Aku Mau Jadi Guru TK…

8 Mar

 

Let’s Sing!!!

Taman yang paling indah

Hanya taman kami

Taman yang paling indah

Hanya taman kami

 

Tempat bermain

Berteman banyak

Itulah taman kami

Taman kanak-kanak

 

Pasti familiar kan dengan syair lagu di atas?

Ternyata, lagu ini adalah mars-nya TK loh, udah pada tau ya? kalo iya berarti saya doang dong yang ga tau :mrgreen:

Kenapa tiba-tiba saya ngomongin TK? trus pake nyanyi-nyanyiin marsnya pulak!

Ho oh nih, persis per kemarin (Senin, 07 Maret 2011), saya resmi menjadi murid TK eh maksudnya jadi murid di LPGTK (Lembaga Pendidikan Guru TK) Tadika Puri (TP)

Kenapa tiba-tiba saya tertarik untuk sekolah/kursus singkat jadi guru TK?

Berikut beberapa alasannya:

  • Memang ada minat dalam bidang pendidikan
  • Suka dengan dunia anak-anak dan tingkah laku mereka yang polos dan lucu
  • Cari ilmu baru dan buka wawasan cara mendidik anak yang tepat (untuk masa depan kalau punya anak sendiri)
  • Mengisi waktu luang di tengah kesibukan freelance/IRT (mengalihkan pikiran dari betapa sulitnya program punya momongan)
  • Siapa tau, suatu saat beneran bisa menjadi guru TK atau malahan punya TK sendiri
  • Sudah mendapat ijin dari suami terkasih (dalam hal pendanaan exzactly hehehe)

Setelah resign, banyak sekali rasanya yang pingin saya lakukan, mulai dari belajar bikin kue (sampe saat ini belum sempat2 dan masih sebatas belajar dari resep di blog/komunitas NCC), jualan online (belom kesampean juga), dan terakhir yaa ikutan LPGTK ini.

Akhir tahun lalu, saya sempat ngobrol dengan salah seorang isteri dari sahabat suami (untuk ringkasnya, saya sebut temen saya bernama yuli) yang kebetulan juga belum punya baby dan sudah resign dari kerjaannya. Dan dari hasil obral-obrol, akhirnya ditemukan kata sepakat kalau kita berdua meminati hal yang sama, yaitu berminat untuk cari info seputar LPGTK. Berdasarkan info dari seorang teman, saya dianjurkan untuk memilih TP yang ternyata memang pelopornya sekolah guru TK.

Di awal Februari kemarin, Saya dan Yuli memutuskan untuk mendatangi TP yang di jl H.Nawi, Fatmawati  (ini adalah pusatnya dan kebetulan dekat dengan rumah mertoku). Di kedatangan pertama, kami hanya tanya-tanya info seputar program pembelajaran (4 bulan teori + 2 bulan praktik), jadwal belajar (satu minggu 3 kali dengan jam belajar pk 14.00-18.00), dan yang terpenting info biayanya (total biaya pendidikan Rp 3.500.000 yang bisa diangsur beberapa kali bayar + biaya wisuda Rp 300.000).

Setelah lapor ke suami masing-masing, akhirnya “lampu hijau” berhasil dikantongin dan kami pun kembali datang ke TP H.Nawi untuk membeli formulir pendaftaran. Di kedatangan ke-3, saya (tidak bareng Yuli) mengikuti semacam tes psikotes dan diberitahu kalau hari Senin tgl 7 Maret saya diminta datang untuk orientasi atau ajang saling kenal dengan semua peserta yang nantinya akan jadi satu angkatan dengan saya dan yuli. Tapi, ada seremnya nih, Bu Linda (selaku Pembimbing di TP H. Nawi) ngasih tau kalo saat orientasi, saya diminta menyiapkan satu cerita/dongeng anak-anak berikut alat peraganya dan mempresentasikannya di depan teman-teman yang lain dengan tujuan memilih pengurus kelas. Sontak seminggu terakhir ini saya jadi kelimpungan bongkar-bongkar lemari buku dan untungnya nemu satu buku cerita anak bergambar yang akhirnya saya jadiin bahan untuk cerita.

Kemarin, sebelum pertemuan perdana dengan teman-teman satu kelas, saya dan Yuli janjian makan siang dulu di es teler 77 ITC Fatmawati yang emang persis banget berseberangan dengan TP H. Nawi. Tapi berhubung paginya saya harus nganter obat ke rumah bapak saya, jadinya kemarin saya berangkatnya dari blok-M. Nah, di sini ini nih kedodolan terjadi, begitu sampai di depan hotel Ambhara, saya nunggu metro mini 610/79 yang emang ngelewatin ITC Fatmawati. Disebabkan matahari yang lagi terikk banget dan tidak bersahabat, begitu liat metro mini lewat di depan mata, saya langsung naik. Sampai daerah Melawai, saya masih merasa kalau bus yang saya naikin itu adalah bernomor 610. Tapiiiii, begitu bis yang seharus berbelok ke kiri (arah Fatmawati) malahan belok ke kanan (Blok-M Plaza), saya langsung bengong sambil berucap dalam hati lohhh lohh kok lewat sini, halahhhhh jangan-jangan salah naik bis dah gw.. wehhh bener aja gituh, begitu saya perhatiin lagi nomor bis di kaca depan (yang tampak terbalik dari sudut pandang saya), ternyata itu bukan 610 melainkan 69 yang merupakan bus jurusan cileduk :cry:

Secara saya lagi kepanasan, saya gak lantas langsung turun begitu sadar kalo lagi salah naik bis. Saya cuma berusaha untuk sedikit kalem dan sms ke Yuli kalo bakalan telat karena salah naik bis. Lagian percuma juga turun di spot mana pun gak akan ada bis yang berbalik arah (satu arah untuk bis). Akhirnya, saya memutuskan untuk turun di perempatan lampu merah RSPP-Barito dan mengingat ga mungkin saya nemuin bis tujuan Fatmawati di tambah kepuyengan plus kegerahan karena panasnya matahari emang naudzubillah, saya langsung membulatkan tekad untuk nyetop taksi dan alhamdulillah ga perlu nunggu lama, saya sudah berhasil duduk manis di dalam taksi kesayangan. hademmnyahhh…

Sampe ITC Fatmawati, saya hanya perlu ngeluarin kocek Rp 15.000 untuk ongkos taksinya (tarif bawah sihh) dan kenyataannya masih tetap saya yang duluan sampe ketimbang yuli yang emang kena macet di jalan.

Usai Juhuran + makan siang, kami langsung menuju TP dan setelah mengurus sedikit administrasi kami dikumpulkan dalam satu ruangan atau tepatnya kelas. Di sanalah ajang orientasi dilakukan.

Acara diawali dengan pengenalan oleh Bu Linda mengenai apa itu TK, siapa pencetus TK, kapan TK berdiri, CP tentang TP, menyanyikan lagu mars TK (seperti yang saya tulis di atas), dan diakhiri dengan pengenalan masing-masing peserta didik (yang semuanya langsung dibiasakan dipanggil dengan sebutan ibu). Di sinilah kepercayaan-diri para peserta didik diuji lewat ajang bercerita di depan kelas.. satu per satu peserta dipanggil. Sang pencerita harus memposisikan diri sebagai seorang guru TK, sementara yang mendengarkan harus memposisikan sebagai muridnya..walaupun keliatan banget semuanya pada ga siap alias gugup alias ga menguasai medan perangnya (maklum emang rata-rata masih awan soal beginian) tapiii tetep seruuuuu banget.. Dari semua peserta ada sih satu-dua orang yang keliatannya udah ahli bercertia ke anak-anak dan ketaun kalo mereka emang udah biasa banget ngasih cerita ke anak-anak (yang satunya sdh punya 3 orang anak dan yang satunya kerja di kidzania) dan akhirnya mereka pun sukses kita pilih sebagai ketua dan wakilnya hehheee.

Apa pun cerita yang dipresentasikan kemarin, mau bagus, malu-maluin, atau ga tau malu, yang terpenting hari itu menjadi satu titik awal dari saya, yuli, dan yang lain untuk memulai chapter baru kami, yakni dengan tujuan ikut andil dalam dunia pendidikan anak. Doakan yaaaa semoga selama 6 bulan ke depan saya bisa mengikuti kegiatan ini dengan lancar dan tentunya menyenangkan :D

Ini foto beberapa adegan kami bercerita layaknya seorang guru yang ternyata susahhhhhhhhh beeng..

 

 

 

 

 

 

 

37 Responses to “Aku Mau Jadi Guru TK…”

  1. Aini 13/03/2014 at 14:08 #

    Kami mencari guru tk islam di wilayah cibubur. Bisa hubungi di 081280467793. Secepatnya…

  2. Zilfa Usu 11/02/2014 at 07:48 #

    Kami sedang cari guru TK Islam, lokasi di daerah Provinsi gorontalo kabupaten gorontalo utara tepatnya di kecamatan kwandang kalau ada yang minat silahkan hubungi bu zilfa 081248076009 atau Olha Otoluwa 085395646897 atau email : zilfausu@yahoo.co.id

  3. elha noerlar 01/02/2014 at 13:51 #

    hhhmmm,,,,
    pgnn bgt jdi guru tk… :)

  4. LILIS FARIDA 14/12/2013 at 09:56 #

    Maaf numpang ngiklan…., Kami sedang cari guru TK Islam, lokasi di daerah serua indah ciputat kalau ada yang minat silahkan hubungi bu lilis 021-27030732 atau 085776051804 atau email tkit@bait-adzkia.sch.id

    • zoothera 19/12/2013 at 13:24 #

      Hayoo yang berminat silahkan hubungi info di atas..

  5. baju bayi dan anak 28/11/2013 at 07:23 #

    Mohon maaf diluar topik Bunda, kami sedang mencari Reseller & Dropshipper Pakaian Bayi dan Anak
    Kami menawarkan berbagai produk dengan harga sangat sangat bersaing.

    Silahkan Bunda kunjungi Online Shop Baju Bayi dan Anak kami di:
    web: bajubajubayi.blogspot.com
    facebook : Baju Baju Bayi

  6. adamemily 18/09/2013 at 15:32 #

    Hai…boleh share info ya..kami sedang mencari Kepala Sekolah dan guru untuk preschool di area BSD..bila bermiinat bisa kirim CV beserta foto and expected salary ke adamemily.preschool@gmail.com

    Terima kasih :)

  7. missBianca 07/05/2013 at 17:29 #

    aku mau tanya, kalau cuma lulusan SMA itu bisa ga ya jadi guru TK?? aku udah kepengen banget dari dulu :)

  8. meili 01/04/2013 at 09:25 #

    hiiii….ada lowongan nih untuk guru PAUD/TK tapi di daerah jayapura, Papua…. kalo berminat telp ke 081344708813, diutamakan kristen ya….. tq….

  9. lily margaret 12/03/2013 at 07:51 #

    Aku lagi cari guru tk, kalau berminat bisa telp aku di 02192299966. Daerah BSD, tks yaa

  10. kklestari 18/12/2012 at 04:41 #

    bagi-bagi dunk hasil pendidikanya di TP ……
    q juga pengen nih….

  11. ochy27 12/10/2012 at 12:20 #

    lagi grayu2 suami biar dizin ikt pendidikan guru TK,doakan y smoga dksh izin :) utk bljr jg biar bisa lbh sabar ngurusin anak sndiri :)

  12. Putri 08/08/2012 at 15:01 #

    hai ka, aku putri sekarang msih duduk di kelas 3 SMK,
    aku mau jadi Guru TK itu cita2 aku dari dlu,dan juga ingin tau dunia anak tu sperti apa :)
    tp disini ada kesulitan yaitu aku kurang menguasai kreatifitas :(, gmna ya cara nya ka??
    Mohon saran nya .terima kasih :)

  13. romauli pardamean saragih 18/06/2012 at 04:28 #

    saya pengen guru tk/paud ad gak ya lowongan?
    utuk wilayah medan jaka ada tolong kabari saya dong.
    terimakasih.

    • Kristin 23/07/2012 at 14:59 #

      Hi Miss kami lagi cari guru TK pls call ke Hp sy 087881062929. TK kami berlokasi di perumahan duta garden blok F8 no. 25, jurumudi baru , Tangerang 15124. Thanks

  14. alaika 09/01/2012 at 08:33 #

    maaf aku baru sampai ke postinganmu yang ini mba…. walau telat, boleh donk ngasih congrats atas keinginan mulia mu ini…. semoga tercapai niat mulia ini ya… membaca postinganmu ini, kebaca kok betapa excitingnya menekuni dunia impianmu ini, dan aku yakin banget, you will be a good ‘ibu guru TK’ lho…..

    keep posting yaa…. menarik banget dan inspiring!

  15. walankwalank 03/12/2011 at 05:36 #

    istriku belakangan ini malah pengen bikin TK Nies, gimana tuh? Ini karena sering tersiar kabar bahwa jangankan masuk TK, masuk PAUD aja lumayan mahal harganya. So kira2 apa yang harus dipersiapkan utk kami yang ingin mendirikan TK gratis atau paling tidak murah gitu? Tentu Mbak Zoothera bs kasih ide sbg cagur TK..secaraaa….btw, tulisan ini sangat inspiratif dan tulus….buatlah lebih banyak postingan semacam ini, pal!!!

    • zoothera 03/12/2011 at 09:12 #

      Ehem ehem.. Menurut saya modal utamanya cuma satu “KEMAUAN” modal lainnya boleh menyusul.
      Asalkan ada sedikit tempat (satu ruangan) yg bs dijadiin untuk tempat anak2 ngeriung, bisa bgt dijadiin tmpt u/ belajar. Klo seriusan berkonsep TK seperti kbnyakan mungkin memang hrs sedikit mmbekali pngetahuan mngenai kurikulum apa aja yg diajarin di TK. Cuma kalo sekedar untuk mendidik anak2, konsepnya bebas2 aja yg pnting tetap mngedepankan slogan bermain sambil belajar.
      Gitu kali ya *sotoy hehehe*

      • walankwalank 03/12/2011 at 18:07 #

        sotoy2 dikit gapapa lah. okelah berarti bisa dimulai dg satu ruangan ya..trus yang ngajar siapa dunk? : -? haha. Thx bu Anies usulnya

  16. Kak Zepe LaguAnak.blogspot.com 23/09/2011 at 05:57 #

    Artikel menarik dan blog yang sangat edukatif plus bermanfaat..pokoknya T O P deh…
    Saya Kak Zepe…Salam Kenal…
    Saya juga punya tisp pendidikan kreatif…
    banyak lagu anak yang bisa dipakai untuk gerak
    dan lagu..dan masih banyak lagu anak-anak lainnya..
    Lagu2 saya sudah banyak dpakai di TK dan PAUD seluruh Indonesia..pokoknya segala sesuatu tentang anak ada di blog saya..
    Mari berkunjung di blog saya
    Di http://lagu2anak.blogspot.com
    Kalau mau bertukar link, silakan lho…

    • zoothera 27/10/2011 at 12:16 #

      sippp saya pasang yaa linknya…

  17. Resep Masakan 11/04/2011 at 09:06 #

    Cita cita yang muliaaa banget ..

  18. zoothera 17/03/2011 at 06:26 #

    @SyaSiGulaJawa: Alhamdulillah kabarku apik tenan.. *orangbetawisokngomongjowo* :P baru mulai senin besok sya belajarnya,, excited banget rasanya dagdigdug gitu mulai belaja lagi, semoga ga ngantuk secara kuliahnya jam 2 siang ;)

    @BundaMonda: Hihihii.. aku sbenernya tau lagu ini tapi ga tau kalo ini tuh marsnya TK.. makasih bunda unstuk supportnya

    @Yan’shu: Aminnn insya Allah bisa optimal..

    @OmFir: Huwaaaa yg ada makin spechless abess kalo muridnya kaya Oom.. :mrgreen:

  19. Firaun NgebLoG 15/03/2011 at 01:52 #

    Aku mau donk jadi muridnya :D

  20. Yan'shu 14/03/2011 at 22:45 #

    awal yang seru untuk sesuatu yang baru tuh…
    yang penting, selalu memberikan yang terbaik biar hasilnya juga maximal.
    semangat.

  21. monda 12/03/2011 at 22:20 #

    tau mars ini, pernah TK juga he..he…
    semoga berhasil ya..

  22. Sya 11/03/2011 at 06:11 #

    Mbaaaaa, apa kabar? Lama ga berjumpa di dunia maya :)
    Pantes lagi sibuk belajar jadi gutu TK ya.

  23. zoothera 11/03/2011 at 01:51 #

    @utin: iya TP emang byk bgt cabangny di slrh Indonesia, doakann yaa bs bergelut lg dengan bahan kuliah dan pastinya ujian2 hhahaa
    @Eda: amiinnnn.. Makasih eda u/ ucapan semangathhhhnya :)
    @ida: hihi iya emang menyeramkan sekali ada di depan kelas, smua yg ada di pikiran tiba2 ilang aja gitu. Smga 6 bln ke depan udh pnya ilmunya, jd bs lebh pd :)
    @goda-gado: hemm sebenernya kurang suka sm komen kamu, tp coba dijawab yakss.. saya pribadi ga masalah ya kalo belajar di tempat/dgn orang yg di luar keyakinan kita, yg penting kita toh tdk lantas merubah keyakinan kita bukan? Lagian yg saya ambil ini programnya utk guru tk umum kok ga dikotak2in per religi, jd insya Allah materi yg diajarkan ya umum. Bukannya ada pepatah islam yg bilang “tuntutlah ilmu smpai ke negeri Cina” pdhal kan Cina jelas2 negara komunis. Sooo jgn trlalu kaku, kita diperkenankan kok u/ belajar dr mana aja biar jadi pinter dan banyak tau. Oiya, satu lagi saya bukan mau ngajar di TK TP tapi mau belajar jd guru TK di sana secara TP itu pelopornya sekolah guru TK jd kredibilitasnya udh ga diragukan lg. Sapa tau suatu saat ilmu yg sy plajarib bs kepake walau ga harus jd guru tk.. Sekian trmksih :)

  24. Goda-Gado 10/03/2011 at 13:26 #

    sekian tahun silam, sy pernah mau melamar ke Tadika Puri… tp g jd krn ternyata yayasan kristen.

    btw, g salah tuh km ngajar disana? :-s

  25. ida 10/03/2011 at 08:38 #

    wah mbak.. aku juga pengen bgt jd guru TK kayanya asik bgt …. tapi kalo disuruh kaya mbak anies gitu… wah yg ada bisa gemeteran abis di depan kelas … hehehe…

  26. edda 09/03/2011 at 15:15 #

    waaaaaah semangat ya mbaaaaak
    mudah2an bisa jd guru yg baik buat anak2 nantinya
    amiiiiiiiiin :)

  27. yustine 09/03/2011 at 08:25 #

    wah anis.. TP kan SD akuhhh.. tapi dulu yang di cabang di komplek rumah. bberapa kali kalo ada event baru ke TP haji nawi :)

  28. zoothera 09/03/2011 at 04:34 #

    Siappphhhh anytime li, sama2 belajar walaupun blum pnya anak tp minimal tau ilmunya dulu, nti tukeran ilmu yaa lo dr prktiknya gw dr teorinya Hέ² :p.. hέ² :p.. hέ² :p.. hέ² :p.

    Btw dulu gw tknya bukan tk biasa tp kelas 1 persiapan setara sama TK islam, jd tiap hr ga ada plajaran nynyinya cuma baca doa2 dan ngaji gituh :mrgreen:

  29. Lyliana Tia 09/03/2011 at 04:01 #

    oh ya.. btw lo baru tau Mars TeKa? masa’ siih… itu kan lagu kebangsaan kita dulu… lo lupa kaliii.. ehehehee… anis aniiss :-p

  30. Lyliana Tia 09/03/2011 at 03:54 #

    Nis, kalo udah jadi guru TK beneran, bikin sekolahan yah… kalo gw gak bisa masukin ke TK lo karena KEJAUHAN :-( at least bisa sharing ilmu Nis ttg anak-anak.. ;-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: