Apa kabar maharmu?

2 Jan

“Saya terima nikah dan kawinnya Fulanah binti Fulan dengan seperangkat alat salat dibayar tunai”

Familiar kan dengan kalimat di atas?

Kalimat yang biasanya sering terdengar lantang diucapkan oleh mempelai pria saat ijab kabul pernikahan.

Ya, seperangkat alat salat atau kadang kala ditambahkan dengan Al-Qur’an sering kali dijadikan “benda lazim” sebagai mahar pengikat resminya suatu hubungan suami-isteri.

Tapi, saat saya menikah dengan suami 12 Januari 2007 lalu, saya tidak meminta mahar yang sudah umum tersebut.

Saya hanya meminta uang tunai sebesar Rp260.996 yang sudah terangkai dalam bingkai berbentuk masjid.


Nominal Rp260.996 merupakan kepanjangan dari tanggal bersejarah saya dan suami yang menjadi saksi bertemunya bibit-bibit cinta ala “Cinta Monyet” kami, yakni 26 September tahun 1996.

Pemilihan masjid sebagai figur dari mahar tersebut semata sebagai media pengingat agar kami tidak pernah luput untuk bersujud, bertafakur, serta berdoa kepada Allah agar rumah tangga kami terus suci sesuci rumah Allah.

Sampai saat ini, bingkai mahar tersebut masih bergelayut manja di dinding kamar kami yang dengan leluasa bisa terpandang setiap kali kami terbangun di pagi hari.. dan tiap kali kami memandangnya, tiap kali pula pikiran kami bisa melayang jauh ke momen-momen sakral nan membahagiakan itu.

Catatan

Walaupun mahar yang diberi suami berupa uang, suami saya tetap memberi bingkisan berupa mukena dan Al-qur’an pink yang Alhamdulillah tidak hanya saya jadikan sebagai pajangan.

Mukena yang sudah belel dan Alqur

Ternyata bulan Januari juga menjadi bulan bersejarahnya Mba Tarry dan suami yak?

Teriring ucapan semoga rumah tangga kalian selalu diberkahi dengan kebahagiaan lahir batin dan dunia akhirat

Amiin aminn ya rabal alamin

Artikel ini diikutsertakan dalam acara GIVEAWAY “11 tahun Bersamamu” oleh Tarry KittyHolic

30 Responses to “Apa kabar maharmu?”

  1. nethanet 24/04/2012 at 03:03 #

    Reblogged this on nethanet and commented:
    salam kenal :)

  2. nethanet 24/04/2012 at 03:02 #

    salam kenalll :)
    numpang sharing,, ngomongin soal mahar, dulu aku diberi suami buku sebagai maharnya, karangan sendiri, semoga bisa jadi referensi buat yang lain

    http://risfaneltasia.files.wordpress.com/2012/04/img-20120225-020471.jpg

  3. Mama Rani 11/01/2012 at 17:32 #

    Cantik euy maharnya :)
    BTW, kalau totalnya Rp260.996, dapat nominal 1 rupiahnya dari mana tuh? ;D

  4. alaika 11/01/2012 at 03:29 #

    unik banget mba maharmu….. kok terfikir untuk bikin seperti itu ya? keren…keren!

    • zoothera 11/01/2012 at 03:48 #

      wktu itu menjelang persiapan nikah sempet liat buku tentang kreasi mahar dan kepincut sama yang bentuk masjid ini akhirnya kukasih unjuk ke suami dan bilang kalo mau mahar model bgini, alhamdulillah sesuai permintaan :)

  5. Susan Noerina 07/01/2012 at 21:56 #

    Kreatif Say :-)

    Kalo mahar pas ekye merid cuma emas aje. Soalnya bapak mertua bilang ga usah macem2 hehehe nurut dah sama Beliau :-)

    • zoothera 11/01/2012 at 03:50 #

      Sebenernya sih mao minta emas batangan 26 kg jeung Soes, tapi apa daya daripada kagak jadi merit yaa minta secuil aja dah hehehe… tapi emasnya belum pernah disekolain ke pegadean kan? kekekeke.. *kidding ses*

  6. Iqoh 07/01/2012 at 01:35 #

    Cantik ya pengantin dan maharnya… :)

    • zoothera 11/01/2012 at 03:51 #

      Uhukk,,,,,, :oops:
      Makasiiii lohhh *mesem-mesem kegeeran* :lol:

  7. bundadontworry 07/01/2012 at 01:20 #

    kreatif dan unik sekaligus mengagumkan, Nis :)
    kok ya bisa kepikiran bikin lukisan pakai uang gituh utk jadi mahar?
    ( acungin sepuluh jempol buat kreativitasnya)

    semoga sukses diacara GA ini
    salam

    • zoothera 11/01/2012 at 03:52 #

      Yang perlu diacungin jempol yang bikin mahar ini bund, aku mah cuma pencetus ide awalnya aja trus minta ke suami untuk bikinin mahar model bginian.. heheheh

  8. Tarry KittyHolic 05/01/2012 at 03:51 #

    Kreatif ya Mbak Anies??? di bikin kayak gitu. Punya saya cuma dijejer2 tok :).
    Sebenarnya januari bukan hari jadi pernikahan tp hari jadi cinta monyetnya hikz.

    Terimakasih atas partisipasinya Mbak Anies…. Maaf telat :)

  9. Tebak ini siapa! 05/01/2012 at 00:15 #

    Oalahhhh ahahaha tadi aku liat mana uangnya, ooo ternyata dilinting :D

    • zoothera 11/01/2012 at 04:35 #

      ho oh itu dilinting-linting… itu sebenernya rempong diurusan nuker-nuker uang jadulnya biar bisa sesuai nominalnya :D

  10. Yan'shu 04/01/2012 at 23:30 #

    keren tu mbak maharnya, bentuk masjidnya dari apa aja tuh ?
    (bwt referensi) hehehe…

    • zoothera 11/01/2012 at 04:36 #

      Utamanya ya uang dengan nominal sesuai mahar, trus tambahannya manik-manik n apa aja yang bisa dijadiin bahan untuk art&craft yan’shu

  11. Lyliana Thia 04/01/2012 at 21:50 #

    Unik banget Nis maharnya… Hehehe.. Ada aja lo idenya… ^_^

    • zoothera 11/01/2012 at 04:37 #

      dulu itu ga sengaja pas banget nemuin buku aneka kreasi mahar yang diterbitin sama salah satu lini kantor gw.. gw pinjem deh tuh buku untuk bahan contekan hehehe

  12. Citromduro 04/01/2012 at 08:41 #

    mahar pernikahan saya untuk istri seperti yang mbak bilang, lazim diucapkan

    he. he.. semoga menjadi keluarga sakinah dan selalu dalam lindungan-Nya ya mbak

    • zoothera 04/01/2012 at 12:48 #

      Amiiinnnn ya Rab…doa yang sama untuk mas Citro dan isteri
      Yang penting bermanfaat dan diterima toh maharnya sama isteri? hehehe

  13. lewotana blog 03/01/2012 at 00:44 #

    salam kenal zoothera , selamat ulang tahun pernikahan yang tinggal 9 hari lagi

    jangan lupa kunjung balik ke blog aku ya……..

    • zoothera 04/01/2012 at 02:31 #

      Salam kenal… nanti ku berkunjung ke “rumah”mu yaaa.. makasi untuk ucapannya :)

  14. Yunda Hamasah 02/01/2012 at 16:36 #

    Mahar yang unik, kreatif ;)

    Gudlak ya di acaranya Mbak Tarry…

    • zoothera 04/01/2012 at 02:30 #

      Ehhh ada model of the monthnya bogcamp :)
      Makasih mba dokter, aku ketinggalan ikutan kuisnya pakdhe yang tentang mba :cry:

  15. Falzart Plain 02/01/2012 at 09:17 #

    Fulanwati binti Fulan?
    Yang benar harusnya Fulanah binti Fulan.
    Hehehehe…
    Saya nyerah, nggak mau komentar soal ini…
    (*sambil ngelus dada: semua ada waktunya, lho?)

    • zoothera 02/01/2012 at 12:59 #

      Ahahahahha.. Iya ya seharusnya Fulanah (karena bentuk feminin belakangnya ada Ta marbutohnya.. Mulai sotoy), nanti direvisi deh hehehehe,….

  16. ~Amela~ 02/01/2012 at 08:22 #

    Aaaaaih.. bikin ngiri aja ni mbak anis :D

    • zoothera 02/01/2012 at 12:57 #

      Tapi ngiri yang positip kann? Hehehhe

  17. apikecil 02/01/2012 at 06:58 #

    Ihhh, cantiknyaaaa..
    hehehehe..
    aku nulis tentang mahar pernikahan juga di Giveaway-nya Mbak Tarry
    moga sukses yah Mbak..

    • zoothera 02/01/2012 at 12:56 #

      Wahhh tosss dulu dong… Nanti aku BW ke sana deh yaahh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: