    ini buat ikutan kontes GA bukan? Sukses aja kalo emang iya…:)

  8. walank ergea 04/01/2012 at 08:29 #

    Selain dapet banyak temen juga dapet banyak hadiah ya, Zooth…heheh. Sukses terus dg blognya…

    • zoothera 04/01/2012 at 11:50 #

      Baru sekaliii sihh bro dpt hadiahnya, ga kaya dirimu yg udh sering menangin kontes2an hehhe… Tapi itupun udah seneng banget..:)

  9. naya elbetawi 04/01/2012 at 06:44 #

    Weww… bakal ada yang nongol di bulan februari niih cihuyyy “sesuatu” bangett #eaaaaaa.. :D

    tetep semangat ngeblog ye mpok, kalo kagaaa.. ntar blognye Nay comot dah…hihiiii

    • zoothera 04/01/2012 at 11:49 #

      Hehhee unyu banget dah ya bisa ngeksis di majalah.. Semoga ajah beneran mejeng 1 halaman alias ga seukuran pasfoto, soalnya udh berkoar2 bginih hahha…
      Doakeunnnn ya nay biar mpokmu yang manies ini bisa stabil ngeblognye.. :D

  10. monda 04/01/2012 at 06:42 #

    sekarang sudah semangat terus kan Nies…
    soalanya kalau berenti sebentar aja , males banget mau mulai lagi… usahakan stabil deh…

    • zoothera 04/01/2012 at 11:44 #

      Iya bund, klo males sehari dua hari atau lebih bisa keterusan malesnya. Semoga aja tiap ada Niatan nulis lgsg ditulis biar ga jadi basi ceritanya karena udh kelewat lama :)

  11. th3sea 04/01/2012 at 06:13 #

    eh…disebut di sini xixixixi…
    klo gw beda sama u nies… gua dari awal kenal blog s/d sekarang… cuma punya wordpress hehehe…
    ada sih nulis2 di fb juga… cuma itu mah cuma kloningan dari wordpress gua hehehe…

    semangat terus ya…

    • zoothera 04/01/2012 at 11:40 #

      Iya ya di FB bisa kloningin blog kan ya? Dulu pun MP gw jg disinkronin ke FB.. Yaa semoga blog yg ini Bisa awet. Palingan nanti niatnya pengen jadiin domain yg berlangganan. Amiin

  12. apikecil 04/01/2012 at 05:54 #

    judulnya bikin hati cenat cenut mbak,hehe
    ayooo, semangat ngeblog mbak

    • zoothera 04/01/2012 at 06:09 #

      eehh kenapa bikin cenat-cenut jeung?
      Ayooo semangathhhhh :)

  13. Mabruri Sirampog 04/01/2012 at 05:23 #

    huwaaaahh,, 2 minggu lebih terbaring tak berdaya, tentunya banyak sekali yang ketinggalan.. hiks..hiks..
    Alhamdulillah, sekarang sudah mulai beraktifitas lagi mba.. heheh

    oya, tadi barusan aku kirim email mbak, dicek ya? :D

    Sekedar menyapa dululah, bacanya rapelan :D

    • zoothera 04/01/2012 at 05:28 #

      Huwaaahhh.. masMab, ternyata lagi sakit toh.., semoga sekarang udah sehat bener ya mas.
      Iya, aku baru mau baca imelnya… makasi yooooo.
      Welcome back :)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ehem Ehem.. Ini dia para Jawara Ce-I-eN-Te-A……. « the dots of my life = my history - 13/01/2012

    [...] Resep Dua Sehat Tiga Sempurna ala Bu dokter Yunda Hamasah [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: